PERAN PERUSAHAAN LOGISTIK DALAM MENUNJANG AKTIVITAS PENGIRIMAN BARANG

Made Siti Sundari

Abstract


Adanya kendala yaitu keterbatasan waktu maupun keterbatasan pengetahuan tentang lika liku logistik dalam proses pengiriman barang antar negara, baik ekspor maupun impor, mengharuskan para eksportir maupun importir mencari perusahaan berpengalaman yang dapat mengambil alih tugas berkenaan dengan logistik. Perusahaan logistik ini biasa dikenal sebagai freight forwarder atau forwarding yaitu seseorang atau suatu perusahaan yang mengorganisir pengiriman untuk perorangan atau perusahaan untuk memperoleh barang dari produsen ke pasar, ke pelanggan maupun sampai titik akhir distribusi. Adapun pertimbangan eksportir maupun importir menentukan forwarding adalah adanya peran positif yang diberikan forwarding dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi perusahaan, sehingga akhirnya mempercayakan proses pengiriman produk dengan menggunakan jasa freight forwarder. Peranan dari jasa forwarding sangat membantu mempermudah proses pengiriman barang lintas batas negara. Keberadaan teknologi informasi dan kemudahan hubungan melalui internet menjadi pendukung semakin besarnya peran perusahaan logistik ini, sehingga memberikan nilai tambah bagi kualitas yang diberikan perusahaan logistik kepada pelanggan.

 


Keywords


Transportasi, Teknologi Informasi, Aplikasi Teknologi, Minat

Full Text:

PDF

References


Cateora, P.R., dan J.L. Graham, 2007, Pemasaran Internasional, Edisi 13 Buku 2, Jakarta: Salemba Empat.

Djauhari Ansyar dan Amirullah, 2002, Teori dan Praktek Ekspor-Impor, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hamdani, 2007, Seluk Beluk Perdagangan Ekspor – Impor, Jakarta: Yayasan Bina Usaha Niaga Indonesia.

Hovey Craig, and Gregory Rehmke, 2009, The Complete Ideal’s Guides to Global Economics, cetakan kesatu, alih bahasa Tri Wibowo , Global Interpratama offset, Jakarta: Prenada.

Junaedy, Agoes dan Adi Kusrianto, 2014, Buku Pintar Ekspor Indonesia : Menghadapi Implementasi Komunitas Ekonomi ASEAN, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kotler, 2002 Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran, edisi millennium II, Jakarta: Prehallindo

Shepherd, B. and J.S. Wilson, 2008, Trade Facilitation in ASEAN Member Countries, USA: World Bank.

Susilo, Andi, 2008, Buku Pintar Ekspor-Impor, Jakarta Selatan: Trans Media.

Suyono, 2007, Shipping: Pengangkutan Intermodal Eksport Import Melalui Laut, Jakarta: Penerbit PPM.

Tambunan, Tulus, 2004, Globalisasi dan Perdagangan Internasional, cetakan pertama, Jakarta: Graha Indonesia.

UNCTAD, 2006, Trade Facilitation, Handbook Part I National Facilitation Bodies : Lessons From Experience, United Nations, New York and Geneva.

Wilson John S., C.L. Mann, T. Otsuki, 2003, Trade Facilitation and Economic Development : Measuring Impact, Policy Research Working Paper, 2988, World Bank,.


Refbacks