Menyulam Karakter Unggul Transformasi Pengembangan Karakter Anak Bangsa Melalui Pendidikan Berkualitas Desa Sumber Mujur, Kabupaten Lumajang

Muhammad Junaid Kamaruddin, Sisman Prasetyo, Sheila Silvia Permatasari, Annisa Mauliddya, Hendi Tri Anggoro, Monica Carissa, Putri Aulia, Rana Aghisna, Sisin Nastasya Ametha, Marisa Bayustin, Siti Nur Laila

Abstract


Penelitian ini mengulas dampak bencana alam, terutama erupsi Gunung Semeru, terhadap masyarakat di Desa Sumber Mujur, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Kejadian ini menyebabkan kerugian materiil dan non-materiil, terutama di sektor pendidikan. Dalam rangka merespons situasi tersebut, Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik "REDI Ajar" diinisiasi oleh Relawan Dikti (REDI) Tiga Monas. Kegiatan ini dilaksanakan pada November 2023 dengan fokus pada peningkatan akses pendidikan bagi anak-anak di TK dan SD yang menjadi penyintas erupsi Semeru. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Program KKN Tematik dilaksanakan di TK Roudhlotul Musthofa 02 dan SDN Sumber Wuluh II, dengan tujuan meningkatkan kualitas pembelajaran dan kesejahteraan siswa. Dalam implementasinya, kegiatan melibatkan mahasiswa sebagai fasilitator, motivator, dan problem solver. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan KKN Tematik "REDI Ajar" berhasil meningkatkan partisipasi anak-anak dalam pembelajaran, terutama melalui lomba mewarnai, literasi, numerasi, dan kesenian. Namun, masih terdapat kendala infrastruktur seperti ketersediaan air bersih dan listrik di beberapa sekolah. Mahasiswa sebagai agen perubahan berkomitmen memberikan dukungan dan motivasi ekstra agar setiap murid dapat meraih potensi maksimalnya dalam proses pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa KKN Tematik dapat menjadi solusi yang efektif dalam meningkatkan akses pendidikan dan kesejahteraan masyarakat penyintas bencana alam. Program ini membawa dampak positif pada partisipasi anak-anak dalam pembelajaran dan memberikan kontribusi nyata dalam membangun hubungan positif antara perguruan tinggi dan masyarakat lokal. Penerapan KKN Tematik diharapkan dapat menjadi model pembelajaran yang holistik, memperkuat keterlibatan komunitas, dan membantu menciptakan generasi yang lebih berkualitas di tengah dampak bencana.


Keywords


Erupsi, KKN, Pendidikan, Mahasiswa, Penyintas

Full Text:

PDF

References


Asfar, A. M., Lazuarni, S., Tripermata, L., Ekonomi, F., Manajemen, P., Indo, U., & Mandiri, G. (2022). Kuliah Kernya Nyata(KKN) Tematik Pengembangan Potensi Industri UMKM dan Sumber Daya Manusia Berbasis Digital. Aptekmas, 5, 140–147.

Deva Azharry H.A.G, A., Arya Sidiq, M., Madyan, J., Siti Rahma, S., Asterina, C., & Yeni, E. (2023). Peningkatan Kesadaran Masyarakat Desa Parungseah Terhadap Bencana Melalui Program Edukasi Dan Pelatihan Mitigasi Bencana. Jurnal Administrasi Perkantoran Dan Kesekretariatan, 1(2), 80–84. https://doi.org/10.59820/apk.v1i2.61

Fauzi, H., Hendayana, Y., Rahmah, N., & ... (2023). Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kuliah Kerja Nyata (Kkn) Di Desa Srimukti Kabupaten Bekasi. SAFARI: Jurnal …, 3(3). http://jurnal-stiepari.ac.id/index.php/safari/article/view/722%0Ahttp://jurnal-stiepari.ac.id/index.php/safari/article/download/722/711

Kurnia, M., Jaya, I., Jalil, A. R., Arya, N., Samsuddin, Ilham, M., Fikrang, Ashari, M., Kasruddin, N.A, N., A.J, E., F.R.R, B., S, N., Fajar, Zulfikar, M., R, T., R, U., Zulfikar, M.P, B., … A, R. (2020). KKN Tematik Pemberdayaan Masyarakat melalui Penerapan Teknologi Untuk Peningkatan Taraf Hidup Masyarakat Di Kecamatan Pulau Sembilan Kabupaten Sinjai. Jurnal Pengabdian Masyarakat Hasanuddin (JPMH), 1(1), 1–9. https://journal.unhas.ac.id/index.php/jpmh/article/view/9579




DOI: https://doi.org/10.52447/jpn.v4i1.7418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.