Meningkatkan UMKM Melalui Ekonomi Digital di Kelurahan Pademangan Barat RW 011

Fauziah Fauziah, Ari Soeti Yani, Mikael Hang Suryanto, Lukiyana Lukiyana

Abstract


Kuliah Kerja Nyata (KKN) pengabdian masyarakat dilaksanakan di RW 11 Kelurahan Pademangan Barat Jakarta Utara yang memiliki daerah yang sangat strategis, sehingga terdapat 20 home industru yang berdiri disana. Kegiatan ini dengan memberikan sosialisasi edukasi berupa cara meningkatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada dengan digital marketing dengan memberikan 4 materi yang sangat bermanfaat untuk masyarakat. Dengan harapan dilakukanya kegiatan ini agar dapat meningkatkan pendapatan dan perkenonomian masyarakat sekitar. Pasca masa pandemic Covid -19 kita harus menghidupkan dan menjalankan kembali UMKM yang sebelumny redup atau tidak berjalan akibat dari adanya virus yang masuk ke Indonesia yaitu Covid-19. Dengan adanya program KKN dengan tema “ UMKM” diharapkan dapat kembali menghidupkan dan menjalankan UMKM. UMKM merupakan usaha mikro, usaha kecil dan usaha menengah. Berdasarkan Undang-Undang nomor 20 Tahun 2008 usaha mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan ataupun badan usaha perorangan dengan jumlah asset maksimal 0 sampai Rp 50 juta dan omzet total 0 sampai 300 juta. Usaha kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri dilakukan oleh orang perorangan ataupun badan usaha akan tetapi bukan merupakan anak perusahaan dengan jumlah asset lebih dari Rp 50 juta sampai Rp 500 juta dan omzet total Rp 300 juta sampai Rp 2,5 milyar. Usaha menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri dilakukan oleh cabang orang perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan dengan jumlah kekayaan bersih lebih dari Rp 500 juta sampai Rp 10 milyar dan omzet total Rp 2,5 milyar sampai Rp 50 milyar. Dalam menumbuhkan pertumbuhan ekonomi masyarakat UMKM memiliki kontribusi yang besar khususnya di negara-negara berkembang. Dampak yang berpengaruh positif dapat menggerakkan roda perekonomian bangsa dan mengurangi jumlah pengangguran.

 


Keywords


usaha kecil mikro menengah, digital marketing, home industri

Full Text:

PDF

References


Wibowo, D. H., & Zainul Arifin, S. (2015). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1).

Indah, L. (2018). ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE FULL COSTING DAN VARIABLE COSTING DALAM PENENTUAN HARGA JUAL PADA UMKM (Studi Kasus Pada UMKM Berkah Ngaliyan Semarang) (Doctoral dissertation, Universitas Wahid Hasyim Semarang).

Putri, T., Saerang, D. P., & Budiarso, N. S. (2019). Analisis perilaku wajib pajak UMKM terhadap pelaksanaan pemungutan pajak dengan menggunakan self assessment system di Kota Tomohon. Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, 14(1).




DOI: https://doi.org/10.52447/jpn.v2i2.6569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.