PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA UMKM DI INDONESIA

Triyanita Triyanita, Dheo Rimbano, Hazarona Hazarona, Desi Ratnawati, Irma Idayati

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  pengaruh kualitas produk dan strategi pemasaran terhadap kepuasan pelanggan pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. UMKM memainkan peran penting dalam perekonomian nasional, namun menghadapi tantangan dalam mempertahankan kepuasan pelanggan di tengah persaingan yang semakin ketat. Kualitas produk yang baik dan strategi pemasaran yang efektif menjadi kunci untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan systematic literature review untuk mengidentifikasi dan menganalisis literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan  terhadap kepuasan pelanggan. Strategi pemasaran berpengaruh signifikan   terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas produk dan strategi pemasaran berpengaruh signifikan  terhadap kepuasan pelanggan.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Strategi Pemasaran, Kepuasan Pelanggan, UMKM.

 

ABSTRACT

The purpose of this study is to determine the effect of product quality and marketing strategy on customer satisfaction in Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in Indonesia. MSMEs play an important role in the national economy, but face challenges in maintaining customer satisfaction amidst increasingly tight competition. Good product quality and effective marketing strategies are the keys to increasing customer satisfaction. This study uses a systematic literature review approach to identify and analyze related literature. The results of the study indicate that product quality has a significant effect on customer satisfaction. Marketing strategy has a significant effect on customer satisfaction. Product quality and marketing strategy have a significant effect on customer satisfaction.

Keywords: Product Quality, Marketing Strategy, Customer Satisfaction, MSMEs                               


Full Text:

PDF

References


Abbas, F. I., & Riono, S. B. (2023). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan pada Toko Kue Karmila Cake and Bakery Ciledug. 1.

Abdirrahman, A. W., & Sumiati, S. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index Untuk Menentukan Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT Di Kafe XYZ. Juminten, 2(3), 143–154. https://doi.org/10.33005/juminten.v2i3.251

Al Hidayat, R., Charolina, O., & Afriani, W. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Harga Lokasi dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Kue AHK Keju di Kecamatan Teluk Segara. Jurnal Administrasi Bisnis Nusantara, 3(1). https://doi.org/10.56135/jabnus.v3i1.158

Amrulloh, Y., & Dahruji, D. (2023a). Pengaruh Harga, Label Halal Dan Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Produk Bakso Aci Taubat Food. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(2), 682–697. https://doi.org/10.31955/mea.v7i2.3122

Amrulloh, Y., & Dahruji, D. (2023b). Pengaruh Harga, Label Halal Dan Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Produk Bakso Aci Taubat Food. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(2), 682–697. https://doi.org/10.31955/mea.v7i2.3122

Anggraini, R. R., & Hermawan, H. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Umkm Global Bakery Parung Bogor. 14.

Aprita Nur Maharani, R., & Ali Alam, I. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Selama Pandemi Covid-19 Pada Kebab Salahuddin. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1(4), 235–242. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i4.22

Cahya, A. D., Marthasari, A., Annisa, P., & Wulandari, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada UMKM Baso Aci Ena Yogyakarta). 7(2).

Deviyanti, S., Misbach, I., & Siradjuddin, S. (2024). The Role Of Sharia Marketing In Indonesia: A Systematic Literature Review. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(1), 229. https://doi.org/10.29040/jiei.v10i1.12373

Dewa Tegar Pramudita,2. (2022a). Determinasi Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan: Harga Dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran).

Dharman Dharman. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Strategi Pemasaran Syariah,Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Kepercayaan Konsumen Pada UMKM Mohawi Konawe Kepulauan. Journal of Management and Creative Business, 2(2), 209–228. https://doi.org/10.30640/jmcbus.v2i2.2343

Faza, A. F. (t.t.). Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Koperasi Simpan Pinjam Prima Adhi Sentosa Surabaya.

Handayani, R. (t.t.). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Sabun Merk Biore Pada PT. Pulau Indah Jaya Banjarmasin.

Haris, M., & Kurniasari, I. H. (t.t.). Analisa Kualitas Produk Pada UMKM Kripik Singkong.

Iqbal, M., & Ds, A. H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Bakoel Eskrim Cabang Tembalang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 343–350. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.26441

Irawati, Z., & Setiawan, D. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran Digital, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Mie Gacoan. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i3.517

Khotim. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, Dan Emosional Terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi Zio Jombang.

