Pentingnya Literasi Pencatatan Keuangan Berbasis Digital pada UMKM Kabupaten Garut

Kiko Armenita Julito, Yanuar Rahmadan, Endyastuti Pravitasari, Sheila Silvia Permatasari

Abstract


Tujuan pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pelaku UMKM di Kab Garut dalam penggunaan aplikasi pembukuan laporan keuangan berbasis digital. Kegiatan dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu pertama, melakukan Analisa kebutuhan praktis dan strategis yang berkaitan dengan laporan keuangan. Kedua, merumuskan pola strategi yang berkaitan dengan literasi laporan keuangan berbasis digital. Ketiga, mempraktekan penggunaan aplikasi buku warung untuk pelaku UMKM. Metode yang digunakan adalah metode pelatihan. Hasil diperoleh, terdapat pelaku UMKM yang belum memanfaatkan digital dalam pencatatan keuangan usaha, pelaku UMKM hanya mengandalkan ingatan saja dan beberapa pelaku UMKM masih belum memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan usaha sehingga tidak rapi dalam pencatatan keuangan. Kehadiran buku warung untuk pelaku UMKM diharapkan mampu memberikan perubahan bagi pelaku UMKM agar lebih rapi dan teratur dalam pencatatan keuangan usaha.

 

 


Keywords


Laporan Keuangan digital, UMKM, Buku Warung

Full Text:

PDF

References


Adrian, M. A. 2018. Empowerment Strategies of Micro, Small, Medium Enterprises (MSMEs) to Improve Indonesia Export Performance. International Journal of Economics, Business and Accounting Research, 2(4)

Badan Koordinasi Penanaman Modal. 2021. Upaya Pemerintah Untuk Memajukan UMKM Indonesia.

Bayu Adji P. 2022. Kabupaten Garut Berpotensi Jadi Sentra Kulit Produk Fashion.

Catriana, E. 2022. Kemenkop UMKM: Sudah 17,25 Juta UMKM yang Terhubung ke Platform Digital. Kompas.com: Jakarta.

Economic Research Institute for ASEAN and East Asia. 2019. Study on MSMEs Participation in the Digital Economy in ASEAN: ERIA and ASEAN

Julito, K. A., Hambali, A. J. H., & Hapsoro, D. (2021). The Role of Self Efficacy in Improving Financial Literacy In Msme Sustainability, Yogyakarta Special Region. 20(12), 46–55. https://doi.org/10.9790/0853-2012044655

Kementerian Informasi dan Komunikasi RI. 2019. Kemkominfo: Pertumbuhan e-Commerce Indonesia Capai 78 Persen.

Kementerian Informasi dan Komunikasi RI. 2021. Bisnis E-Commerce Semakin Gurih.

Rahman, N. A., Yaacob, Z., Busneti, I., & Tambunan, T. (2016). A Comparative Study on Development of MSMEs and Policies in Indonesia and Malaysia. International Journal of Small and Medium Enterprises and Business Sustainability, 1(4), 74-103

Reporter Merdeka. 2021. Kemenkop Catat Transaksi Belanja Online Meningkat 26 Persen Selama Pandemi.

Yanesya, Viska. 2022. Siapkan DEWG Jadi Stimulus Digitalisasi UMKM.




DOI: https://doi.org/10.52447/jpn.v2i2.6572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.