ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MANGGA GADUNG MELALUI MEDIA SOSIAL DIWILAYAH TUBAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini mengkaji tentang strategi pemasaran manga gadung melalui media sosial di wilayah Tuban. Melalui analisis data penjualan, strategi pemasaran online, dan respon konsumen, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang mempengaruhi keberhasilan strategi online dalam penjualan mangga gadung. Metode penelitian yang diterapkan dalam studi ini adalah deskriptif kualitatif, di mana temuan tidak diperoleh melalui prosedur statistik, melainkan dengan tujuan mengungkap gejala secara komprehensif melalui konteks. Penelitian ini melibatkan serangkaian wawancara yang dilakukan pada tanggal 27 Desember 2023 dengan pedagang mangga gadung online dan konsumen. Pemilihan lokasi dilakukan secara sengaja berdasarkan pertimbangan potensi dan peluang budidaya mangga gadung oleh sekelompok petani di Rengel. Metode pengumpulan data melibatkan survei pendahuluan untuk memahami permasalahan, studi lapangan untuk pengamatan langsung, dan tiga metode pengumpulan data: wawancara dengan pengepul mangga gadung, anggota, dan konsumen. Hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan yang bagi pelaku bisnis dan pengambil keputusan di industri pertanian terkait untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas penjualan mangga gadung secara online di wilayah Tuban.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Media Sosial, Mangga Gadung, Tuban
ABSTRACT
This study examines the marketing strategy of mango gadung through social media in the Tuban region. Through the analysis of sales data, online marketing strategies, and consumer responses, this study aims to identify key factors that influence the success of online strategies in selling mango gadung. The research method applied in this study is descriptive qualitative, where findings are not obtained through statistical procedures, but rather with the aim of comprehensively uncovering symptoms through context. The research involved a series of interviews conducted on December 27, 2023 with online gadung mango traders and consumers. The location was purposively selected based on consideration of the potential and opportunities for mango gadung cultivation by a group of farmers in Rengel. Data collection methods involved a preliminary survey to understand the problem, field study for direct observation, and three data collection methods: interviews with gadung mango collectors, members, and consumers. The results of this study can provide insights for business people and decision-makers in the related agricultural industry to improve the efficiency and effectiveness of online sales of gadung mangoes in the Tuban region.
Keywords: Marketing strategy, media social, Mango Gadung, Tuban
Full Text:
PDFReferences
Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, dan Sauda Julia Merliyana. (2022), Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6 (1), 974-80. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.
Alves, H., Fernandes, C. and Raposo, M. (2016), Social media marketing: a literature review and implications, Psychology and Marketing, Vol. 33 No. 12, pp. 1029-1038, doi: 10.1002/mar.20936.
Ayoib, C. A., & Nosakhare, P. O. (2015). Directors culture and environmental disclosure practice of companies in Malaysia. International Journal of Business Technopreneurship, 5(1), 99-114
Badan Karantina Pertanian. 2013. Standar Teknis Perlakuan Hot Water Treatment, HWT.https://karantina.pertanian.go.id/fileman/Uploads/Documents/pusat%20KT%20dan%20KHN/Sandar_Teknis_Perlakuan_HWT_Fina.pdf. [21 Oktober 2019].
Balitkabi. 2018. Good Agriculture Practices Untuk Kemaslahatan Bersama. http://balitkabi.litbang.pertanian.go.id/berita/good-agriculture-practices-untuk-kemaslahatan-bersama/. [28 September 2019].
BPS. 2018. Badan Pusat Statistik. https://bps.go.id/site/resultTab. [8 Oktober 2018].
Chronic hepatitis B infection and risk of antituberculosis drug-induced liver injury: Systematic review and meta-analysis. Journal of the Chinese Medical Association, 79(7), 368-374
David R. Fred., Forest R. David. 2017. Konsep Manajemen Strategik: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Jakarta: Penerbit Salemba Empat: Edisi 15.
