PENGARUH KONSENTRASI HYDROXY PROPYL METHYL CELLULOSE (HPMC) SEBAGAI GELLING AGENT TERHADAP SIFAT FISIK DAN STABILITAS FISIK SEDIAAN GEL RAMBUT EKSTRAK DAUN SIRIH MERAH (Piper crocatum)

Hasan Rachmat Marsono

Abstract


Secara empiris, daun sirih sirih merah telah digunakan oleh masyarakat sebagai antijamur. Tujuan penelitian ini adalah membuat sediaan gel rambut yang mengandung ekstrak daun sirih merah dan evaluasi sifat fisik dan stabilitas fisik dari sediaan gel rambut dengan menggunakan hydroxyl propyl methyl cellulose (HPMC) sebagai gelling agent pada konsentrasi berbeda yaitu 1%, 2%, 3% dan 4%. Metode yang digunakan dalam evaluasi gel adalah pengamatan organoleptis, homogenitas, viskositas, uji kemampuan menyebar, pH, stabilitas fisik dengan metode cycling test, 4±2°C, 27±2°C dan 40±2°C untuk kemudian dilakukan uji mutu fisik kembali untuk mendapatkan nilai kestabilan gel rambut. Berdasarkan hasil penelitian, hydroxy propyl methyl cellolose berpengaruh signifikan terhadap sifat fisik dan stabilitas fisik dari sediaan gel ekstrak daun sirih merah. Formula I dengan konsentrasi HPMC sebesar 1% menunjukan kestabilan fisik yang terbaik dari tiga formula lainnya.

 

Kata kunci : daun sirih merah, gel, hidroxypropil methylcellulose, uji stabilitas fisi

Full Text:

PDF

References


Departemen Kesehatan Republik Indomesia, 1995, Materia Medika Indonesia, Direktorat Jenderal Pengawasan Obat dan Makanan, Jakarta.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia, 2000, Panduan Teknologi ekstrak, Direktorat Jendral Pengawasan Obat dan Makanan, Jakarta.

Mackenna, W.R., 1999, Disease of the skin 4th Edition, Baillier Tindal and Cox, London.

Oktaviani, D., 2012, Uji Banding Efektivitas Ekstrak Daun Sirih Merah Dengan Zinc Pyrithione 1% Terhadap Pertumbuhan Pityrosporum Ovale Pada Penderita Berketombe, Universitas Diponegoro, Semarang.

Prawito, S.P., 2008, Cosmeticals anti ketombe.In wasitaatmadja SM rata IGAK editors, Cosmeceuticals, Jakarta.

Putranto, M.B., 2016, Pengaruh Konsentrasi Hydroxy Propyl Methyl Cellulose sebagai gelling agent pada sediaan gel rambut ekstrak daun pare, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, Jakarta.

Sudewo, B., 2010, Basmi Penyakit dengan Sirih Merah, Agromedia Pustaka, Jakarta.

Zatz, J.L., Berry, J.J., Alderman, D.A., 1996, Viscosity-imparting agents in disperse systems, New York.




DOI: https://doi.org/10.52447/inspj.v2i2.1943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright@ Pusat Penelitian Fakultas Farmasi

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Online ISSN : 2502-8421

 

Pengunjung