PENERAPAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU BERBASIS WEBSITE DI KELURAHAN MARUNDA

Ummi Zakiyah

Abstract


Pelayanan terpada satu pintu merupakan inovasi baru untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan administrasi dari pemerintahan. Kelurahan Marunda adalah satu kelurahan yang sudah merapapkan pelayanan terpadu satu pintu di Jakarta Utara. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui dan memaparkan pelaksanaan pelayanan terpadu satu pintu pada tingkat kelurahan. Penelitian ini dilakukan pada Kelurahan Marunda Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Kelurahan Marunda, yaitu Pelayanan PTSP sudah efektif karena masyarakat bisa mengajukan permohonan melalui online, yaitu melalalui web jakevo.jakarta.go.id dan pelayanan.jakarta.go.id. Sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan  PTSP di Kelurahan Marunda sudah memadai. Serta Koordinasi antara pimpinan dan bawahan pada Pelayana Terpadu Satu Pintu di Kelurahan Marunda sudah terjalin dengan baik. Keberhasilan Kelurahan Marunda dalam penerapan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dapat menjadi acuan bagi kelurahan yang lainya segera menerapakan pelayanan terpadu juga guna memudahakan masyarakat mendapatkan layanan adminitrasi.


Keywords


Pelayanan Terpadu Satu Pintu; Pemerintahan; Layanan Masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Antonius Atosokhi Gea. Antonina Panca. Yuni Wulandari. Character Building IV Relasi Dengan Dunia. Jakarta. Gramedia.2006 hlm. 344

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Jakarta.

Siagian, Sondang P. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kesebelas. Bumi Aksara. Jakarta.

Sinambela, Lijan Poltak. 2005. Reformasi Pelayanan Publik : Teori, Kebijakan dan Implementasi. Bumi Aksara. Jakarta.

Suhartoyo. (2019). Implementasi Fungsi Pelayanan Publik dalam. Adminitrative Law & Governance Journal, 1-12.

Tika, Moh. Pabundu. 2006. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Cetakan Pertama. Bumi Aksara. Jakarta.

Vasquez, Gabriel M. dan Maureen Taylor. 2001. Meriset Pandanganpandangan pada Publik. Terjemahan. Prentice-Hall, Inc. Singapore

https://books.google.co.id/books?id=dSpAlXuGUCUC&printsec=frontcover#v=onepage &q&f=false. Diakses pada 12 Juli 2021 Pukul 11.39

http://pelayanan.jakarta.go.id/download/publikasi/profil-dpmptsp.pdf. Diakses pada 19 Juli 2021 Pukul 16.30

http://pelayanan.jakarta.go.id/download/publikasi/laporan-kinerja-instansi-pemerintah-dinas-penanaman-modal-dan-pelayanan-terpadu-satu-pintu.pdf. Diakses pada 20 Juli 2021 Pukul 19.35

http://pelayanan.jakarta.go.id/download/regulasi/keputusan-kepala-dinas-pmptsp-tentang-penetaoan-klasifikasi-informasi-dinas-pmptsp.pdf Diakses pada 20 Juli 2021 Pukul 21.09




DOI: https://doi.org/10.52447/gov.v8i1.6649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Pusat Penelitian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta


Pengunjung