WORKSHOP PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI ALAT DIGITAL MARKETING UMKM

Sheila Silvia Permatasari, Yanuar Rahmadan, Endyastuti Pravitasari, Virgo Simamora

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diadakan di wilayah RW 10 Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara memiliki tujuan utama untuk meningkatkan pemahaman para pelaku UMKM dalam memanfaatan digital marketing. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah loka karya (workshop) yang dibagi ke dalam empat sesi. Dengan waktu yang diberikan 30 menit di setiap masing-masing sesi, para pelaku UMKM berkesempatan untuk mendengarkan pemaparan dengan materi yang berbeda-beda di setiap sesinya. Pemaparan tersebut diberikan oleh dosen-dosen dari Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Kegiatan yang dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat ini ditujukan kepada para pelaku UMKM yang dituntut harus terus bertahan dan bersaing ditengah gempuran transformasi digital. Terdapat beberapa temuan yang didapatkan dari hasil loka karya ini, salah satunya yaitu belum maksimalnya penggunaan media sosial untuk berbisnis atau menfasilitasi usaha mereka. Alih-alih digunakan untuk penunjang usaha mereka, media social tersebut masih cenderung digunakan untuk hal-hal yang bersifat pribadi. Dengan demikian, adanya pemaparan mengenai materi terkait digital marketing khususnya pemanfaatan media social sebagai alat pemasaran digital dapat membuat para pelaku UMKM untuk memaksimalkan pengguna media sosial sebagai alat pemasaran produk mereka sehingga mereka akan tetap bertahan dan bersaing di era disrupsi digital.


Keywords


media sosial, pemasaran digital, UMKM

Full Text:

PDF

References


Condrobimo, A. R., & Mitchell, J. L. (2023, May 22). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Tempat Pemasaran Digital di Indonesia. Diambil kembali dari School of Information Systems: https://sis.binus.ac.id/2023/05/22/pemanfaatan-media-sosial-sebagai-tempat-pemasaran-digital-di-indonesia/

Julito, K. A., Rahmadan, Y., Pravitasari, E., & Permatasari, S. S. (2022). Pentingnya Literasi Pencatatan Keuangan Berbasis Digital pada UMKM Kabupaten Garut. Jurnal Pemberdayaan Nusantara, 18-27.

Permatasari, S. S., Pravitasari, E., Rahmadan, Y., & Julito, K. A. (2022). Era Revolusi Industri 4.0 Sebagai Peluang dan Tantangan Pelaku UMKM. PANDAWA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 42-52.

Rahmadan, Y., Permatasari, S. S., Julito, K. A., & Pravitasari, E. (2023). Workshop Pentingnya Product Branding Dalam Penjualan di Ekosistem Digital. Jurnal Pemberdayaan Nusantara, 34-43.

Rahmadan, Y., Permatasari, S. S., Simamora, V., & Pravitasari, E. (2023). WORKSHOP PEMANFAATAN DIGITAL PLATFORM UNTUK MENINGKATKAN EKSPOR USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH. Kami Mengabdi, 11-17.

Rahmadan, Y., Permatasari, S. S., Simamora, V., & Pravitasari, E. (2023). Workshop Pemanfaatan Digital Platform untuk Meningkatkan Ekspor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Kami Mengabdi, 11-17.

Widi, S. (2023, February 3). Pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta pada 2023 Artikel ini telah tayang di Dataindonesia.id dengan judul "Pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta pada 2023. Diambil kembali dari DataIndonesia.id: https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023




DOI: https://doi.org/10.52447/jpn.v3i2.7337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.