Lestari, N. I., & Iswati, H. (2021). The Effect Of Smes Product Quality And Social Media On Repurchase Interest With Customer Satisfaction As An Intervening Variable. Jurnal Akuntansi, 6(1).

Maulana, R., & Saputri, M. E. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Mie Gacoan Karawang. Jurnal Lentera Bisnis, 13(1), 304. https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i1.997

Muhammad Al Zidane, Imam Baidlowi, & Agoes Hadi Purnomo. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada UMKM Dapur Keyra Kec. Puri Kab. Mojokerto. Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen dan Inovasi Riset, 1(5), 121–134. https://doi.org/10.61132/lokawati.v1i5.135

Nabilah dan Luki Hernando (2023). Customer Relationship Management (CRM) pada UMKM Indonesia – Literature Review.

Oktavianus, L. (t.t.). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan Dan Customer Value Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Springbed Procella Di Palembang.

Pusporini, P., Handayani, T., & Aryani, L. (2022). Strategi Pemasaran Produk UMKM di Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan – Banten. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 44–56. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.532

Putra, R. (2021). Determinasi Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 516–524. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4.461

Ratri Dwi Euisnawati, Komala, N., & Endah Prawesti Ningrum. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bimba Solusi Kids Unit Candrabaga Bekasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Manajemen, 18(2), 128–137. https://doi.org/10.31599/jiam.v18i2.1536

Rizkiani, A. N., Kamal, B., & Sulistyowati, D. (t.t.). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Umkm Fotocopy Pelangi Desa Buniwah Kabupaten Tegal.

Rosita, E. D. (t.t.). Pengaruh Citra Merek, Strategi Pemasaran Dan Mutu Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan KFC Manyar Kertoarjo Surabayasaat Pandemi Covid 19. 1.

Rustanti, D., Dita Purbowati, Amalia Haris, P., Gracela, Y., & Ariska Lubis, Y. (2023a). Literature Review Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Produk dan Kinerja Karyawan (Studi Kasus Erigo Store). Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(4), 823–838. https://doi.org/10.38035/jim.v1i4.127

Rustanti, D., Dita Purbowati, Amalia Haris, P., Gracela, Y., & Ariska Lubis, Y. (2023b). Literature Review Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Produk dan Kinerja Karyawan (Studi Kasus Erigo Store). Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(4), 823–838. https://doi.org/10.38035/jim.v1i4.127

Sinollah, S., & Khilmi, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan di Lumbung Stroberi Kota Batu. Sketsa Bisnis, 9(2), 2014–2225. https://doi.org/10.35891/jsb.v9i2.3297

Tain, M. N. (2020). Analisis Kualitas Produk Kerajinan Limbah Kayu Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Pendekatan Customer Satifaction Index Dan Kano Model Studi Kasus UMKM Succes Creative Desa Donorejo. Jurnal DISPROTEK, 11(1), 23–40. https://doi.org/10.34001/jdpt.v11i1.1065

Wicaksono, D. A., Laksanawati, T. A., & Ningsih, D. B. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Serta Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bakso Pak Miad Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Value, 2(2), 91–100. https://doi.org/10.36490/value.v2i2.220

Widyastuti, R., Ganefri, Yulastri, A., Suryani, K., & Fitri Rahmadani, A. (2023). Strategi Pemasaran Online terhadap Kepuasan Konsumen Penggemar Fresh Milk. Indonesian Journal of Computer Science, 12(6). https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i6.3497

Yesi Darma Putri. (2022b). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Krecek Krupuk Uyel UD. Sinar Harapan.

Yogia, M. A. (2024a). Pengaruh Strategi Pemasaran One Stop Shopping Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Di Sukaramai Trade Center (STC) Pekanbaru. 2.

Yogia, M. A. (2024b). Pengaruh Strategi Pemasaran One Stop Shopping Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Di Sukaramai Trade Center (STC) Pekanbaru. 2.

Yuliza, M., & Mursalini, W. I. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan E Commerce Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Azzahra Cake Di Kecamatan Kinali. 06(02).

Yuni, E. (t.t.). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan.

Zakaria, D. P. M. (t.t.). Efek Dari Strategi Pemasaran Terhadap Meningkatnya Kepuasan Konsumen.




DOI: https://doi.org/10.52447/mmj.v12i2.8021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.