Pengaruh Kenaikan Pajak Pertambahan Nilai Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Generasi Z Dalam Transaksi E-Commerce Sebagai Pemoderasi

Kiko Armenita Julito, Istifa Ramadani

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya kenaikan PPN yang semula 10% menjadi 11%. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kenaikan pajak dan digital marketing terhadap keputusan pembelian yang dimoderasi oleh transaksi e-commerce. Adanya transaksi e-commerce dapat memperkuat hubungan antara kenaikan PPN, digital marketing, terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode analisis Structural Equation Modelling. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan software SmartPLS (Partial Least Square). Hasil penelitian ini ialah menghasilkan jawaban dari perumusan yang telah dibuat yaitu yang pertama, menunjukkan bahwa kenaikan ppn berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, yang artinya berdasarkan hasil tersebut hipotesis dalam penelitian ini diterima. Kedua, digital marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, yang artinya berdasarkan hasil tersebut hipotesis dalam penelitian ini ditolak. Ketiga, transaksi e-commerce berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, yang artinya berdasarkan hasil tersebut hipotesis dalam penelitian ini diterima. Keempat, transaksi e-commerce memperkuat hubungan antara kenaikan PPN terhadap keputusan pembelian transaksi e-commerce memperkuat hubungan antara kenaikan PPN terhadap keputusan pembelian berpengaruh signifikan, yang artinya berdasarkan hasil tersebut hipotesis dalam penelitian ini diterima. Kelima, transaksi e-commerce memperkuat hubungan antara digital marketing terhadap keputusan pembelian tidak berpengaruh signifikan, yang artinya berdasarkan hasil tersebut hipotesis dalam penelitian ini ditolak. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan masyarakat selaku konsumen akhir dapat mengetahui tentang kenaikan ppn yang dimana kenaikan tersebut berimbas pada transaksi di e-commerce karena masyarakat tertarik membeli produk yang dipromosikan melalui digital marketing sehingga masyarakat dapat membuat keputusan pembelian yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari

Keywords


Kenaikan PPN, Digital Marketing, Keputusan Pembelian, Transaksi E-Commerce

Full Text:

PDF

References


Agasie, D., & Zubaedah, R. (2022). Urgensi Kenaikan Tarif Pajak Pertambahan Nilai Berdasarkan Asas Kepentingan Nasional. Perspektif Hukum, 50–74. https://doi.org/10.30649/ph.v22i2.131

Ardyanto, D., Susilo, H., & Riyadi. (2015). Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan Menggunakan E-Commerce terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen www.petersaysdenim.com). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 22(1), 85897. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=326555&val=6468&title

Batu, R. L., Situngkir, T. L., Krisnawati, I., & Halim, S. (2020). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Online Purchase Decision Pada Platform Belanja Online Shopee. Ekonomi & Bisnis, 18(2), 144–152. https://doi.org/10.32722/eb.v18i2.2495

Bloomenthal, A. (2019). Electronic Commerce (e-commerce). 2019.

Desy Farina, Revi Candra, Y. I. (2021). Pengaruh Pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Terhadap Daya Beli Konsumen Barang Elektronik di Pasar Batusangkar. Jurnal Al-Ittifaq, 1, 84–96.

Elfanso, E., & Monica, L. (2023). Analisis dampak transaksi E-Commerce terhadap penerimaan pajak pertambahan nilai. Owner, 7(1), 841–850. https://doi.org/10.33395/owner.v7i1.1477

Faisol, M., & Norsain, N. (2023). Netnografi: Perspektif Netizen Terhadap Kenaikan Tarif PPN 11%. Jurnal Akademi Akuntansi, 6(2), 167–182. https://doi.org/10.22219/jaa.v6i2.24536

Feb, F., & Dunci, K. (2023). Pengaruh Tarif Ppn 11% Dan Tingkat Pendapatan Selama Pandemi Terhadap Daya Beli Masyarakat. Ekonomi & Bisnis, 22(1), 8–16. https://doi.org/10.32722/eb.v22i1.5761

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least squares konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program smartpls 3.0 untuk penelitian empiris. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Heryanto, H., Tambun, S., Pramono, R., Priyanti, D., & Siregar, I. (2023). E-Learning quality: The role of learning technology utilization effectiveness teacher leadership and curriculum during the pandemic season in Indonesia. International Journal of Data and Network Science, 7(4), 1451–1462. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2023.8.017

Khoziyah, S., & Lubis, E. E. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Followers Online Shop Instagram @KPopConnection. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 39–50. https://jkms.ejournal.unri.ac.id/index.php/JKMS/article/view/7454

Kotler, P., & Armstrong, G. (2001). Principles of Marketing. 1–21.

