Analisis Kualitas Pelayanan Publik Bagi Penyandang Disabilitas Di Dinas Sosial Kabupaten Nagan

suriati suriati, cut asmaul husna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan terkait kualitas pelayanan publik bagi penyandang disabilitas di Dinas Sosial Kabupaten Nagan Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber data yang dilakukan menggunakan data primer dan data skunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang dilakukan Dinas Sosial Kabupaten Nagan Raya dilihat dari indikator sebagai berikut: Pertama, Tangible: (buktifisik) memberikan kemudahan sesuai kebutuhan dan sudah memadai. Kedua, Reability (keandalan) kemampuan dalam memberikan kualitas pelayanan dengan cepat dan dapat meningkatkan ekonomi. Ketiga, Responsivenes (respon) petugas merespon menangani keluhan masyarakat dengan cepat. Keempat, Empaty (empati) rasa kepedulian petugas kepada disabilitas karena sudah memberikan pelatihan pada program. Kelima, Assurance (jaminan) memberikan sikap sopan sehingga terciptanya kenyamanan dalam program tersebut. Adanya faktor penghambat yang mempengaruhi kualitas pelayanan dalam program penyandang disabilitas yaitu belum tersediannya bibit ikan di daerah sehingga harus dipesan, transportasi tidak ada karena kurang anggaran, dan terdapat Faktor pendukung dan dapat meningkatkan kualitas pelayanan seperti pembuatan kolam sudah tersedia, saat panen ikan di ambil ke tempat, menjaga kualitas air.

Keywords


Dinas Soaial; Kualitas Pelayanan; Penyandang Disabilitas

Full Text:

PDF

References


A, R. R. (2012). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK. Jurnal Administrasi Publik, 1(1), 1–13.

Affandy, Y. (2021). Peran Dinas Sosial Kabupaten Lombok Timur Dalam Pemberdayaan Penyandangdisabilitas. Jurnal Mentari Publika, 02(01), 93–108.

Agiati, R. E. N. K. (2018). PENGUATAN KAPASITAS PENGURUS REHABILITASI BERBASIS MASYARAKAT TERHADAP AKSESIBILITAS PENYANDANG DISABILITAS. PEKSOS: Jurnal Ilmiah Pekerjaan Sosial, 17(1), 281–293.

Ahmad Bambang Saputra1, Dwi Bimo Budi Luhur W.2, P. A. W. (2016). TANTANGAN DINAS SOSIAL DALAM PENINGKATAN PELAYANAN DISABILITAS KOTA MALANG DI ERA INDUSTRI 4.0 Ahmad. Prosiding Simposium Nasional, 1–26.

Aldilla Reyndha Masadhe a?, Sjamsiar Sjamsuddin b, F. A. c. (2021). Manajemen Pelayanan Kampus Inklusif (Studi pada Pusat Studi dan Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (JIAP), 7(1), 95–101.

Bagus Noor Handika, Dra. Dewi Rostyaningsih, M. S., & Departemen. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Publik (Studi. Journal of Public Policy and Management Review, 9(2), 1–16.

https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625

Baturangka, T., Kaawoan, J. ., & Singkoh, F. (2019). Peran Dinas Sosial Kota Manado Dalam Pemberdayaan Masyarakat Penyandang Disabilitas. Jurnal Eksekutif, 3(3), 1–9.

Chisnullah, M. R., Ilmu, S., Negara, A., Ilmu, F., Surabaya, U. N., Ilmu, S., Negara, A., Ilmu, F., & Surabaya, U. N. (2016).

KUALITAS PELAYANAN KAREPE DIMESEMI BOJO ( KAWASAN REHABILITASI PENYANDANG DISABILITAS MENTAL SEJAHTERA MANDIRI KABUPATEN JOMBANG ) OLEH DINAS SOSIAL KABUPATEN JOMBANG ( STUDI PADA DESA BONGKOT ) Meirinawati. S1 Ilmu Administrasi Negara Universitas Negeri Surabaya, 10(3), 937–952.

Enkeu Agiati, Enung Huripah, Catur Heri Wibawa, Rosyikin, Ajat Sudrajat, Bambang Indra Kencana, Suhendar, S., & Abstract. (2018). Parenting Skill Orangtua Anak Penyandang Disabilitas Dalam Forum Komunikasi Keluarga Anak Dengan Kecacatan di Kabupaten Sukabumi. Peksos, 17(1), 1–36.

Implementasi Tugas dan Fungsi Dinas Sosial Dalam Memberikan Layanan Pendidikan Bagi Penyandang Disabilitas Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas di Kabupaten Boyolali, 8 Diponegoro Law Journal 1 (2019).

Mayarni, Meilani, N. L., & Zulkarnaini. (2018). Kualitas Pelayanan Publik Bagi Kaum Difabel. Jurnal Kebijakan Publik, 9(1), 1–8.

Mumpuni, S. D., & Zainudin, A. (2017). Aksesbilitas Penyandang Disabilitas Dalam Pelayanan Publik Di Kabupaten Tegal. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(2), 1–9.

https://doi.org/10.32585/jkp.v1i2.24

Pantih, S. (2019). KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN TALATAKO, KABUPATEN TOJO UNA-UNA. Jurnal Ilmiah Administratie, 1(1), 1–16.

Rahayu, S., & Dewi, U. (2013). Pelayanan Publik Bagi Pemenuhan Hak-Hak Disabilitas Di Kota Yogyakarta. Natapraja, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.21831/jnp.v1i1.3194

Sianipar, J. A. P. A. T. (n.d.). ANALISIS KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PEMENUHAN AKSESIBILITAS PENYANDANG DISABILITAS TERHADAP LAYANAN MODA TRANSPORTASI DI DKI JAKARTA. 1–18.

Silvia, F., Hadiyanto, P., & Rachim, A. (2021). Aksesibilitas pelayanan publik bagi penyandang disabilitas di Indonesia. Jurnal Pekerjaan Sosial, 4(2), 225–232.

http://jurnal.unpad.ac.id/focus/article/view/33529

Therawati, C. A., & Rusdarti, R. (2019). Analisis Pelayanan Publik Bidang Transportasi untuk Difabel di Kota Semarang. Efficient: Indonesian Journal of Development Economics, 2(2), 1–8.

https://doi.org/10.15294/efficient.v2i2.30797

Trifira, S., & Putera, R. E. (2022). Journal of Social and Policy Issues Kualitas Pelayanan Publik Bagi Penyandang Disabilitas di Mal Pelayanan Publik Kota Pekanbaru. Journal of Social and Policy Issue, 2(2), 1–5.




DOI: https://doi.org/10.52447/gov.v8i1.6437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Pusat Penelitian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta


Pengunjung