UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI FRAKSI BUTANOL, ETIL ASETAT DAN N-HEKSAN DARI DAUN PEPAYA (Carica Papaya L.) TERHADAP BAKTERI PENYEBAB JERAWAT SECARA IN-VITRO

Oktafian Nuril Wijaya, Ghalib Syukrilla

Abstract


Penggunaan bahan alam sebagai obat tradisional telah lama dilakukan, Salah satu bahan yang berpotensi adalah daun pepaya. Tujuan  pengujian ini untuk mengevaluasi aktivitas antbakteri fraksi N-heksan, Etil asetat, dan Butanol dari daun pepaya (Carica papaya L.) terhadap bakteri Propionibacterium acnes, Staphylococcus epidermidis  dan Staphylococcus aureus.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan post test only control group design. Uji aktivitas anti bakteri dilakukan dengan difusi cakram (Kirby-bauer), kontrol positif menggunakan klindamisin, kontrol negatif menggunakan dmso, serta sampel uji yakni fraksi Butanol, Etil asetat dan N-Heksana. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan  uji Two way annova.

Hasil penelitian menunjukan fraksi N-heksan daun pepaya memiliki aktivitas dalam menghambat pertumbuhan bakteri masiing-masing Staphylococcus epidermidis, Staphylococus aureus dan Propionibacterium acnes paling besar pada  konsentrasi konsentraasi 200 µg/disc rerata zona hambat 20,03 ± 0,45 mm, 20,65 ± 0,21 mm, dan 20,74 ± 0,11 mm.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52447/inspj.v5i2.1881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright@ Pusat Penelitian Fakultas Farmasi

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Online ISSN : 2502-8421

 

Pengunjung