Lo, F. Y., Rey-Martí, A., & Botella-Carrubi, D. (2020). Research methods in business: Quantitative and qualitative comparative analysis. In Journal of Business Research. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.05.003

Lomanto, C. N., & Mangoting, Y. (2013). Perlakuan PPN atas Transaksi E-Commerce. Tax & Accouting Review, 1(2), 1–9. https://media.neliti.com/media/publications/157648-ID-perlakuan-ppn-atas-transaksi-e-commerce.pdf

Majid, F., Sholikhah, H. S., & Lintang, S. (2023). Dampak Kenaikan Tarif Pajak Pertambahan Nilai (Ppn) Pada Masyarakat Di Indonesia. Jurnal Mahasiswa Akuntansi UNITA, 2(2), 92–97. https://doi.org/https://doi.org/10.36563/jamanta_unita.v2i2.701

Mallik, D. M. A., & Rao, S. N. (2017). Impact of Digital Marketing on Youth Buying Behavior at Big Bazaar in Udupi. International Journal of Advance and Innovative Research, 3(08), 78–87. www.ijirst.org

Mewoh, F. M., Tampi, J. R. E., & Mukuan, D. D. S. (2019). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Department Store Manado Town Square. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 35. https://doi.org/10.35797/jab.9.1.2019.23529.35-42

Muafidah, M., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh digital marketing dan personal selling terhadap keputusan pembelian konsumen. Akuntabel, 18(4), 661–668. https://doi.org/10.30872/jakt.v18i4.9834

Putri, P. M., & Marlien, R. . (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 25–36. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.510

Putri Veni Gerhana, & Subandoro Agus. (2022). Analisis Pengaruh Kenaikan Tarif PPN 11% terhadap Penjualan pada PT X. Jurnal Revenue, 3(1), 0–5. https://doi.org/10.46306/rev.v3i1 p-ISSN

Putri, Y. E., Yulastri, A., Giatman, Ganefri, Effendi, H., & Muskhir, M. (2023). Indonesian Journal of Computer Science. Indonesian Journal of Computer Science, 12(2), 284–301. https://doi.org/https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i1.3135

Rihardiansyah, M. R. (2020). Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan E-Commerce terhadap Keputusan Pembelian Online. JBME:Jurnal Bisnis Dan Manajemen Ekonom, 18(1), 170–182. https://journal.widyatama.ac.id/index.php/jbme/article/view/663

Rita, & Astuti, P. (2023). Dampak Kenaikan Tarif Pajak Pertambahan Nilai Terhadap Inflasi. Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Perbankan, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.56486/remittance.vol4no1.279

Sari, R. P. (2018). Kebijakan perpajakan atas transaksi e-commerce. Akuntabel, 15(1), 67. https://doi.org/10.29264/jakt.v15i1.2889

Sitorus, R. R., & Tambun, S. (2023). Challenges, Strategies and Qualifications of Auditors In The Society 5.0 Era. JRAK, 15(2), 228–240. https://doi.org/10.23969/jrak.v15i2.7183

Tambun, S., & Haryati, A. (2022). The Effect of Satisfaction on Public Services, Trust in Government and Perception of Corruption on Tax Awareness through Tax Morals. Integrated Journal of Business and Economics, 6(1), 74-86.

Tambun, S., & Riandini, R. (2022). Dampak Tax Planning dan Digitalisasi Layanan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dimoderasi oleh Nasionalisme. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 6(3), 2993-3004.

Tambun, S., Sitorus, R. R., & Atmojo, S. (2020). Pengaruh Digitalisasi Layanan Pajak Dan Cooperative Compliance Terhadap Upaya Pencegahan Tax avoidance Dimoderasi Kebijakan Fiskal Di Masa Pandemi Covid 19. Media Akuntansi Perpajakan, 5(2), 74-86.

Wardhani, D. R. S. (1988). Tata Kelola Perguruan Tinggi. 13, 17–39.

Wulandari, M. (2023). Kenaikan PPN Pasca Pandemi Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Nasional. https://www.pajakku.com/read/62b90e59a9ea8709cb18a811/Kenaikan-PPN-Pasca-Pandemi- Mempengaruhi-Pertumbuhan-Ekonomi-Nasional-




DOI: https://doi.org/10.52447/map.v9i1.7466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyrights of

Program Studi Akuntansi

Fakultas Ekonomi Bisnis & Ilmu Sosial

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

 

ISSN (P) : 2355 - 9993

ISSN (E) : 2527 - 953X