PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND TRUST, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA STARTUP BUSINESS UNICORN INDONESIA

Siti Suryani, Sylvia Sari Rosalina

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh brand image, brand trust, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian ulang dengan kepuasan konsumen sebagai variabel moderating pada startup business unicorn Indonesia, yaitu GO-JEK Indonesia. Adapun jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berasal dari konsumen pengguna GO-JEK dengan jumlah sampel sebanyak 195 responden. Penelitian ini menganalisis hubungan antara pengaruh brand image, brand trust, kualitas layanan terhadap keputusan pembelian ulang konsumen GO-JEK yang dimoderasi oleh kepuasan konsumen.  Analisis data menggunakan alat analisis statistic berbasis web GeSCA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial brand image, brand trust, kualitas layanan, dan kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang. Ditemukan juga bahwa variabel kepuasan konsumen mampu memoderasi brand image dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian ulang, namun tidak dapat memoderasi brand trust terhadap keputusan pembelian ulang.

Keywords


Brand Image, Brand Trust, Service Quality, Re-purchase Decisions, Customer Satisfaction, GO-JEK, GeSCA

Full Text:

PDF

References


Afzal, H., Khan, M. A., Rehman, K. ur, Ali, I., & Wajahat, S. (2014). Consumer’s Trust in the Brand: Can it be built through Brand Reputation, Brand Competence and Brand Predictability. International Business Research, 3(1).

American Marketing Association. (2013). Definition of Marketing.

Christina, W. U. (2013). Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat.

Christopher, L., & Lauren, W. (2007). Manajemen Pemasaran Jasa (Cetakan Ke). Jakarta: PT. Indeks.

Delgado-Ballester, E. (2003). Development and Validation of a Brand Trust Scale. International Journal of Market Research, 45, 35–54.

Ferdinand, A. (2002). Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Keller, K. P. dan. (2007). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. In Prentice Hall, Salemba Empat.

Kotler, P. (2012). Marketing management/Philip Kotler, Kevin Lane Keller. Pearson Education International.

Kristanto, J. O. (2011). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Cafe One Eighteenth Coffee.

Kustini, N. I. (2011). Experiential Marketing, Emotional Branding, and Brand Trust and Their Effect on Loyalty on Honda Motorcycle Product. Journal of Economics, Business and Accountancy Ventura, 14, 19–28.

Malhotra, N. K. (2006). Riset Pemasaran : Pendekatan Terapan Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks.

Miro, F. (2012). Pengantar Sistem Informasi. Jakarta: PT. Penerbit Erlangga.

Nasution, M. N. (2004). Manajemen Transportasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rosyadi, M. I. (2017). Analysis Of Successfull Aplications Uber Driver User Prespective Surabaya City Community With Delone Model Approach And Mclean.

Solimun. (2010). Analisis Variabel Moderasi Dan Mediasi. Malang: Program Studi Statistika FMIPA-UB.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sumarwan, U. (2004). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Wilkie, W. L. (1994). Customer Behavior (Third Edit). New York: Jhon Wiley & Sons, Inc, s.

Zeithaml, B., & Gremler, D. (2007). Service Management (Edisi Keem). New York: Mc. Graw Hill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.