ALAT PENGHAPUS PAPAN TULIS OTOMATIS UNTUK SMK DI SEKITAR JAKARTA UTARA

M Fajri Hidayat, Ardi Malik Syahbani

Abstract


Teknologi di Indonesia makin berkembang maka semakin mempermudah pekerjaan manusia sebelumya dikerjakan dalam waktu lama dan masih menggunakan tenaga manusia  khususnya didalam kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu dengan sistem otomatis kegiatan pada saat menghapus tulisan dipapan tulis dijalankan secara otomatis tanpa menghirup aroma dari spidol sehingga tangan tidak kotor. Menghapus dengan cara manual dapat mengurangi keefisiensian dalam waktu kegiatan belajar mengajar dan membuat tangan pengajar menjadi kotor saat menghapus tulisan dipapan tulis. Hal itu tentu saja kurang efisien dalam waktu dan tenaga dalam proses belajar mengajar. Karena menghapus tulisan dipapan tulis secara manual bisa dapat menganggu kesehatan pada tubuh kita . Tujuan penelitian dari alat ini bertujuan untuk merakit dan meracang alat penghapus papan tulis otomatis dan mekanisme dari sistem kerja alat penghapus papan tulis dengan menggunakan potensio untuk  pengendalian kecepatan dari motor DC yang digunakan. Metode dari alat penghapus papan tulis otomatis menggunakan transfomator untuk mengubah arus Ac menjadi Dc yang akan dialirkan ke terminal untuk membagikan arus – arus listrik ke komponen lainya . Arus Dc yang dialirkan dari terminal masuk ke potensio ( dimer ) dapat mengendalikan kecepatan dari dinamo stater atau Motor Dc tersebut .Oleh karena itu sistem penghapus papan tulis manual digantikan dengan sistem otomatis dalam kegiatan penghapusan papan tulis dijalankan secara otomatis tanpa harus menghirup tinta spidol saat menghapus tulisan dipapan tulis.  nilai total waktu yang dibutuhkan penghapus naik dan turun adalah 42 s + 13 s = 55 s untuk menghapus tulisan dipapan tulis secara otomatis

 

Kata kunci : papan tulis,Motor Dc, Penghapus papan tulis,Potensio


Full Text:

PDF

References


Mangguluang, Z. et al. (2020)

‘Rancang Bangun Penghapus Papan Tulis Otomatis Berbasis Arduino Uno’, jurnal teknik mesin,Universitas Islam Makassar, 15.

Supardi (2013) Penghapus Papan Tulis Otomatis Berbasis Mikrokontroller ATmega 16. Universitas Negeri Yogyakarta.

Joseph, N. (2020) Meski ‘Wangi’, Hobi Menghirup Aroma Spidol Bisa Membahayakan Kesehatan. Available at: https://hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/bahaya-mencium-spidol/ (Accessed: 5 June 2021).

Faroqi, A., Sanjaya, M. W. and Nugraha, R. (2016) Perancangan Sistem Kontrol Otomatis Lampu Menggunakan Metode Pengenalan Suara Berbasis Arduino. Univesitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

Rizky, S. (2011) Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Cet. ke-1. Edited by S. Amri. Jakarta: PT.Prestasi PustaKaray


Refbacks

  • There are currently no refbacks.