TIPOLOGI INOVASI PELAYANAN PUBLIK DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL (DISDUKCAPIL) KOTA TANGERANG SELATAN DI MASA PANDEMI

Nila Kurnia Wati

Abstract


Munculnya pandemi Covid-19 menjadi hambatan dalam pemberian layanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan. Hal ini disebabkan karena masyarakat tidak diperbolehkan untuk berkerumun, harus tetap menjaga jarak, dan selalu menggunakan masker. Pandemi juga sempat menyebabkan bottle neck dalam pemberian layanan karena adanya keterbatasan kapasitas ruangan yaitu sebanyak 42 orang dan terdapat antrian kolektif pengurusan dokumen adminsitrasi kependudukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi dan tipologi inovasi berdasarkan teori Halvorsen, dkk (2005) yang dilakukan di Disdukcapil Kota Tangerang Selatan pada masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi yang dilakukan oleh Disdukcapil Kota Tangerang Selatan pada masa pandemi adalah inovasi 3 O (Online, Offline dan Ojol). Inovasi ini merupakan gabungan dari 25 inovasi yang telah dilahirkan oleh Disdukcapil Kota Tangerang Selatan. Berdasarkan teori Halvorsen, dkk (2005), hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi di Disdukcapil Kota Tangerang Selatan sesuai dengan keenam tipologi inovasi yang disampaikan oleh Halvorsen, dkk. Tipologi inovasi yang paling mendominasi adalah conceptual innovation dan process innovation. Kedua inovasi ini berimplikasi pada keempat tipologi inovasi lainnya yaitu improved service, administrative innovation, system innovation dan radical change of rationality

Keywords


tipologi inovasi, pelayanan publik, inovasi pelayanan publik

Full Text:

PDF

References


Annisa, rahmi. 2019. Analisis tipologi inovasi pelayanan administrasi kependudukan di Kota Padang Panjang. Skripsi. Universitas Andalas.

http://scholar.unand.ac.id/47456/. (Diakses pada 10 Mei 2021).

Basuki, Yayuk. Kasmad, Rulinawaty. Nasrulhaq. 2018. Tipologi inovasi sektor publik (inovasi program SI-CAKEP) di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Mata Pembaruan. Volume 2. Nomor 3 (2018): 207-216. http://jurnal.kemendagri.go.id/index.php/mp/article/view/514/345.

Budiawan, Dedi. “Disdukcapil menyapa masyarakat.” Disdukcapil Tangsel. Diunggah pada Oktober 26, 2020. YouTube Video, 50:44. https://www.youtube.com/watch?v=eWai3bIUkTU&t=27s. (Diakses pada 10 Mei 2021).

Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. 2021. “39 dinas dukcapil kabupaten/kota raih ADM dari mendagri”. dukcapil.kemendagri.go.id. https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/706/39-dinas-dukcapil-kabupatenkota-raih-adm-dari-mendagri (diakses pada 11 Mei 2021).

Disdukcapil Kota Tangerang Selatan. 2021. “Layanan pengaduan SIBUDI KANCIL”. Disdukcapil.tangerangselatankota.go.id. https://Disdukcapil.tangerangselatankota.go.id/Cguest/pengumuman_view/24 (diakses pada 11 Mei 2021).

Disdukcapil.tangsel. 2020. Launching sianduk drive thru via ojol, naon nya, cek 9 alur sianduk (Instagram). Di posting pada 3 Oktober 2020). https://www.instagram.com/p/CF3tHicDyU8/?utm_source=ig_web_copy_link . (Diakses pada 11 Mei 2021).

Disdukcapil.tangsel. 2021. Daftar layanan 3//o (online, offline & ojol) DISDUKCAPIL TANGSEL (Instagram). Di posting pada 22 Februari 2021). https://www.instagram.com/p/CLltlwhBLj_/?utm_source=ig_web_copy_link. (Diakses pada 11 Mei 2021).

Halvorsen, dkk. 2005. Innovation in the public sector: on the differences between public and private sector innovation. Oslo: Publin. http://www.aviana.com/step/publin/reports/d20-innovation.pdf.

Harahap, Rully. 2020. Disdukcapil kota tang-sel: layani masyarakat dengan 3 o: online, offline, ojol. Majalah Indonesia, November 2020, 24-26.

Haryani, Tiyas Nur., Yanartin, Chindy Fita. 2020. Tipologi inovasi pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta. Journal of Public Administration and Government. Volume 2. Nomor. 2. (Oktober 2020): 78-84. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/jpag. (Diakses pada 10 Mei 2021).

Hudori, Muhammad. 2021. Implementasi kebijakan dalam upaya mewujudkan pelayanan publik yang prima. Sambutan Sekretaris Jenderal Kemendagri. Rapat Koordinasi Pelayanan Publik Kemendagri. 21 April. Jakarta.

Kurdi, Maslichah. 2020. Menggagas pelayanan prima di masa pandemic covid 19. Jurnal Lingkar Widyaiswara. Edisi 07. Nomor. 04. (Oktober-Desember 2020): 04-09. http://juliwi.com/published/E0704/jlw0704_4-9.pdf. (Diakses pada 10 Mei 2021).

Muluk, Khairul. 2008. Knowledge management kunci sukses inovasi pemerintahan daerah. Jawa Timur: Bayumedia Publishing.

Ombudsman Republik Indonesia. 2020. Laporan tahunan: mengawal pelayanan publik di masa pendemi covid-19. Jakarta: Ombudsman Republik Indonesia. https://ombudsman.go.id/produk/lihat/573/SUB_LT_5a1ea951d55c4_file_20210226_140136.pdf. (Diakses pada 10 Mei 2021).

Wicaksono, Kristian Widya. 2018. Tipologi inovasi sektor publik pada tiga program inovatif pemerintah daerah Kota Surabaya: tinjauan reflektif terhadap tiga inovasi pelayanan publik Kota Surabaya tahun 2018. Jurnal Manajemen Pelayanan Publik. Volume 1. Nomor 2 (Februari 2018): 196-205. http://jurnal.unpad.ac.id/jmpp/article/view/19895/9216. (Diakses pada 10 Mei 2021).

Worldometer. “Covid-19 coronavirus pandemic”. worldometers.info. https://www.worldometers.info/coronavirus/ (diakses pada 11 Mei 2021).

Salam, Rahmat. 2021. Perubahan dan inovasi pelayanan publik di era new normal pandemi covid-19. Journal of Public Administration and Government. Volume 3. Nomor 1 (April 2021): 28-36. https://jurnal.fisip.untad.ac.id/index.php/JPAG/article/view/138/118. (Diakses pada 10 Mei 2021).

Taufik dan Warsono, Hadi. 2020. Birokrasi baru untuk new normal: tinjauan model perubahan birokrasi dalam pelayanan publik di era covid-19. Dialogue Jurnal Ilmu Administrasi Publik. Volume 2. Nomor 1 (Juni 2020): 1-18. https://core.ac.uk/download/pdf/327118244.pdf. (Diakses pada 10 Mei 2021).

Zed, M. 2008. Metode penelitian kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Pusat Penelitian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta


Pengunjung