PENGARUH STRATEGI CALL TO ACTION DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA CATERING DAPUR MAMAMOE (DPM)

Rizca Ajeng Arini

Abstract


ABSTRAK

Berkembangnya era digital ini berakibat munculnya banyak hal untuk mempermudah kita melakukan strategi pemasaran, salah satunya adalah Call To Action. Dalam hal ini Catering Dapur Mamamoe merupakan salah satu  UMKM yang telah menggunakan teknologi pemasaran digital yang telah memanfaatkan strategi Call To Action untuk meningkatkan minat beli pelanggan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh  strategi call to action dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen  di Catering Dapur Mamamoe (DPM) di Mojokerto. Metode penelitian menggunakan pendekatan Kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah para pelanggan Catering Dapur Mamamoe. Sampel dalam penelitian menggunakan pendekatan purposive sampling  dengan  jumlah sampel sebanyak  100 orang yang merupakan konsumen Catering Dapur Mamamoe.  Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji kesesuaian model (goodness of fit) dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Call to Action berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Strategi Call to Action dan kualitas produk  berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen.  Dengan demikian, penelitian ini memberikan gambaran yang jelas  mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen pada Catering DPM di Mojokerto.

Kata Kunci  : Strategi Call to Action, Kualitas Produk, Minat Beli

 

ABSTRACT

The development of this digital era has resulted in the emergence of many things to make it easier for us to carry out marketing strategies, one of which is Call To Action. In this case, Catering Dapur Mamamoe is one of the MSMEs that has used digital marketing technology that has utilized the Call To Action strategy to increase customer buying interest. The purpose of this study is to determine the effect of the call to action strategy and product quality on consumer buying interest at Catering Dapur Mamamoe (DPM) in Mojokerto. The research method uses a Quantitative approach. The population of this study were customers of Catering Dapur Mamamoe. The sample in the study used a purposive sampling approach with a sample size of 100 people who were consumers of Catering Dapur Mamamoe. The analysis methods used were validity, reliability, multiple linear regression analysis, goodness of fit and hypothesis testing. The results showed that the Call to Action strategy had a significant effect on consumer buying interest. Product quality had a significant effect on consumer buying interest. The Call to Action strategy and product quality had a significant effect on consumer buying interest. Thus, this study provides a clear picture of the factors that influence consumer purchasing interest in Catering DPM in Mojokerto.

Keywords : Call to Action Strategy, Product Quality, Purchase Interest


Full Text:

PDF

References


Ali, H. (2021). Karakteristik Call To Action Pada Landing Page Belgieproofficial. Com.

Assauri, S. 2013. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Rajawali Pers.

Evania, B. E., Kastaman, R., & Pujianto, T. (2021). Penggunaan Media Sosial Dengan Pendekatan Model Aida Bagi Roti Bund Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 5(2).

Kotler, P. and Keller, Kevin L. 2016: Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Karundeng, N., Kalangi, J. A. F., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Home Industri Pia Deisy Desa Kapitu Kecamatan Amurang Barat. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 8(2), 83–90.

Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Musnaini, et al. (2021). Manajemen Pemasaran. Sumatera Barat: Insan Cendekia Mandiri.

Prakarsa, S. (2021). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Di Optic Sun’s. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(1)

Soegoto, D, S., A.S. Soegoto., Rafdhi A, A. (2020). Measuring and Improving Online Transactions in Product Sales Businesses by Online In The Modern Era. Journal of Critical Reviews. ISSN- 2394-5125. Vol.7 (13), 2020.pp. 662-666.

Suprayanto & Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran, In Media, Yogyakarta.

Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran: Prinsip dan penerapan CV. Andi Offset.

Wijoyo, H., Cahyono, Y., Ariyanto, A., & Wongso, F. (2020). Digital economy dan pemasaran era new normal. Insan Cendekia Mandiri

Wati, P. A., Martha, A. J., & Indrawati, A. (2020). Digital Marketing. In Edulitera: Vol. (Issues 1–44).




DOI: https://doi.org/10.52447/mmj.v12i2.8017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.