UJI STABILITAS FISIK TERHADAP FORMULASI SEDIAAN GEL RAMBUT DARI EKSTRAK ETANOL 96% DAUN PARE (Momordica charantia L)

Nina Jusnita

Abstract


Berdasarkan data empiris daun pare sering digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit salah satunya yaitu mencegah kebotakan dan  merangsang pertumbuhan rambut atau menyuburkan rambut karena mengandung metabolit sekunder yaitu flavonoid berupa flavonon yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan virus sehingga mempercepat pertumbuhan rambut. Daun pare dibuat menjadi ekstrak menggunakan pelarut etanol 96% kemudian ekstrak daun pare diformulasikan dalam sediaan gel dengan konsentrasi  1%,  2%,  3%, dan 4%. Selanjutnya dilakukan pengujian evaluasi gel ekstrak daun pare yang meliputi uji viskositas, uji pH, uji homogenitas, uji daya sebar kemudian  dilakukan uji kestabilan  fisik selama 8 minggu dengan  kondisi  penyimpanan pada suhu tinggi, ruang dan rendah, kemudian dilakukan uji evaluasi setiap 2 minggu. Selain itu dilakukan juga uji cycling test selama 12 hari untuk  mengetahui ada atau tidaknya pembentukan kristal pada gel ekstrak daun pare. Hasil penelitian menunjukan bahwa gel ekstrak daun  pare  (Momordicha charantia L.) pada setiap kondisi penyimpanan memenuhi semua parameter uji yang dilakukan namun pada konsentrasi 1% dan 2% merupakan sediaan gel yang lebih baik dan stabil.

 

Kata kunci: Ekstrak daun pare; formulsi gel; rambut; stabilitas fisik sediaan

Full Text:

PDF

References


Achmad, A. S., Hakim, E. H., dan Makmur, L. 2005. Flavonoid dan Fitomedika, Kegunaan dan prospek. Jakarta: Phyto- Medika.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia & Direktorat Jendral Pengawasan Obat dan Makanan. 2000. Parameter Standar Umum Ekstrak Tanaman Obat. Departemen Kesehatan RI. Jakarta. Hal. 5, 10-19.

Djajadisastra. 2004 . Cosmetic stability. Makalah Sajikan Dalam Seminar Setengah Hari HIKI, Jakarta; 18 November.

Graaf, A, Aggarwal, D., Garg S., and Sigla A. K. 2002. Spreading of Semisolid

Formulation: An Update, Pharmaceutical Technology. Volume 84-104,

Voigt,R. 1995. Buku Pelajaran Teknologi Farmasi. Edisi Kelima. Jogjakarta:

Gadjah Mada University Press. Hal.577-578




DOI: https://doi.org/10.52447/inspj.v3i1.1912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright@ Pusat Penelitian Fakultas Farmasi

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Online ISSN : 2502-8421

 

Pengunjung