FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT MEMBELI PRODUK ASURANSI JIWA SINARMAS DI KOTA TANGERANG

Bahtiar Alamsyah, Endang Ruswanti

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya niat membeli produk asuransi jiwa SINARMAS di Kota Tangerang, dibandingkan dengan kota-kota lainnya di Indonesia, seperti : Jakarta, Bogor dan Bekasi. Oleh karena itu, peneliti ingin menganalisis pengaruh variabel motivasi pembelian, sikap konsumen, kepercayaan konsumen dan kesadaran merek baik secara masing-masing maupun serentak terhadap niat membeli produk asuransi jiwa SINARMAS. Metode penelitian kuantitatif, dengan teknis analisis data menggunakan regresi linear sederhana (simple linear regression analysis) dan regresi linear berganda (multiple linear regression analysis). Teknik pengumpulan data dengan metode survei  untuk memperoleh data primer, dan studi kepustakaan untuk memperoleh data sekunder. Populasi penelitian adalah prospek asuransi jiwa di lingkungan perumahan Lippo Karawaci Utara, Kota Tangerang, Provinsi Banten Selatan, dengan karakteristik 17-85 tahun, penghasilan tetap, rumah sendiri, memiliki kendaraan roda empat, yang dengan karakteristik tersebut diperoleh 305 warga. Dengan memakai metode quota sampling ditetapkan jumlah sampel 100 responden. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari motivasi pembelian terhadap niat beli. Terdapat pengaruh yang signifikan dari sikap konsumen terhadap minat beli. Terdapat pengaruh yang signifikan dari kepercayaan konsumen terhadap minat beli. Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan dari motivasi pembelian, sikap konsumen, kepercayaan konsumen terhadap minat beli. Sedangkan kesadaran merek tidak bisa diolah datanya lebih lanjut karena data tidak valid.

Kata kunci: Asuransi jiwa, motivasi membeli, sikap konsumen, kepercayaan konsumen, kesadaran merek

 

ABSTRACT

This research is motivated by the low intention to buy SINARMAS life insurance products in Tangerang City, compared to other cities in Indonesia, such as Jakarta, Bogor and Bekasi. Therefore, the researcher wanted to analyze the influence of purchasing motivation variable, consumer attitude, consumer trust and brand awareness either individually or simultaneously to the intention of buying life insurance product of SINARMAS. Quantitative research methods, with technical data analysis using simple linear regression analysis (linear regression analysis) and multiple linear regression analysis (multiple linear regression analysis). Data collection techniques with survey methods to obtain primary data, and library studies to obtain secondary data. The population of this research is life insurance prospect in Lippo Karawaci Utara residential area, Tangerang City, South Banten Province, with 17-85 years characteristic, fixed income, own house, owning four-wheeled vehicle, with 305 residents. Using the quota sampling method, the sample size is 100 respondents. The sampling technique is simple random sampling. The result of the research shows that there is a significant influence of purchasing motivation to purchase intention. There is a significant influence of consumer attitudes on buying interest. There is a significant influence of consumer confidence in buying interest. There is a simultaneously significant influence of purchasing motivation, consumer attitudes, consumer confidence in buying interest. While the brand awareness can not be processed further data because the data is not valid.

Keywords: Life insurance, buying motivation, consumer attitude, consumer trust, brand awareness


Full Text:

PDF

References


AIA Financial. (2011). “Menjembatani Kesenjangan Proteksi, Melindungi Indonesia: Hasil Survai AIA terhadap Tingkat Proteksi Masyarakat Indonesia”, https://www.aia-financial.co.id/id/resources/6d90d90049d950c2b59cfdb927f11de2/AIA_hasil_survey_aia_terhadap_tingkat_proteksi_masyarakat_2011_2_id.pdf, diunduh 6 Juli 2015, jam 14.22 WIB.

Chi, Hsin Kuang; Huerry Ren Yeh; Ya Thing Yang. (2009). “The Impact of Broadband Awareness on Consumer Purchase Intention: The Mediating Effect of Perceived Quality and Brand Loyalty,” The Journal of International Management Studies, Volume 4, Number 1, February.

Fer/ek, “Jumlah penduduk Kota Tangerang pada 2014 diperkirakan mengalami penurunan sekitar 198.237 jiwa” http://hariantangerang.com/news/2014/02/penduduk-kota-tangerang-berkurang-190000-jiwa

Hair, J.F.; Anderson; RE Tathom, R.L., and Black, WC. (2007). Multivariate Data Analysis. 6th. Pearson Internatioonal Edition. New Jersey: Prentice Hall

Kotler, Philip. (2003). Marketing Management. New Jersey: Prentice-Hall.

Kuncoro, Mudrajad.(2011). Metode Kuantitatif: Teori dan Aplikasi untuk Bisnis & Ekonomi. Edisi keempat. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Lawong, Niranapa; Pensri Jaroewanit. (2013). “Factors Influencing Intentions to Buy Long-Term Life Insurance of People in Northeast Thailand,” International Journal of Business and Management Studies, Volume 2 Nomor 2, pp. 557-572.

Nabil, Lianto. (2013). “Analisis Minat Beli Konsumen dalam Memilih Jasa Perhotelan (pada Hotel Wakisongo Surabaya),” hasil penelitian di Surabaya.

Port, Dan; LiGuo Huang. (nd).”Software Dependability Risks and the Insurance Process,” paper, University of Hawaii, Department of Information Management; University of Southern California.

Sandjaja dan Heriyanto. (2011). Panduan Penelitian. Edisi Revisi. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Sanjaya, Edwin.(2012).”Pengaruh Brand Equity terhadap Purchase Intention Melalui Brand Preference pada Produk PT. Sunlife Financial di Surabaya),” hasil penelitian di Surabaya..

Semuel, Hatane dan Adi Suryanata Lianto (2014). “Analisis e-WOM, Brand Image, Brand Trust dan Minat Beli Produk Smartphone di Surabaya,” hasil penelitian di Surabaya.

Shapiro, Adam; Corey Lee M. Keyes (2008). “Marital Status and Social-Well Being: Are the Married Always Better Off?”, Soc. Indic. Res, Vol. 88, pp. 329-346.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Syarifah, Fitri. (2013). “SBY: BPJS Lompatan Besar Sejak Indonesia Merdeka,” http://health.liputan6.com/read/788461/sby-bpjs-lompatan-besar-sejak-indonesia-merdeka, 31 Desember 2013, jam 10.57 WIB.




DOI: https://doi.org/10.52447/mmj.v4i1.715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.