Tarif Pajak, Sosialisasi Pajak, dan Patriotisme terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Kupang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tarif pajak, sosialisasi pajak, dan patriotisme terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tujuan menguji hipotesis. Populasi penelitian adalah masyarakat Kota Kupang yang terdaftar sebagai Wajib Pajak Orang Pribadi. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 152 orang. Analisis data menggunakan metode deskriptif dan pengolahan data dilakukan dengan perangkat lunak SmartPLS 4. Pendekatan SEM-PLS diterapkan melalui dua tahap, yaitu analisis outer model untuk menilai validitas dan reliabilitas instrumen, serta analisis inner model untuk menguji hubungan antar variabel penelitian. Penelitian ini menguji pengaruh tarif pajak, sosialisasi perpajakan, dan patriotisme terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga variabel utama yaitu tarif pajak, sosialisasi pajak, dan patriotisme berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Penelitian ini memberikan bukti empiris mengenai perilaku kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi, yang belum banyak dikaji oleh penelitian sebelumnya, karena mayoritas studi terdahulu lebih berfokus pada wajib pajak badan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alshira'h, AF, & Abdul-Jabbar, H. (2020). Peran Moderasi Patriotisme dalam Kepatuhan Pajak Penjualan di Kalangan UKM Yordania. Jurnal Internasional Keuangan dan Manajemen Islam dan Timur Tengah, 13(3), 389–415. Https://Doi.Org/10.1108/Imefm-04-2019-0139
Betu, KW, & Mulyani, SD (2020). Pengaruh Kepercayaan Timbal Balik Dan Kekuasaan Otoritas Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Pajak Dengan Kepatuhan Pajak Sukarela Sebagai Variabel Moderasi. Prosiding Seminar Nasional Pakar. Https://Doi.Org/10.25105/Pakar.V0i0.6888
Budiman, NA, Novi Antika, F., & Mulyani, S. (2021). Penetapan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kabupaten Kudus. Jurnal Kajian Akuntansi Dan Auditing, 16(1), 15–28. Https://Doi.Org/10.37301/Jkaa.V16i1.32
Cahyonowati, N., Ratmono, D., & Faisal, F. (2012). Peranan Etika, Pemeriksaan, Dan Denda Pajak Untuk Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 9(2), 136–153. Https://Doi.Org/10.21002/Jaki.2012.09
Callan, & Eamonn. (2006). Cinta, Penyembahan Berhala, dan Patriotisme. Teori dan Praktik Sosial, 32(4), 1–46.
Endrianto, W. (2015). Prinsip Keadilan Dalam Pajak Atas Orang Pribadi. Tinjauan Bisnis Binus, 6(2), 298. Https://Doi.Org/10.21512/Bbr.V6i2.978
Fadilah, L., Noermansyah, AL, & Krisdiyawati, K. (2021). Pengaruh Tingkat Pendapatan, Penurunan Tarif, Dan Perubahan Cara Pembayaran Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Masa Pandemi Covid-19. Pemilik, 5(2), 450–459. Https://Doi.Org/10.33395/Owner.V5i2.487
Farrar, J., Kaplan, SE, & Thorne, L. (2019). Pengaruh Keadilan Interaksional dan Deteksi terhadap Niat Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Etika Bisnis, 154(1), 167–180. Https://Doi.Org/10.1007/S10551-017-3458-X
Febirizki Damayanty Prawagis, Zahroh Za, & Yuniadi Mayowan. (2016). Pengaruh Pemahaman Atas Mekanisme Pembayaran Pajak, Persepsi Tarif Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Pada Wajib Pajak Yang Terdaftar Di Kpp Pratama Batu). Jurnal Mahasiswa Perpajakan, 10(1), 1–10.
Hapsari, A., & Kholis, N. (2020). Analisis Faktor-Faktor Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kpp Pratama Karanganyar. Reviu Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 4(1). Https://Doi.Org/10.18196/Rab.040153
Hendrawati, E., Pramudianti, M., & Abidin, K. (2021). Pengetahuan Pajak, Sanksi Pajak, Modernisasi Sistem, Kondisi Keuangan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Selama Pandemi Covid-19. Nilai Wajar: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(1), 214–230. Https://Doi.Org/10.32670/Fairvalue.V4i1.516
Huddy, Leonie, & Nadia Khatib. (2003). Patriotisme Amerika, Identitas Nasional, dan Keterlibatan Politik. Jurnal Ilmu Politik Amerika, 51(1), 1–6.
