Tarif Pajak, Sosialisasi Pajak, dan Patriotisme terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Kupang

Alfonsus Rodriques Suninono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tarif pajak, sosialisasi pajak, dan patriotisme terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tujuan menguji hipotesis. Populasi penelitian adalah masyarakat Kota Kupang yang terdaftar sebagai Wajib Pajak Orang Pribadi. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 152 orang. Analisis data menggunakan metode deskriptif dan pengolahan data dilakukan dengan perangkat lunak SmartPLS 4. Pendekatan SEM-PLS diterapkan melalui dua tahap, yaitu analisis outer model untuk menilai validitas dan reliabilitas instrumen, serta analisis inner model untuk menguji hubungan antar variabel penelitian. Penelitian ini menguji pengaruh tarif pajak, sosialisasi perpajakan, dan patriotisme terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga variabel utama yaitu tarif pajak, sosialisasi pajak, dan patriotisme berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Penelitian ini memberikan bukti empiris mengenai perilaku kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi, yang belum banyak dikaji oleh penelitian sebelumnya, karena mayoritas studi terdahulu lebih berfokus pada wajib pajak badan.


Keywords


Tarif Pajak, Sosialisasi Pajak, Patriotisme, Kepatuhan Wajib Pajak, Orang Pribadi

References


Alshira'h, AF, & Abdul-Jabbar, H. (2020). Peran Moderasi Patriotisme dalam Kepatuhan Pajak Penjualan di Kalangan UKM Yordania. Jurnal Internasional Keuangan dan Manajemen Islam dan Timur Tengah, 13(3), 389–415. Https://Doi.Org/10.1108/Imefm-04-2019-0139

Betu, KW, & Mulyani, SD (2020). Pengaruh Kepercayaan Timbal Balik Dan Kekuasaan Otoritas Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Pajak Dengan Kepatuhan Pajak Sukarela Sebagai Variabel Moderasi. Prosiding Seminar Nasional Pakar. Https://Doi.Org/10.25105/Pakar.V0i0.6888

Budiman, NA, Novi Antika, F., & Mulyani, S. (2021). Penetapan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kabupaten Kudus. Jurnal Kajian Akuntansi Dan Auditing, 16(1), 15–28. Https://Doi.Org/10.37301/Jkaa.V16i1.32

Cahyonowati, N., Ratmono, D., & Faisal, F. (2012). Peranan Etika, Pemeriksaan, Dan Denda Pajak Untuk Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 9(2), 136–153. Https://Doi.Org/10.21002/Jaki.2012.09

Callan, & Eamonn. (2006). Cinta, Penyembahan Berhala, dan Patriotisme. Teori dan Praktik Sosial, 32(4), 1–46.

Endrianto, W. (2015). Prinsip Keadilan Dalam Pajak Atas Orang Pribadi. Tinjauan Bisnis Binus, 6(2), 298. Https://Doi.Org/10.21512/Bbr.V6i2.978

Fadilah, L., Noermansyah, AL, & Krisdiyawati, K. (2021). Pengaruh Tingkat Pendapatan, Penurunan Tarif, Dan Perubahan Cara Pembayaran Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Masa Pandemi Covid-19. Pemilik, 5(2), 450–459. Https://Doi.Org/10.33395/Owner.V5i2.487

Farrar, J., Kaplan, SE, & Thorne, L. (2019). Pengaruh Keadilan Interaksional dan Deteksi terhadap Niat Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Etika Bisnis, 154(1), 167–180. Https://Doi.Org/10.1007/S10551-017-3458-X

Febirizki Damayanty Prawagis, Zahroh Za, & Yuniadi Mayowan. (2016). Pengaruh Pemahaman Atas Mekanisme Pembayaran Pajak, Persepsi Tarif Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Pada Wajib Pajak Yang Terdaftar Di Kpp Pratama Batu). Jurnal Mahasiswa Perpajakan, 10(1), 1–10.

