Faktor Intrinsik Dan Ekstrinsik Yang Mempengaruhi Motivasi Siswa Penyelesaian Skripsi

Diah Pranitasari, Irfan Maulana

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor intrinsik dan ekstrinsik yang mempengaruhi motivasi mahasiswa menyelesaikan skripsi dengan menggunakan variabel self efficacy, kebutuhan berprestasi, lingkungan kampus, dan metode pembelajaran dosen terhadap motivasi menyelesaikan skripsi di Perguruan Tinggi Indonesia. Ekonomi. Metode penelitian ini adalah metode survei kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa reguler pagi dan mahasiswa reguler malam Fakultas Ekonomi Indonesia yang lulus tahun 2019 sebanyak 311 orang dan sampel penelitian sebanyak 164 orang. Analisis yang digunakan adalah software SEM-PLS dan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan 3 variabel yang mempengaruhi mahasiswa reguler pagi: (1) Self-efficacy berpengaruh terhadap motivasi menyelesaikan skripsi sebesar 29,1%. (2) Need for achievement berpengaruh terhadap motivasi menyelesaikan skripsi sebesar 31,9%. (3) Lingkungan kampus terhadap motivasi menyelesaikan skripsi sebesar 37,5%. Dan ada 2 variabel yang mempengaruhi mahasiswa reguler malam: (1) Kebutuhan berprestasi berpengaruh terhadap motivasi menyelesaikan skripsi sebesar 55,5%. (2) Lingkungan kampus berpengaruh terhadap motivasi menyelesaikan skripsi sebesar 40,3%.

Kata kunci:  Efikasi Diri, Kebutuhan Berprestasi, Lingkungan Kampus, Metode Pembelajaran , Motivasi

 

ABSTRACT

This study aims to determine the intrinsic and extrinsic factors that influence students' motivation to complete their thesis by using self-efficacy variables, the need for achievement, campus environment, and lecturer learning methods to the motivation to complete their thesis at the Indonesian College of Economics. This research method is a questionnaire survey method. The population in this study were morning regular students and evening regular students of the Indonesian College of Economics who graduated in 2019 by 311 people and the study sample was 164 people. The analysis used is SEM- PLS and SmartPLS 3.0 software. The results of this study indicate 3 variables that affect regular morning students: (1) Self-efficacy affects the motivation to complete a thesis of 29.1%. (2) The need for achievement influences the motivation to complete the thesis by 31.9%. (3) Campus environment towards motivation to complete the thesis is 37.5%. And there are 2 variables that affect regular night students: (1) The need for achievement influences the motivation to complete the thesis by 55.5%. (2) The campus environment influences the motivation to complete the thesis by 40.3%.

Keywords : Self-Efficacy, Achievement Needs, Campus Environment, Learning Methods, Motivation


Full Text:

PDF

References


Ernawati. (2018). Efektivitas Metode Pembelajaran Socrates Konstektual Berbasis Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Statistik Dasar. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika Volume 1 Nomor 2, ISSN : 2615 - 7667, 31.

Ghozali. (2014). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Edisi 4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Mena, J. A. (2012). An Assessment Of The Use Of Partial Least Squares Structural Equation Modeling In Marketing Research. Journal Of The Academy Of Marketing Science, 40(3), 414-433.

Handayani., F. (2013). Hubungan Self Efficacy Dengan Prestasi Belajar Siswa Akselerasi. Jurnal Penelitian Psikologi. Volume 01, Nomor 02, .

Kawet., S. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Minat Belajar Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Manajemen Konstruksi. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 19, No. 3.

Latifah, N. (2012). Harga Diri, Efikasi Diri, Motivasi Belajar, Dan Prestasi Akademik Siswa SMA Pada Berbagai Model Pembelajaran. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, Vol 5 No 2, ISSN : 1907 - 6037.

Manurung., H. (2019). Pengaruh Lingkungan Kampus Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli. Jurnal Sains, Vol. 1, No. 2. ISSN : 2622 – 8823.

Murgijanto., E. (2017). Pengaruh Kebutuhan Prestasi, Kebutuhan Afiliasi Dan Kebutuhan Kekuasaan Terhadap Semangat Kerja Dosen Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMA Salatiga. Among Makarti Vol.10 No.19.

Omrod, J. (2009). Psikologi Pendidikan : Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga.

Pranitasari., D. (2017). Instrinsic and Extrinsic Factors to Affect Students Learning Motivation (Case Study on The First Degree Students in STIE Indonesia). Jurnal International Journal Of Applied Business and Economic Reasearch.

Pranitasari, D dan Saputri, C.B. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) | Vol 11, No. 1, 2020 e-ISSN: 2301-8313 http://doi.org/10.21009/JRMSI http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrmsi 46 DOI: doi.org/10.21009/JRMSI.011.1.03

Pranitasari, D; Trianah, L, dan Taufik, M. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Kerja. Media Manajemen Jasa ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Vol.6 No.2, Juli – Desember 2018. http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/MMJ/article/view/1403

Pranitasari, D. (2019). The Influence Of Effective Leadership And Organizational Trust To Teacher’s Work Motivation And Organizational Commitment. Media Ekonomi Dan Manajemen, Volume 35 Issue 1, January 2020, 75-91 P-Issn: 0854-1442 (Print) E-Issn: 2503-4464 (Online). Doi: 10.24856/Mem.V35i1.1257. Http://Jurnal.Untagsmg.Ac.Id/Index.Php/Fe/Article/View/1257

Rosyida., I. (2019). Self-Efficacy Siswa SMP Pada Pembelajaran Model Learning Cycle 7 (Elicit, Engange, Explore, Explain, Elabrote, Evaluate, and Extend). Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 02. ISSN : 2613-9189.

Saleh, M. (2014). pengaruh motivasi, faktor keluarga, lingkungan kampus dan aktif. Jurnal Phenomenon, Vol 4, No 2, .

Setyowati., L. (2016). Analisis Motivasi Berprestasi Siswa Kelas V SD Negeri Slerok 4 Kota Tegal. Jurnal Pendidikan .

Susrawan, I. A. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Inovatif (Talking Stick dan EKSTRIM) Untuk Meningkatkan Aktvitas Dan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X SMA N 1 Kubu Karangasem. Jurnal Bakti Saraswati Vol.04 No.01. ISSN : 2088 - 2149.

Trianah, L dan Pranitasari, D. (2018). The Influence of Parent’s Perception on Their Interest to Send Their Children to PAUD. Advances in Economics, Business and Management Research, volume 74 5th Annual International Conference on Management Research (AICMaR 2018)

Winardi. (2016). Kepempimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Yunianti, E, Jaeng, M dan Mustamin. (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Dan Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 1 Parigi. e-Jurnal Mitra Sains, Volume 4 Nomor 1, Januari 2016. ISSN: 2302-2027.




DOI: https://doi.org/10.52447/mmj.v9i2.5559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.