IMPLEMENTASI DIGITALISASI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH ASURANSI SYARIAH PADA PT. ALLIANZ SURABAYA

Azzukhruf Jannah

Abstract


ABSTRAK

Kemajuan teknologi di era 4.0 telah mempengaruhi perubahan nilai-nilai masyarakat di Indonesia, terutama dalam manajemen pemasaran produk asuransi syariah. Penelitian ini menganalisis penerapan digitalisasi dalam manajemen pemasaran di PT Allianz Surabaya. Metode yang digunakan meliputi studi kasus, dengan pengumpulan data melalui wawancara, survei, dan analisis dokumen terkait pemasaran digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi meningkatkan efektivitas pemasaran, memperluas jangkauan pasar, dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Terlepas dari tantangan, seperti pemahaman asuransi syariah dan keamanan data, digitalisasi menawarkan peluang yang signifikan bagi PT Allianz untuk meningkatkan jumlah nasabah asuransi syariah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang dampak digitalisasi terhadap manajemen pemasaran di industri asuransi syariah.

Kata Kunci: Digitalisasi, Pemasaran, Jumlah Nasabah, Asuransi Syariah.

 

ABSTRACT

Technological advances in the 4.0 era have influenced changes in community values in Indonesia, especially in the marketing management of sharia insurance products. This study analyzes the implementation of digitalization in marketing management at PT Allianz Surabaya. The methods used include case studies, with data collection through interviews, surveys, and document analysis related to digital marketing. The results of the study show that digitalization increases marketing effectiveness, expands market reach, and provides a better customer experience. Despite challenges, such as understanding sharia insurance and data security, digitalization offers significant opportunities for PT Allianz to increase the number of sharia insurance customers. This study is expected to provide insight into the impact of digitalization on marketing management in the sharia insurance industry.

Keywords: Digitalization, Marketing, Number of Customers, Islamic Insurance.


Full Text:

PDF

References


Aulia Chintya Dewi Simamora, & Atika. (2022). Strategi Pemasaran Perusahaan Asuransi Takaful Keluarga Untuk Mendorong Generasi Milenial Menggunakan Produk Asuransi Syariah. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 1(2), 128–139. https://doi.org/10.56799/ekoma.v1i2.273

Clarissa, N. B., Rinitamy, & Triyono. (2020). Praktik Asuransi Kesehatan Digital Pada PT . Asuransi Allianz Life Cabang Semarang. Diponegoro Law Journal, 9(40), 500–516.

Hamdani, Y. (2016). Revolusi Asuransi Digital. Elex Media Komputindo.

Hikmayanti, H. (2017). Komunikasi Pemasaran Pada Pt Asuransi Allianz Life Indonesia Cabang Banjarmasin. At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(1), 13–27. https://doi.org/10.31602/atd.v1i1.792

Kasmir. (2007). Manajemen Perbankan. Raja Grafindo Persada.

Muklis, S. M. dkk. (2023). Asuransi Syariah (E. Diana Purnama Sari, S.E., M (Ed.); Pertama). PT Global Eksekutif Teknologi.

PT Allianz Indonesia. (n.d.). https://www.allianz.co.id

Sabda, P. F., Nubaiti, & Harahap, M. I. (2023). Implementasi Digitalisasi sebagai Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah Asuransi Syariah: Studi Kasus Kantor Prudential Cabang Binjai. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 3(1), 1311–1346.

Saleh, M. Y., & Said, M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. In CV SAH MEDIA, Makassar (Vol. 3).

Santi, M. (2018). Peran Perusahaan Asuransi Syariah Unit Link dalam Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia. EKSYAR: Jurnal Ekonomi Syari’ah & Bisnis Islam, 6(2), 93–112. http://ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/Eksyar/article/view/359

Solehudin, S., Deni, A., Kuswibowo, C., Erfina, E., Oktavianty, O., Biomi, A. A., Irmawati, I., Sudiyarti, S., Anwar, M., & Sonani, N. (2023). Digitalisasi Manajemen Organisasi.

Sulistianti, A., Fauzia, N. E., & Mujahid, I. (2020). Pengaruh Digital Marketing terhadap Minat Masyarakat Berwakaf Polis Asuransi. Hukum Ekonomi Syariah, 288–290. http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/22090

Wawancara senior business partner PT Allianz. (n.d.).

Wibowo, H. M., Khie, S., Santri, A., & ... (2022). Implementasi Strategi Pemasaran Digital Pada Industri Asuransi Jiwa &Kesehatan: Studi Kasus Sequis Life. Equilibrium Point: Jurnal …, 5(1), 12–22. https://www.journal.stimaimmi.ac.id/index.php/EBP/article/view/172/0

Yazid, H. M., Surat, B., & Rektor, K. (2015). Asuransi Syariah Di Indonesia ( Implementasi Asuransi Syari ’ ah di Prudential Syari ’ ah Surabaya Dalam Perspektif Hukum Islam ).




DOI: https://doi.org/10.52447/mmj.v12i2.8018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.