Peningkatan Kreativitas Pemuda dalam Pengelolaan Keuangan dan Kemampuan Berbahasa Inggris di Dusun Kampung Toba, Desa Sawit Rejo, Sumatera Utara
Abstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kreativitas para pemuda dalam pengelolaan keuangan dan peningkatan kemampuan berbahasa inggris. Kegiatan terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Metode yang digunakan ada tiga, yaitu metode ceramah, metode praktek atau simulasi dan metode diskusi atau tanya jawab. Narasumber pelatihan ini adalah dosen dari Universitas Esa Unggul sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat. Pelatihan ini sangat dibutuhkan karena para pemuda di Dusun Kampung Toba, Desa Sawit Rejo belum memahami cara mengelola keuangan dengan baik dan belum memahami cara belajar bahasa inggris yang efektif dan efisien. Hasilnya, pelatihan diisi dengan dua materi utama, pertama paparan tentang cara pengelolaan keuangan pribadi yang kreatif. Kedua, cara mempelajari bahasa inggris yang kreatif dan efektif. Hasil evaluasi menunjukkan terdapat perbedaan yang besar dari score pretest dengan score posttest. Hal ini membuktikan bahwa terjadi peningkatan pemahaman peserta tentang pengelolaan keuangan dan peningkatan pemahaman tentang cara belajar bahasa inggris yang kreatif. Harapan kepada para pemuda yang mengikuti pelatihan ini, mereka dapat lebih kreatif dalam pengelolaan keuangan pribadi dan dapat lebih kreatif dalam belajar bahasa inggris.
Kata kunci: kapasitas pemuda, kreativitas pengelolaan keuangan, kreativitas belajar bahasa inggris.
Full Text:
PDFReferences
Arslan, A. (2020). A systematic review on flipped learning in teaching english as a foreign or second language. Journal of Language and Linguistic Studies. https://doi.org/10.17263/JLLS.759300
Bliss, E. S., Wong, R. H. X., Howe, P. R. C., & Mills, D. E. (2021). Benefits of exercise training on cerebrovascular and cognitive function in ageing. Journal of Cerebral Blood Flow and Metabolism. https://doi.org/10.1177/0271678X20957807
Burn, M., Tully, L. A., Jiang, Y., Piotrowska, P. J., Collins, D. A. J., Sargeant, K., … Dadds, M. R. (2019). Evaluating Practitioner Training to Improve Competencies and Organizational Practices for Engaging Fathers in Parenting Interventions. Child Psychiatry and Human Development. https://doi.org/10.1007/s10578-018-0836-2
Hasyim, C. ‘Ain, & Wijayanti, L. (2019). Implementasi Visi dan Misi Organisasi Induk ke dalam Moto Perpustakaan Kementerian “Artha.” Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan. https://doi.org/10.14710/lenpust.v5i1.24763
Kyere, M., & Ausloos, M. (2021). Corporate governance and firms financial performance in the United Kingdom. International Journal of Finance and Economics. https://doi.org/10.1002/ijfe.1883
Little, T. D., Chang, R., Gorrall, B. K., Waggenspack, L., Fukuda, E., Allen, P. J., & Noam, G. G. (2020). The retrospective pretest–posttest design redux: On its validity as an alternative to traditional pretest–posttest measurement. International Journal of Behavioral Development. https://doi.org/10.1177/0165025419877973
Liu, Q., & Maxwell, S. E. (2020). Multiplicative treatment effects in randomized pretest-posttest experimental designs. Psychological Methods. https://doi.org/10.1037/met0000222
Ni, J., Chen, Y., Chen, Y., Zhu, J., Ali, D., & Cao, W. (2020). A survey on theories and applications for self-driving cars based on deep learning methods. Applied Sciences (Switzerland). https://doi.org/10.3390/APP10082749
Pomeranz, E. F., & Stedman, R. C. (2020). Measuring good governance: piloting an instrument for evaluating good governance principles. Journal of Environmental Policy and Planning. https://doi.org/10.1080/1523908X.2020.1753181
Arslan, A. (2020). A systematic review on flipped learning in teaching english as a foreign or second language. Journal of Language and Linguistic Studies. https://doi.org/10.17263/JLLS.759300
Bliss, E. S., Wong, R. H. X., Howe, P. R. C., & Mills, D. E. (2021). Benefits of exercise training on cerebrovascular and cognitive function in ageing. Journal of Cerebral Blood Flow and Metabolism. https://doi.org/10.1177/0271678X20957807
Burn, M., Tully, L. A., Jiang, Y., Piotrowska, P. J., Collins, D. A. J., Sargeant, K., … Dadds, M. R. (2019). Evaluating Practitioner Training to Improve Competencies and Organizational Practices for Engaging Fathers in Parenting Interventions. Child Psychiatry and Human Development. https://doi.org/10.1007/s10578-018-0836-2
Hasyim, C. ‘Ain, & Wijayanti, L. (2019). Implementasi Visi dan Misi Organisasi Induk ke dalam Moto Perpustakaan Kementerian “Artha.” Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan. https://doi.org/10.14710/lenpust.v5i1.24763
Kyere, M., & Ausloos, M. (2021). Corporate governance and firms financial performance in the United Kingdom. International Journal of Finance and Economics. https://doi.org/10.1002/ijfe.1883
Little, T. D., Chang, R., Gorrall, B. K., Waggenspack, L., Fukuda, E., Allen, P. J., & Noam, G. G. (2020). The retrospective pretest–posttest design redux: On its validity as an alternative to traditional pretest–posttest measurement. International Journal of Behavioral Development. https://doi.org/10.1177/0165025419877973
Liu, Q., & Maxwell, S. E. (2020). Multiplicative treatment effects in randomized pretest-posttest experimental designs. Psychological Methods. https://doi.org/10.1037/met0000222
Ni, J., Chen, Y., Chen, Y., Zhu, J., Ali, D., & Cao, W. (2020). A survey on theories and applications for self-driving cars based on deep learning methods. Applied Sciences (Switzerland). https://doi.org/10.3390/APP10082749
Pomeranz, E. F., & Stedman, R. C. (2020). Measuring good governance: piloting an instrument for evaluating good governance principles. Journal of Environmental Policy and Planning. https://doi.org/10.1080/1523908X.2020.1753181
Suryadi, D. (2019). Pentingnya Visi Dan Misi Dalam Mengelola Suatu Usaha. Jurnal Asy-Syukriyyah. https://doi.org/10.36769/asy.v9i1.53
Ying, J. (2020). The Importance of the Discussion Method in the Undergraduate Business Classroom. Humanistic Management Journal. https://doi.org/10.1007/s41463-020-00099-2
DOI: https://doi.org/10.52447/jpn.v1i2.5656
Refbacks
- There are currently no refbacks.