STRATEGI DIPLOMASI PEMERINTAH INDONESIA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN ARAB SAUDI PADA TAHUN 2014-2016
Abstract
Sektor Pariwisata adalah salah satu sektor yang mengalami peningkatan sangat pesat dalam hal penerimaan devisa setelah komoditi minyak dan gas bumi. Sehingga Pemerintah Indonesia yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo memberikan tugas kepada Kementerian Pariwisata untuk giat mencari strategi dan upaya untuk meningkatkan arus wisatawan mancanegara, khusus dalam penelitian ini wisatawan Arab Saudi karena Arab Saudi adalah negara pengunjung terbesar sekitar 87,33% dari total kunjungan wisatawan Timur Tengah.
Sehingga rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi yang digunakan Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kunjungan wisatawan Arab Saudi ke Indonesia pada tahun 2014-2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi diplomasi yang digunakan Pemerintah Indonesia meningkatkan wisatawan Arab Saudi.
Strategi yang digunakan Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Pariwisata yaitu Diplomasi yang digunakan oleh Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan wisatawan Arab Saudi dengan menggunakan Paradiplomasi dan Multi Track Diplomacy: 9 Track Diplomacy yang lebih fokus pada track Pemerintah, track non-Pemerintah, track bisnis, track warga negara, track penelitian/pelatihan dan pendidikan serta track media. Dari kegiatan yang dijalankan Kementerian Pariwisata yaitu Pameran, Misi Penjualan/Sales Mission, Familiarization Trip (FamTrip) dan Festival. Penerapan strategi Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kunjungan wisatawan Arab Saudi telah dilakukan dengan baik. Pemerintah Indonesia menjalin diplomasi secara efektif untuk menciptakan saling pengertian dalam menjembatani informasi tentang pariwisata Indonesia serta melaksanakan kegiatan-kegiatan yang meningkatkan kunjungan wisatawan Arab Saudi.
Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara dan liberary research dengan panduan interview staff khusus kajian Timur Tengah Kementerian Pariwisata. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti dapatkan, maka penerapan strategi Paradiplomasi dan 9 track diplomacy dalam mempublikasi pariwisata Indonesia telah dilakukan melalui tahap yang telah direncanakan melalui kerjasama dengan Pemerintah Daerah hingga pihak swasta untuk mengikuti berbagai event-event di Arab Saudi hingga Timur Tengah, sehingga memperluas pengetahuan masyarakat Arab Saudi tentang pariwisata Indonesia.
Kata Kunci : Indonesia-Arab Saudi, Peningkatan kunjungan wisatawan Arab Saudi ke Indonesia, Paradiplomasi, Multi Track Diplomacy.
Full Text:
PDFReferences
Buku :
Barston, R.P, Modern Diplomacy, New York: Cet II, United States of America by Longman Inc., 1988.
Convelo G. Cevilla, Pengantar Metode Penelitian, Jakarta: Universitas Indonesia, 1993.
Eko, Agustinova Danu. Memahami metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Yogyakarta: Calpulis, 2015.
Haryono, Endi dan Saptopo B. Ilkodar, Menulis Skripsi:Panduan Untuk Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, Cet I 2005, Cetakan II, 2009.
Holsti, K.J, International Politics, A Framework for Analysis, Third Edition, New Delhi: Prentice Hlml of India, 1984.
Joseph, S. Nye, Jr., Soft Power: The Means to Success in World Politics, hal. X, New York: Public Affair, 2004.
Kountur, Ronny, Metode Penelitian, Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada, 2004.
Mardalis, Metode Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: Bumi Aksara, 1999.
Mas’oed, Mohtar, Ilmu Hubungan Internasional:Disiplin dan Metodologi, Jakarta: LP3ES, 1990.
Moleong, Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. remaja Rosdakarya, 2002.
Mukhtar, Metode Penelitian Deskriftif Kualitatif, Jakarta: GP Press Group, 2013.
Mukti, Takdir Ali, Paradiplomacy:Kerja Sama Luar Negeri Oleh Pemda Di Indonesia,Yogyakarta: The Phinisi Press Yogyakarta, 2013.
Palitilima, Hamid, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2005.
Roy, S.L, Diplomasi, Jakarta: Rajawali Pers, 1991.
Ruslan, Rosady, Manajemen Publik Relations & Media Komunikasi, Konsep & Aplikasinya, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, Cetakan Kesepuluh, 2010.
Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi, Metode Penelitian Survey, Jakarta: LP3ES, 1998.
Soeratno, M.Ec, Dr dan Lincolin Arsyad, M.Sc, Drs, Metodologi Penelitian (Untuk Ekonomi & Bisnis), Yogyakarta: UUP AMP YKPN, 1995.
Spillane, James J, Ekonomi Pariwisata:Sejarah dan Prospeknya, Yogyakarta,: Kanisius, 1994.
----------- Pariwisata Indonesia. Yogayakarta: Kanisius, 1994.
----------- Ekonomi Pariwisata, Yogayakarta: Kanisius, 1987.
Sudarto, Metodelogi Penelitian Filsafat, Jakarta: Raja Grafindo, 2001.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2009.
Suprayogo, Imam dan Tobroni, Metodologi Penelitian Sosial-Agama. Bandung: Remaja, 2001.
Sastradipoera, Komaruddin, Mencari Makna Dibalik Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung: Kappa-Sigma, 2005.
Warsito, Tulus dan Wahyuni Kartikasari, Diplomasi Kebudayaan, Konsep dan Relevansinya Bagi Negara Berkembang: Studi Kasus Indonesia, Yogyakarta: H, Penerbit Ombak, 2007.
Wehrenfennig, Daniel, Multi Track Diplomacy and Human Security, Human Security Journal Volume 7, Summer 2008.
Jurnal :
Anggria, Anggit, “Strategi Human Kevas.Co Dalam Mempublikasi Produk Fashion Melalui Media Sosial Instagram”, 2017.
Ariyanto, Pebri, “Strategi Singapore Tourism Board dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan asal Indonesia ke Singapore tahun 2008”, 2014.
Dyah Ruslina Novika Sari, Fitri. “Strategi Diplomasi Publik dalam Meningkatkan Citra dan Budaya Indonesia dimata Dunia Internasional (Studi kasus : Seni tarian dayak kalimantan Timur)”, 2013.
Fardhio Rachman, Mohammad, “Strategi Pemerintahan Indonesia dalam Kerjasama Pariwisata dengan Turki Era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono”, Agustus 2016.
Indrawati, “Peran Sektor Bisnis Dalam Penandatanganan Voluntary Partnership Agreement On Forest Law Enforcement Governance And Trade (Vpa-Flegt) antara Indonesia dan Uni Eropa”, Global Insight Journal, Vol.01, No. 01, 2016
Indriasih, Gusti, “Diplomasi Indonesia melalui Kampanye Wonderful Indonesia dalam Meningkatkan Pariwisata Indonesia di Dunia Internasional tahun 2011-2015”, 2011.
Luhulima, C. P. F, “Peranan Diplomasi Multi-Track dalam Penyelesaian Sengketa laut Cina Selatan:Upaya dan Tantangan”, Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 5 (2), Dikutip dari JOM FISIP Vol.3, No.1, Februari 2016.
Majid, Faiz Resha, “Dinamika Penyelenggaraan Ibadah Haji Indonesia di Arab Saudi”, Agustus 2015.
Ryani Wiradinata, Dhiny, “Kerjasama Pariwisata Indonesia-Cina dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Kunjungan Wisatawan Cina ke Indonesia”, 2015.
Undang-Undang
Peraturan Menteri Pariwisata Republik Indonesia nomor 6 tahun 2015 tentang organinsasi kerja Kementrian Pariwisata.
“Undang-Undang Republik Indonesia No. 9 Tahun 1990 Tentang Kepariwisataan”, dalam http://www.budpar.go.id/regulasi 2 September 2013.
Peraturan Menparekraf No.5 Tahun 2014.
Dokumen :
Data Kementerian Pariwisata, Paparan Bimtek Famtrip Deputi BP3M, 2016. (dalam bentuk power point)
Ditjen Imigrasi dan BPS (diolah kembali oleh Asdep Litbangjakpar Kemenpar), (Direktur Jendral Imigrasi dan Badan Pusat Statistik diolah kembali oleh Asisten Deputi Penelitian Kelembagaan Jakarta Pariwisata Kementerian Pariwisata).
Hadi, Andri, Bahan Seminar “Politik Luar Negeri Indonesia: Prospek dan tantangan dalam Era Globalisasi”, Dirjen IDP Separtemen luar Negeri Republik Indonesia, 2009.
Laporan Pelaksanaan Kegiatan Pemasaran Pariwisata Indonesia Tahun 2015, Jakarta, Kementerian Pariwisata, November 2015.
