Analisis Peningkatan Kompetensi Alumni Manajemen Tata Boga Politeknik Pariwisata Makassar Melalui Program On The Job Training

Muh. Taufik Suni, Dedy Herianto

Abstract


Pembahasan dalam penelitian ini didasari karena saat ini persaingan dalam dunia kerja sangat ketat, dikarenakan lapangan pekejaan sangat terbatas sedangkan jumlah tenaga kerja dari waktu ke waktu semakin bertambah. Politeknik Pariwisata Makassar sangat menyadari hal itu, sehingga mewajibkan setiap mahasiswa/i untuk melakukan program On The Job Training (Praktek Kerja Nyata) di industri pariwisata. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah program On The Job Training berpengaruh dalam meningkatan kompetensi berupa skill (Keterampilan), knowledge (Ilmu Pengetahuan) dan attitude (Tingkah Laku) lulusan Politeknik Pariwisata Makassar. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Metode deskriptif kuallitatif ini sangat sesuai digunakan karena peneliti nantinya akan berhadapan dengan kenyataan jamak, metode ini menyajikan secara langsung hakikat hubungan antara peneliti dan informan, metode ini lebih peka dan lebih mendalam untuk menggali berbagai informasi dari informan, dan analisis dalam penelitian kualitatif cenderung dilakukan secara analisa induktif dan makna merupakan hal yang sangat esensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program On The Job Training yang telah dijalani oleh para alumni manajemen tata boga Poltekpar Makassar telah memberikan pengaruh yang besar terhadap peningkatan skill, knowledge dan attitide mereka yang dapat dilihat dari aspek technical skill, human skill, conceptual skill, theoretical knowledge, practical knowledge, job satisfaction dan job involvement.


Keywords


Praktek Kerja Nyata, Kompetensi, Keterampilan, Ilmu Pengetahuan dan Tingkah Laku

Full Text:

PDF PDF

References


Arduser, L. (2003). Cook & Cook Trainee, Florida, Atlantic Publishing Group. Inc.

Baron, R.A., & Greenberg, J. (1999). Behaviour In Organizations: Understanding & Managing The Human Side Of Work, (7thed.). Ohio, Rensselaer Polytechnic Institute.

Basset, G. (1994). The Case Against Job Satisfaction, Business Horizons. New Jersey.

Decenzo, D.A. (2004). Fundamentals Of Management, Essential Concept & Applications, (4th ed.). New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Dunnette, M.C. (1976). Attitutes, Abilities and Skills. In The Handbook Of Industrial and Organizational Psychology, Editted by Dunnette, M. Chicago, Rand Mc Nally.

Ford, J.K., Kraiger, K., & Salas E. (1993). Application Of Cognitive, Skill Based and Effective Theories Of Learning Outcomes to View Methods Of Training Evaluation, Journal of Applied Psychology.

Hamalik, Umar. (2007). Dasar Dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Hutapea, P., dan Thoha N., (2008). Kompetensi Plus, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

Iverson, K.M. (2001). Managing Human Resources Management In The Hospitality Industry, an Experimental Approach, New Jersey, Prentice Hall International, Inc.

Jerris, L.A. (1999). Human Resources Management For Hospitality, New Jersey, Prentice Hall International, Inc.

Johnson, D. (1998). Human Resources Management In Tourism Industry, Australia, The Mc Graw-Hill Company.

Kossen, S. (1986). Aspek Manusiawi Dalam Organisasi (edisi Ketiga), Jakarta, Erlangga.

Lilicrap, D.R., & Cousins, J.A. (1994). Food and Beverage Product, (4thed.). London, Hodder & Stoughton.

Nadler, L. (1986). Designing Training Program, Massachusetts, Adisson-Wesley.

Ninemeier, J.D., & Perdue, J. (2005). Hospitality Operation, New Jersey, Prentice Hall.

Robbins, S.P. (1998). Organizational Behavior: Concepts, Controversies, Applications, (8th ed.). New Jersey, Prentice Hall International, Inc.

Simammora dan Henry, (1997). Manajemen Sumber Daya Manusia, STIE Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.52447/gov.v5i2.4145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Pusat Penelitian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta


Pengunjung