UJI EFEK ANTIINFLAMASI EKSTRAK ETANOL 70% DAUN RIKSUSU (WRIGHTIA PUBESCENS R.BR) TERHADAP TIKUS PUTIH JANTAN (RATTUS NOVERGICUS) YANG DI INDUKSI PUTIH TELUR

Widharto Prawirohardjono

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui aktivitas efek antiinflamasi dari ektrak etanol 70% daun riksusu (Wrightia pubescens R. Br.). Ektraksi dilakukan dengan menggunakan metode maserasi yang dipekatkan dengan menggunakan rotary evaporator. Ektrak kental dengan berbagai variasi dosis yaitu 40 mg/kgBB, 60 mg/kgBB, dan 160 mg/kgBB secara oral diberikan pada tikus putih jantan (Rattus norvegicus) yang di Induksi Putih Telur. Natrium Diklofenak digunakan sebagai kontrol positif dengan dosis 0,9 mg/kgBB diberikan secara oral. Penelitian ini menggunakan metode udema buatan pada telapak kaki tikus dengan induksi putih telur 5% sebanyak 0,2 ml sebagai penginduksi udema. Pada uji ANOVA menunjukkan adanya perbedaan bermakna antara setiap dosis dengan kontrol negative pada taraf uji (<0,05) dan semua dosis ekstrak terdapat perbedaan bermakna dengan kontrol positif. Dari semua kelompok uji pada penelitian ini kelompok yang mempunyai daya inhibisi udema terbesar adalah kontrol positif sebagai pembanding yaitu Natrium Diklofenak dengan daya hambat udema 56,68% diikuti dengan dosis 160 mg/kgBB dengan daya hambat sebesar 54,03%.

 

Kata kunci : Wrightia pubescens, Natrium Diklofenak; Antiinflamasi; Putih Telur

Full Text:

PDF

References


Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2000. Parameter Standard Umum Ekstrak Tumbuhan Obat. Jakarta: Direktorat Jendral Pengawasan Obat dan Makanan.

Elfahmi.2015.Khasiat dan Keamanan Binahong Anredera cordifolia: sebuah Review. Sekolah Farmasi, Institut Teknologi Bandung.

Hidayat, S. dan S, Wahyuni. 2009. Seri Tumbuhan Obat Berpotensi Hias 2. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Murray,R.K., Granner,D.K., & Rodwell,V.W.2009.Biokimia harper (27ed.). Jakarta : Buku Kedokteran EGC

Melasthyn. 2017. Toksisitas Fraksi Daun Riksusu (Wrightia pubescens R.Br.) Terhadap Larva Artemia salina Leach dengan metode Brine Shrimp Lethalit Test (BSLT) [skripsi]. Fakultas Farmasi Universitas 17 Agustus 1945, Jakarta.

Tjay, H.T. dan Rahardja, K. (2002). Obat-obat Penting: Khasiat, Penggunaan dan Efek-efek Sampingnya. Edisi V. Cetakan Pertama. Jakarta: P.T. Elex Media Komputibdo. Hal. 303-314.

Vogel, H. G. 2002. Drug Discovery and Evaluation Pharmacologycal Assays. Springer-Verley Berlin, Deidelbarg, New York.

Wilmana, P.,F. Dan Gan, S. (2012). Analgetik-Antipiretik, Analgesik Anti-Inflamasi Nonsteroid, dan Obat Gangguan Sendi Lainnya. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.52447/inspj.v3i2.1926

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright@ Pusat Penelitian Fakultas Farmasi

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Online ISSN : 2502-8421

 

Pengunjung