Konsep Rancang Bangun Pintu Pintar Dengan Teknologi Biometri Sidik Jari Berbasis Arduino Uno

Andi Haryanto, Herwin Hutapea

Abstract


Kepadatan penduduk membuat kebutuhan akan privasi dan keamanan meningkat terutama di area-area perkotaan padat. Pengamanan konvensional yang diterapkan saat ini dirasa kurang nyaman dan menghabiskan biaya besar. Berkat pesatnya kemajuan teknologi saat ini memungkinkan untuk dilakukannya terobosan atau pembahruan terhadap sistem keamanan yang nyaman dan murah untuk diterapkan dimana saja.

            Arduino Uno merupakan sebuah mikrokontroler serbaguna yang dapat digunakan gratis oleh siapapun dan dimanapun. sensor Fingerprint sebagai pendeteksi terhadap pengguna yang diijinkan dipadukan dengan  mikrokontroler Arduino Uno untuk mengontrol rangakain elektronik yang akan mengontrol buka-tutup pintu.

                        Sistem yang telah dirancang akan mampu mengwujudkan kebutuhaan akan sistem keamanan yang nyaman dan murah, karena kesederhanaan dan kemudahan dalam pemasangan serta perawatanya.

Keywords


Sidik Jari, Arduino Uno

Full Text:

PDF

References


.Purbani, Juli Dian. (2010). Pembuatan Mesin Identifikasi Sidik Jari Sebagai Kunci Pengaman Pintu. Diss. Universitas Sebelas Maret.

. Yuliza Eni, Umi kaslum. (2016). Alat Keamanan Pintu Brangkas Berbasis Sensor Sidik Jari Dan Password Digital Dengan Menggunakan Mikrokontroler ATMega 16.

.Andar Cahyono, Fajar. (2016). Sistem Pengaman Brankas Menggunakan Sensor Fingerprint Dan Remot Kontrol RF Berbasis Arduino Uno. Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

.Sabar Muhamad, Kristian Ismail, and Slamet Riyanto. (2017). "Rancang Bangun Sistem Akses Kontrol Keluar Masuk Rumah Menggunakan Selenoid Doorlock Dan Sensor Fingerprint Berbasis Mikrokotroler Atmega 328".

.Siswanto, Apri, Ana Yulianti, Loneli Costaner. (2017). "Arsitektur Sistem Keamanan Rumah Dengan Menggunakan Teknologi Biometrik Sidik Jari Berbasis Arduino".

. Indra Pramudita, Herwin Hutapea.(2018). “Rancang Bangun Sistem Monitoring Rumah Berbasis Arduino Webserver Dan Serial Kamera VC0706”. Vol 3, No 2 (2018): JKTE Vol 3 No 2.




DOI: https://doi.org/10.52447/jkte.v4i2.2392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.