Dutot, V., & Litchy, J. (2019). The Role of Social Media in Accelerating the Process of Acculturation to the Global Consumer Culture: An Empirical Analysis. International Journal of Technology and Human Interaction (IJTHI) Vol.15, Issue.1, 65-84.
FAOSTAT. 2018. Food and agriculture organization of the United Nations. http://www.fao.org/faostat/en/#rankings/countries_by_commodity. [8 Oktober 2018].
Hasbullah, Rokhani., Agus Sutejo., Astu Unadi, Suparlan. 2008. Desain dan Kinerja Unit Perlakuan Uap Panas (VHT) Untuk Disinfestasi Lalat Buah Pada Penanganan Pascapanen Mangga. Jurnal Keteknikan Pertanian. Vol. 23 No.1, 2019.
Hermanto, B. (2012). Pengaruh Prestasi Trainin, Motivasi Dan Masa Kerja Teknisi Terhadap Produktivitas Teknisi Di Bengkel Nissan Yogyakarta, Solo, dan Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta
Kangrudi.202. Mangga gadung Tuban https://www.kangrudi.com/mangga-gadung-asal-tuban-yang-manis-harus-kamu-coba/. [14 November 2021].
Kristina. 2018. Sayuran Rejanglebong Peroleh Sertifikat Prima 3. http://hortikultura.pertanian.go.id/?P=3534. [28 September 2019].
Kurniawati, Dewi, & Arifin, Nugraha. (2015). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial dan Minat Beli Mahasiswa. Jurnal Simbolika, I, 193±198.
Liao, S. and Hsu, S. (2019), “Big data analytics for investigating Taiwan Line sticker social media marketing”, Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, Vol. 32 No. 2, pp. 589-606, doi. 10. 1108/APJML-03-2019-0211.
Muryati. 2017. Teknologi Budidaya Mendukung off Season Mangga. http://balitbu.litbang.pertanian.go.id/i mages/infopublik/rptpmangga2017.pdf. [21 Oktober 2019] Prospectiva 2020. 2015. Global Business Development Network. http://www. prospectiva2020.com/sites/default/ files/report/files/re_-mango march_2015.pdf. [19 September 2019]
Ningrum, Anita. (2020). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Google Classroom Era Pandemic Covid-19 Materi Tata Surya Pada Siswa Kelas Vii Mts Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020 Skripsi.
Purnama, IN., dkk. 2014. Strategi Peningkatan Pemasaran Mangga di Pasar Internasional. Jurnal Hortikultura. Vol. 24 No. 1, 2014
Purwanto, Deddy., Trikuntari Dianpratiwi., Sri Markumningsih. 2018. Analisis Penggunaan Alat Mesin Pertanian Berbasis Traktor Tangan Pada Kegiatan Perawatan Budidaya Tebu. Jurnal Agritech. Vol. 38 (3) 2018. Hal. 313-319.
Rangkuti, Freddy. 2018. Teknik Membedah Kasus Bisnis: Analisis SWOT. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Roeva, O. (2012). Real-World Applications of Genetic Algorithm. In International Conference on Chemical and Material Engineering. Semarang, Indonesia: Department of Chemical Engineering, Diponegoro University
Rohmawati, L. (2019). Pengaruh Pengawas dan Direksi Wanita Terhadap Risiko Bank Dengan Kekuasaan CEO Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Bank Umum Indonesia). Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(9), 26 - 42.
Smith, EE, Kahlke, R., & Judd, T. (2018). Dari penduduk asli digital (digital native) hingga literasi digital: Memperkuat praktik digital melalui desain pembelajaran.
Thomas, L., Wheelen. 1995. Strategic Management and Business Policy. 5 Ed. Addison-Wesley Publishing Company
Ward, S. 2010. Social Media Marketing, About.com. guide. (Online). (http://sbinfocanada.about.com/od/socialmedia/g/socmedmarketing.html.
DOI: https://doi.org/10.52447/mmj.v12i1.7627
Refbacks
- There are currently no refbacks.