Hapsari, A., & Kholis, N. (2020). Analisis Faktor-Faktor Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kpp Pratama Karanganyar. Reviu Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 4(1). Https://Doi.Org/10.18196/Rab.040153

Hendrawati, E., Pramudianti, M., & Abidin, K. (2021). Pengetahuan Pajak, Sanksi Pajak, Modernisasi Sistem, Kondisi Keuangan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Selama Pandemi Covid-19. Nilai Wajar: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(1), 214–230. Https://Doi.Org/10.32670/Fairvalue.V4i1.516

Huddy, Leonie, & Nadia Khatib. (2003). Patriotisme Amerika, Identitas Nasional, dan Keterlibatan Politik. Jurnal Ilmu Politik Amerika, 51(1), 1–6.

Julito, K. A., & Ramadani, I. (2024). Pengaruh Kenaikan Pajak Pertambahan Nilai Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Generasi Z Dalam Transaksi E- Commerce Sebagai Pemoderasi. Media Akuntansi Perpajakan, 9(1), 28–40.

Kahne, J., Chi, B., & Middaugh, E. (2006). Membangun Modal Sosial untuk Keterlibatan Sipil dan Politik: Potensi Mata Pelajaran Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Kanada / Revue Canadienne De L'éducation, 29(2), 387. Https://Doi.Org/10.2307/20054169

Milleniasofianti, & Djoko Wahyudi. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus Orang Pribadi Di Kabupaten Demak. Kompak :Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi, 15(1), 180–192. Https://Doi.Org/10.51903/Kompak.V15i1.634

Nathanson, S. (1989). Membela “Patriotisme Moderat.” Etika, 99(3), 535–552. Https://Doi.Org/10.1086/293096

Ningsih, SS, & Saragih, F. (2020). Pemahaman Wajib Pajak Pelaku Orang Pribadi Mengenai Peraturan Pemerintah Tentang Pp No.23 Tahun 2018 Tentang Ketentuan Pajak Orang Pribadi. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 20(1), 38–44. Https://Doi.Org/10.30596/Jrab.V20i1.4870

Pasca Rizki Dwi Ananda. (2015). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Tarif Pajak, Dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Orang Pribadi Yang Terdaftar Sebagai Wajib Pajak Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu). Jurnal Mahasiswa Perpajakan, 6(2), 1–9.

Prasetyo, S., Julito, K. A., & Khoiri. (2024). Impelementasi Kebijakan E-Faktur Dalam Meningkatkan KepatuhanPengusaha Kena Pajak Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama JakartaKelapa Gading 2021-2023. Journal Akuntansi Manajerial, 9(1), 14–28.

Qari, S., Konrad, KA, & Geys, B. (2009). Patriotisme, Perpajakan, dan Mobilitas Internasional. Jurnal Elektronik SSRN. Https://Doi.Org/10.2139/Ssrn.1664959

Rachmawati Meita Oktaviani, & Sheila Adellina. (2016). Kepatuhan Wajib Pajak Ukm. Dinamika Akuntansi, Keuangan Dan Perbankan, 5(2), 1–12.

Riyanti, B., & Sudarmawanti, E. (2022). Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Era New Normal Melalui Pemberian Insentif Pajak, Peningkatan Kondisi Keuangan Dan Kesadaran Pajak. Pemilik, 6(2), 2167–2179. Https://Doi.Org/10.33395/Owner.V6i2.826

Simatupang, M. W. B., Julito, K. A., & Putra, R. R. (2023). The Effect Of Tax Sanctions, Tax Knowledge, and Tax Services on Taxpayer Compliance in E-Commerce Businesses with Taxpayer Awareness as a Moderating Variable. Return : Study of Management, Economic and Bussines, 2(8), 774–783. https://doi.org/10.57096/return.v2i8.130

Yang, Y., Li, O., Peng, X., & Wang, L. (2020). Tren Konsumsi Selama Krisis Covid-19: Bagaimana Rasa Takjub, Daya Tangkap, dan Norma Sosial Mendorong Pembelian Utilitarian. Frontiers In Psychology, 11. Https://Doi.Org/10.3389/Fpsyg.2020.588580

Yasa, INP, & Prayudi, MA (2019). Nilai-Nilai Etika Berbasis Kearifan Lokal Dan Perilaku Kepatuhan Perpajakan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 22(2), 361–390. Https://Doi.Org/10.24914/Jeb.V22i2.2527




DOI: https://doi.org/10.52447/jam.v10i2.8956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.