ANALISIS KEBIJAKAN PENYELESAIAN KONFLIK ANTARDESA DI KABUPATEN SIGI PROVINSI SULAWESI TENGAH

Roma Tressa

Abstract


 

ABSTRAK

Analisis kebijakan diperlukan dalam penyelesaian konflik antardesa di Kabupaten Sigi. Hal ini dilakukan untuk menemukan alternatif kebijakan penyelesaian konflik di Sigi. Metode penelitian yang dipakai ialah metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Analisis data yang digunakan ialah analisis kebijakan model Bridgman dan Davis yaitu meliputi tahap: Memformulasikan masalah kebijakan, menentukan tujuan dan sasaran, mengidentifikasi parameter kebijakan, mencari alternatif-alternatif, memutuskan alternatif-alternatif pilihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konflik antardesa yang terjadi di Kabupaten Sigi telah melibatkan 22 (dua puluh dua) desa yang ada di 4 (empat) kecamatan, dengan jumlah kejadian sebanyak 60 kasus. Alternatif kebijakan penyelesaian konflik antardesa di Kabupaten Sigi dengan nilai tertinggi ialah alternatif hukum adat.

Kata-kata kunci: Analisis Kebijakan, Penyelesaian konflik.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alexander, Robert, 2005, Konflik Antaretnis dan Penanggulangannya (Suatu Tinjauan Kriminologi dalam Kasus Kerusuhan Ernis di Sampit KalimantanTengah), Tesis, Undip.

Basyar, Hamdan, 2003, Konflik Poso: Pemetaan dan Pencarian Pola-pola Alternatif Penyelesaiannya, Jakarta, P2P LIPI.

Hall, Thomas, and Lester Jones. “Ethnic Conflict as a Global Social Problem." Handbook of Social Problems, 2004, SAGE Publications.

Hutapea, upiyat dan Pratikno, Modal Sosial dalam Penyelesaian Konflik Antardesa di Kecamatan Leihitu. Tesis. UGM.

Kismartini, 2005, Analisis Kebijakan Publik, Universitas Terbuka, Jakarta.

Kolopaking, Lala Mulyowibowo, Djuara Pangihutan Lubis, August Ernest Pattiselanno, Jejaring Sosial dan Resolusi Konflik Masyarakat di Pedesaan: Kasus di Pulau Saparua, Provinsi Maluku, Jurnal llmu Pertanian Indonesia, Desember 2007, Halaman 188-203.

Lampe, Ilyas, 2013, Model Penyelesaian Konflik Antar Desa dan Kesiapsiagaan Dini Masyarakat menghadapi Konflik Sosial Berbasis Kearifan Lokal di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Laporan Hasil Penelitian Universitas Tadulako. Halaman 57-58.

Purwasito, Andrik. 2003. Komunikasi Multikultural. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Suparlan, Parsudi, Konflik Sosial dan Alternatif Pemecahannya, Jurnal Antropologi Indonesia, 2006, Volume 30 Nomor 2, Halaman 138-150.

Surbakti, Ramlan, 1992, Memahami Ilmu Politik, Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Susan, Novri, 2009, Sosiologi Konflik & Isu - Isu Kontemporer, Kencana Prenada Media Group, Jakarta

Suwitri, Sri, 2008, Konsep Dasar Kebijakan Publik, Undip, Semarang.




DOI: https://doi.org/10.52447/gov.v1i1.84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Pusat Penelitian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta


Pengunjung