PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN LAYANAN PURNA JUAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YANG DIMODERASI OLEH CITRA PERUSAHAAN

Widyanto Aji Saputro, Netty Laura S

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh digital marketing dan layanan purna jual terhadap keputusan pembelian yang dimoderasi oleh citra perusahaan PT. Handi Jaya Sukatama. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen PT. Handi Jaya Sukatama dengan sampel 130 orang. Teknik sampling menggunakan Random Sampling. Instrument analisis statistik melalui PLS.3.0 yang digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menemukan 5 (Lima) hipotesis yakni variabel digital marketing berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel layanan purna jual berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, citra perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, moderasi citra perusahaan pada digital marketing terhadap keputusan pembelian berpengaruh negatif dan tidak signifikan, selain itu moderasi citra perusahaan pada layanan purna jual terhadap keputusan pembelian berpengaruh negatif dan tidak signifikan.

Kata Kunci : Keputusan Pembelian, Citra Perusahaan, Digital Marketing dan Layanan Purna Jual

 

ABSTRACT

            This study aims to explain the effect of digital marketing and after sales service on purchasing decisions that are moderated by the corporate image of PT. Handi Jaya Sukatama. The population in this study are consumers of PT. Handi Jaya Sukatama with a sample of 130 people The sampling technique uses random sampling. Statistical analysis instruments through PLS.3.0 are used to test hypothesesThe results of this study found 5 (five) hypotheses namely digital marketing variables had a positive and not significant effect on purchasing decisions, after-sales service variables had a positive and significant effect on purchasing decisions, company image had a negative and significant effect on purchasing decisions, moderation of corporate image on digital marketing to the purchase decision has a negative and not significant effect, in addition to the moderation of the company's image in the after-sales service to the purchase decision has a negative and not significant effect

Keywords: Purchasing Decision, Corporate Image, Digital Marketing,After Sales Service.


Full Text:

PDF

References


Abdu, Rafi. 2018. ““ Pengaruh Digital Marketing Terhadap Corporate Image Pada PT AHM Di Kota Bandung Tahun2017.” 4(2): 321–32.

Ahmadi, Herman. 2013. “Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan terhadap Minat Beli Ulang gas Elpiji 3 Kg dalam Meningkatkan Citra perusahaan (Studi kasus: pada PT Hero gas Jaya Ponorogo.” Ekomaks 2(1): 77–89.

Anggi Arif Siregar, Hj. Yulihar Mukhtar, Lindawati. 2013. “Pengaruh Kualitas Produk, Layanan Purna Jual dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Konsumen Mobil Nissan Pada PT. Wahana Metra Riau di Kota Padang Anggi Arif Siregar 1 ,.” : 1–9.

Anshari, Dedi Harahap. 2015. “Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di pajak usu (pajus) medan.” Jurnal Keuangan Dan Bisnis 7(3).

Cahya, Handy Nur. 2018. “Optimalisasi Kualitas Produk Layanan Purna Jual Chevrolet Sumber Andalan Jogja Dengan Pendekatan Qfd.” Jurnal Penelitan Ekonomi dan Bisnis 3(2): 91–100.

Chaffey, Smith and. 2013. Emarketing Excellence. Planning a. Routledge.

Dewi, M. 2016. “Pengaruh Produk, Harga dan Layanan Purna Jual terhadap Keputusan Pembelian Smartphone di Toko Langsa Ponsel.” Jurnal Manajemen dan Keuangan Unsam 5(1): 449–58.

Dharmayanti, Liesander &. 2018. “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance Dengan Intellectual Capital Dan Perceived Quality Sebagai Variabel Intervenig.

Dharmayanti, L. &. (2018). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance Dengan Intellectual Capita.” 12(1): 10–24.

Gregory, R. James and Jack G. Wiechman. 2011. Pemasaran Ritel. 11 ed. Harni, Dwi, dan Elvira Azis. 2018. “Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR ) Terhadap Citra Perusahaan PT . Bank Danamon Indonesia Tbk.” Jurnal Wacana Ekonomi 17(3): 010–018.

Indonesia go. 2018. “5 Rahasia Digital Marketing Yang Harus DIperhatikan Untuk Bisnis StarUp.” Indonesiago.digital.

Kotler, Philip dan Kevin Lane, Keller. 2012. Manajemen Pemasaran Jilid 2. 13 ed. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Amstrong. 2016. Marketing Management. 15 ed. Pearson Education: Inc.

Priansa, D, J. 2017. Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Rahmi, Meutia. 2017. “Pengaruh Brand Extension, Kualitas Produk, Dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Asus Smartphone.” Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen 6(2).

Ramadan, Sahri. 2016. “Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Belajar.” kompasiana.com.

Setyo Putra, Gagah Bimo. 2015. “Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunjung Taman Rekreasi PT.Selecta, Kota Batu, Jawa Timur).” Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya 26(2): 86304.

Simanjuntak, A. Iqbal, M. Alfisyahr, R. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian.” Administrasi Bisnis 55: 471–75.

Wardhana, Aditya. 2015. “Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia.” In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV (April 2015): 327–337.




DOI: https://doi.org/10.52447/mmj.v8i2.4396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.