Julito, K. A., & Ramadani, I. (2024). Pengaruh Kenaikan Pajak Pertambahan Nilai Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Generasi Z Dalam Transaksi E- Commerce Sebagai Pemoderasi. Media Akuntansi Perpajakan, 9(1), 28–40.
Kahne, J., Chi, B., & Middaugh, E. (2006). Membangun Modal Sosial untuk Keterlibatan Sipil dan Politik: Potensi Mata Pelajaran Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Kanada / Revue Canadienne De L'éducation, 29(2), 387. Https://Doi.Org/10.2307/20054169
Milleniasofianti, & Djoko Wahyudi. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus Orang Pribadi Di Kabupaten Demak. Kompak :Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi, 15(1), 180–192. Https://Doi.Org/10.51903/Kompak.V15i1.634
Nathanson, S. (1989). Membela “Patriotisme Moderat.” Etika, 99(3), 535–552. Https://Doi.Org/10.1086/293096
Ningsih, SS, & Saragih, F. (2020). Pemahaman Wajib Pajak Pelaku Orang Pribadi Mengenai Peraturan Pemerintah Tentang Pp No.23 Tahun 2018 Tentang Ketentuan Pajak Orang Pribadi. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 20(1), 38–44. Https://Doi.Org/10.30596/Jrab.V20i1.4870
Pasca Rizki Dwi Ananda. (2015). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Tarif Pajak, Dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Orang Pribadi Yang Terdaftar Sebagai Wajib Pajak Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu). Jurnal Mahasiswa Perpajakan, 6(2), 1–9.
Prasetyo, S., Julito, K. A., & Khoiri. (2024). Impelementasi Kebijakan E-Faktur Dalam Meningkatkan KepatuhanPengusaha Kena Pajak Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama JakartaKelapa Gading 2021-2023. Journal Akuntansi Manajerial, 9(1), 14–28.
Qari, S., Konrad, KA, & Geys, B. (2009). Patriotisme, Perpajakan, dan Mobilitas Internasional. Jurnal Elektronik SSRN. Https://Doi.Org/10.2139/Ssrn.1664959
Rachmawati Meita Oktaviani, & Sheila Adellina. (2016). Kepatuhan Wajib Pajak Ukm. Dinamika Akuntansi, Keuangan Dan Perbankan, 5(2), 1–12.
Riyanti, B., & Sudarmawanti, E. (2022). Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Era New Normal Melalui Pemberian Insentif Pajak, Peningkatan Kondisi Keuangan Dan Kesadaran Pajak. Pemilik, 6(2), 2167–2179. Https://Doi.Org/10.33395/Owner.V6i2.826
Simatupang, M. W. B., Julito, K. A., & Putra, R. R. (2023). The Effect Of Tax Sanctions, Tax Knowledge, and Tax Services on Taxpayer Compliance in E-Commerce Businesses with Taxpayer Awareness as a Moderating Variable. Return : Study of Management, Economic and Bussines, 2(8), 774–783. https://doi.org/10.57096/return.v2i8.130
Yang, Y., Li, O., Peng, X., & Wang, L. (2020). Tren Konsumsi Selama Krisis Covid-19: Bagaimana Rasa Takjub, Daya Tangkap, dan Norma Sosial Mendorong Pembelian Utilitarian. Frontiers In Psychology, 11. Https://Doi.Org/10.3389/Fpsyg.2020.588580
Yasa, INP, & Prayudi, MA (2019). Nilai-Nilai Etika Berbasis Kearifan Lokal Dan Perilaku Kepatuhan Perpajakan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 22(2), 361–390. Https://Doi.Org/10.24914/Jeb.V22i2.2527
DOI: https://doi.org/10.52447/jam.v10i2.8956
Refbacks
- There are currently no refbacks.




