Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Financial Stability Terhadap Kinerja Perusahaan yang Dimoderasi oleh Agresivitas Pajak

Mulyadi Mulyadi

Abstract


This study aims to analyze the effect of corporate social responsibility and financial stability on company performance with tax aggressiveness as a moderating variable. The independent variables are corporate social responsibility and financial stability. The dependent variable is the company's performance and tax aggressiveness as a moderating variable. The research data was collected from the publication of the annual financial statements of manufacturing companies in the industrial sub-sector that have been listed on the IDX. Samples were selected according to the sample selection criteria. The sample selection used for this research is purposive sampling method. This method performs sample selection to focus on a particular goal. The period of the financial statements studied is 2015-2019. The results of this study indicate that financial stability and tax aggressiveness have a significant impact on company performance. Tax aggressiveness is able to moderate the effect of financial stability on company performance. Meanwhile, corporate social responsibility does not affect the company's performance.

Keywords: company performance, financial stability, tax aggressiveness, corporate social responsibility

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Bénabou, R., & Tirole, J. (2010). Individual and corporate social responsibility. Economica, 77(305), 1–19.

Cheng, M., & Christiawan, Y. J. (2011). Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap abnormal return. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 13(1), 24–36.

Daud, R. M., & Amri, A. (2008). Pengaruh Intellectual Capital Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Telaah Dan Riset Akuntansi, 1(2), 192–213.

Dewi, R. K., & Widagdo, B. (2013). Pengaruh corporate social responsibility dan good corporate governance terhadap kinerja perusahaan. Manajemen Bisnis, 2(1).

Dianawati, C. P., & Fuadati, S. R. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan: Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(1).

Fachrudin, K. A. (2011). Analisis pengaruh struktur modal, ukuran perusahaan, dan agency cost terhadap kinerja perusahaan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 13(1), 37–46.

Fahrizqi, A. (2010). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan. Corporate Responsibility Social.

Gantino, R. (2016). Pengaruh corporate social responsibility terhadap kinerja keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2008-2014. Jurnal Dinamika Akuntansi Dan Bisnis, 3(2), 19–32.

Heniwati, E. (2019). Studi Empiris Kekuatan Stabilitas Keuangan Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan (JEBIK), 8(2), 147–160.

Ijudien, D. (2018). Pengaruh Stabilitas Keuangan, Kondisi Industri dan Tekanan Eksternal Terhadap Kecurangan Laporan Keuangan. Jurnal Kajian Akuntansi, 2(1), 82–97.

Kurnianto, E. A., & Prastiwi, A. (2010). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan “(Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2005-2008). Universitas Diponegoro.

Kusumawardhani, P. (2013). Deteksi Financial Statement Fraud dengan Analisis fraud triangle pada Perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 1(3).

Lanis, R., & Richardson, G. (2012). Corporate social responsibility and tax aggressiveness: An empirical analysis. Journal of Accounting and Public Policy, 31(1), 86–108.

Maulana, A. H. (2019). Pengaruh Return On Equity, Current Ratio, Earning Per Share, Dan Kebijakan Dividen Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (Jii) Periode Tahun 2014-2018. Universitas Negeri Jakarta.

Muliani, L. E., Yuniarta, G. A., Ak, S. E., & Sinarwati, N. I. K. (2014). Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan corporate social responcibility dan good corporate governance sebagai variabel pemoderasi. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 2(1).

Nugraha, N. B., & Meiranto, W. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage Dan Capital Intensity Terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris Pada Perusahaan Non-Keuangan Yang Terdaftar di BEI Selama Periode 2012-2013). Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Nugrahayu, E. R., & Retnani, E. D. (2015). Penerapan Metode Balanced Scorecard Sebagai Tolak Ukur Pengukuran Kinerja Perusahaan. J. Ilmu Dan Ris. Akunt, 4(10), 1–16.

Nur, M., & Priantinah, D. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapancorporate Social Responsibility Di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Berkategori High Profile Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia). Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 1(2), 22–34.

Pamungkas, I. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Good Corporate Governance Rating. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponogoro Semarang.

Peery, A. F., Dellon, E. S., Lund, J., Crockett, S. D., McGowan, C. E., Bulsiewicz, W. J., Gangarosa, L. M., Thiny, M. T., Stizenberg, K., & Morgan, D. R. (2012). Burden of gastrointestinal disease in the United States: 2012 update. Gastroenterology, 143(5), 1179–1187.

Putri, C. L., & Lautania, M. F. (2016). Pengaruh Capital Intensity Ratio, Inventory Intensity Ratio, Ownership Strucutre dan Profitability Terhadap Effective Tax Rate (ETR)(Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2014). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 1(1), 101–119.

Rika, N. (2008). Islahuddin,“Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta)”, Simposium Nasional Akuntansi XI. Pontianak.

Skousen, C. J., Smith, K. R., & Wright, C. J. (2009). Detecting and predicting financial statement fraud: The effectiveness of the fraud triangle and SAS No. 99. In Corporate governance and firm performance. Emerald Group Publishing Limited.

Suffah, R., & Riduwan, A. (2016). Pengaruh profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan dan kebijakan dividen pada nilai perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 5(2).

Unit, B., Star, E., & SmartWay, E. P. A. (2015). Corporate social responsibility.

Wright, T. A., & Huang, C. (2012). The many benefits of employee well‐being in organizational research. Journal of Organizational Behavior, 33(8), 1188–1192.

Yoehana, M. (2013). Analisis pengaruh corporate social responsibility terhadap agresivitas pajak. Diponegoro Journal of Accounting, 2(2), 1–12.

Yoehana, M., & HARTO, P. (2013). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2011). Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Zuliarni, S. (2012). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Mining and Mining Service di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(1), 36–48.




DOI: https://doi.org/10.52447/map.v6i1.5008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyrights of

Program Studi Akuntansi

Fakultas Ekonomi Bisnis & Ilmu Sosial

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

 

ISSN (P) : 2355 - 9993

ISSN (E) : 2527 - 953X