Laporan Nota Dinas Kegiatan Sales Mission Saudi Arabia 2016, Jakarta, Kementerian Pariwisata, April 2016.
Passenger Exit Survey Indonesia 2015, Data langsung dari tempat magang di Kementerian Pariwisata bagian ETTAA.
Pusdatin Kemenparekraf & BPS (Pusat Data Indonesia Kementerian Pariwisata Ekonomi & Kreatif dan Badan Pusat Statistik).
Renstra KBRI Riyadh 2015-2019
Wolff, Stefan, ‘Paradiplomacy: Scope, Opportunities and Challenges’, University of Nottingham, 2009.
Wawancara :
Data langsung dari Staff Asisten Deputi Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Afrika Ratih Swardanie Nur Jannah dan Muchlasin, selama peneliti melakukan magang di Kementerian Pariwisata pada Periode November 2016-Januari 2017
Internet :
Air Dewangga, Thanon, Asisten Deputi Bidang Pelaksanaan dan Pelapor Persidangan, Diplomasi melalui Soft Power, yang dipublikasi pada laman http;//www.setkab.go.id/artikel-6305-.html, diakses pada tanggal 15 April 2017.
Countries of the World by Area-No 16 Indonesia, diakses pada tanggal 15 April 2017.
Daftar tempat yang telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia, UNESCO, diakses pada tanggal 15 April 2017.
Daftar Representantif Warisan Budaya Takbendawi, UNESCO, diakses pada tanggal 15 April 2017.
Gulf Cooperation Council, dalam
http://inatrims.kemendag.go.id/id/product/detail/sistem-klasifikasi-gulf-cooperation-council-gcc_840/?market=ar, diakses pada tanggal 20 juli 2017.
Perguruan tinggi pariwisata dibawah naungan Kementerian Pariwisata, dalam http://sbmstapp.kemenpar.go.id/portal/lokasi, diakses pada tanggal 1 September 2017.
Ditjen Imigrasi dan BPS (diolah kembali oleh Asdep Litbangjakpar Kemenpar).
http://www.kemenpar.go.id, diakses pada tanggal 15 April 2017.
Duta Pariwisata Indonesia, dalam https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170507150527-307-212927/ini-dia-sosok-duta-pariwisata-nusantara-2017/, diakses pada tanggal 7 September 2017.
Euromonitor International, Beauty and Personal Care in Indonesia, 2013, diakses tanggal 20 Juli 2017.
Hijriyah, https://www.kemenag.go.id/, diakses pada tanggal 21 Maret 2017.
Indonesia, The World Factbook, CIA, 2006, diakses pada tanggal 15 April 2017.
(Inggris) Time for N. Maluku to become tourist destination, Antaranews, 8 Mei 2011, diakses pada tanggal 15 April 2017.
Kementerian Pariwisata, http://www.kemenpar.go.id/asp/index.asp, diakses pada tanggal 18 Maret 2017.
Kompas, 12 Maret 2010, diakses pada tanggal 20 April 2017.
Lewis, M. Paul(ed.), "Ethnologue-Languages of the World-Languages of Indonesia", Ethnologue: Languages of the World, edisi ke-16. Dallas, Tex.: SIL International. Versi daring. 2009, diakses pada tanggal 15 April 2017.
Ranking Devisa Pariwisata Terhadap Komoditas Ekspor Lainnya tahun 2004-2009, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI, diakses pada tanggal 15 April 2017.
Rikania, “Potensi Pariwisata”, dalam
http://rikania.multiply.com/Potensi_Pariwisata_files/44.htm, diakses pada tanggal 12 Juli 2017.
Selebriti peduli pariwisata dalam
http://m.inilah.com/news/detail/2285134/menpar-arief-yahya-ajak-artis-peduli-pariwisata, diakses pada tanggal 7 September 2017.
The World Bank, GDP per Capita Saudi Arabia (online) 2013, http://data.worldbank.org/country/saudi-arabia , diakses pada tanggal 20 Juli 2017.
What is Multi Track Diplomacy?, dalam http://www.imtd.org/index.php/about/84-about/131-what-is-multi-track-diplomacy, diakses pada 18 Maret 2017
DOI: https://doi.org/10.52447/gij.v4i1.1413
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office of Global Insight Journal:
Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Ilmu Sosial
Gedung UTA'45 Jakarta Lantai 4
Jl. Sunter Permai Raya, Jakarta 14350