
Analisis Jumlah Lulusan SLTA dan Sarjana terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka di Indonesia
Abstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh lulusan Sekolah Menengah Atas (SLTA) dan Sarjana terhadap tingkat pengangguran di Indonesia tahun 2019–2024. Metode deskriptif kuantitatif yang digunakan adalah data sekunder dari Badan Pusat Statistik (BPS). Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lulusan SMA secara parsial mempengaruhi tingkat pengangguran, sedangkan lulusan Sarjana tidak mempengaruhi tingkat pengangguran. Secara simultan lulusan SLTA dan lulusan sarjana berpengaruh terhadap tingkat pengangguran. Temuan ini menekankan pentingnya peningkatan kualitas pendidikan dan keterampilan kerja lulusan untuk menurunkan tingkat pengangguran di Indonesia.
Kata kunci: Lulusan SLTA, Lulusan Sarjana, Tingkat Pengangguran
ABSTRACT
This study examines the influence of high school (SLTA) and bachelor's degree graduates on the unemployment rate in Indonesia from 2019 to 2024. The quantitative descriptive method used was secondary data from the Central Statistics Agency (BPS). Data analysis used multiple linear regression with SPSS. The results show that high school graduates partially influence the unemployment rate, while bachelor's degree graduates do not. Both high school and bachelor's degree graduates simultaneously influence the unemployment rate. These findings emphasize the importance of improving the quality of education and job skills of graduates to reduce the unemployment rate in Indonesia.
Keywords: High School Graduates, Bachelor's Degree Graduates, Unemployment Rate
Full Text:
PDFReferences
Adam, D., Olilingo, F. Z., & Santoso, I. R. (2022). Analisis Pengaruh Pendidikan Dan Pengangguran Terhadap Kemiskinan Di Kawasan Kerjasama Utara-Utara. Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo, 8(1), 97–111. Https://Doi.Org/10.35906/Jep.V8i1.1039
Alda Maylapattra, A. F. (2023). Pengaruh Kualitas Pendidikan Terhadap Tingkat Pengangguran Di Provinsi Jawa Barat Tahun 2017-2021. Https://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Jpei, 5(2), 123–134.
Br. Saragih, M. T., & Usman, H. (2022). Analisis Pengangguran Usia Muda Di Pulau Jawa Sebelum Dan Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Studi Pemuda, 10(2), 99. Https://Doi.Org/10.22146/Studipemudaugm.69484
Cahyaningtyas, A. S., & Aeni, A. N. (N.D.). Pengaruh Perkembangan Teknologi Pada Era Revolusi Industri 4.0 Terhadap Sumber Daya Manusia Dan Ketenagakerjaan Di Pasar Tenaga Kerja.
Eric Yosua Malentang, Een N. Walewangko, H. F. D. Si. (2022). Pengaruh Pengangguran Dan Pendidikan Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Kota Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 22(6), 133–144.
Fahri, Jalil, A., & Kasnelly, S. (2020). Meningkatnya Angka Pengangguran Di Tengah Pandemi (Covid-19). Al-Mizan: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(2), 45–60. Http://Www.Ejournal.An-Nadwah.Ac.Id/Index.Php/Almizan/Article/View/142
Frisnoiry, S., Sihotang, H. M. W., Indri, N., & Munthe, T. (2024). Analisis Permasalahan Pengangguran Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi, 17(1).
Iswahyudi, J. S., Darsyah, M. Y., & Rahayu, U. S. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Jumlah Pengangguran Di Kota Semarang. 14, 63–65. Https://Doi.Org/10.15900/J.Cnki.Zylf1995.2018.02.001
Karisma, A., Subroto, W. T., & Hariyati, H. (2021). Pengaruh Pendidikan Dan Investasi Terhadap Pengangguran Di Jawa. Journal Of Economic, Bussines And Accounting (Costing), 5(1), 441–446. Https://Doi.Org/10.31539/Costing.V5i1.2620
Khairunnisa. (2021). Analisis Pengaruh Tingkat Pendidikan, Jumlah Penduduk, Dan Pdrb Terhadap Tingkat Pengangguran (Studi Kasus Di Kota Tangerang Selatan Tahun 2012-2020). 2021.
Khodijah Ishak, Sh.I, M. E. S. (2007). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengangguran Dan Inflikasinya Terhadap Indeks Pembangunan Di Indonesia. Ятыатат, Вы12у(235), 245. Http://Digilib.Unila.Ac.Id/4949/15/Bab Ii.Pdf
Latifa, I., & Pribadi, F. (2022). Peran Lembaga Pendidikan Nonformal Dalam Mengatasi Pengangguran Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha, 3(3), 137–146. Https://Doi.Org/10.23887/Jpsu.V3i3.45781
Mahdi, A. A. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Skill Terhadap Pengangguran Terdidik Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Digilib.Uin-Suka.Ac.Id, 1–54. Http://Digilib.Uin-Suka.Ac.Id/20856/1/12810061_Bab-I_Iv-Atau-V_Daftar-Pustaka.Pdf
Paramita, A. (2023). Faktor Pendidikan Mempengaruhi Tingkat Pengangguran ( Studi Kasus Di Kota Makassar Sulawesi Selatan ). Bijac: Bata Ilyas Journal Of Accounting, 4(3), 55–69. Https://Www.Journal.Stieamkop.Ac.Id/Index.Php/Bijak/Article/View/6315
Pertiwi, P. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Tenaga Kerja Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi, Hlm.23.
Salsabila, N. A., Andriani, S., Mirisda, Nohe, D. A. (2022). Analisis Pengaruh Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja Dan Indeks Pembangunan Manusia Terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka Menggunakan Regresi Probit Dan Logit. (2), 345-353.
Saragih, V. R., Sinaga, K., Sianipar, H. F., & Meyana, D. P. (2024). Penyuluhan Pentingnya Pendidikan Di Kalangan Generasi Muda Di Nagori Siatasan. 5(2), 1926–1930.
Siburian, E. S., Syafitri, M. D., Muliana, R. S., Maipita, I., & Rinaldy, M. (2024). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Pengangguran Di Indonesia. Jalakotek: Journal Of Accounting Law Communication And Technology, 1(2), 706–713. Https://Doi.Org/10.57235/Jalakotek.V1i2.2586
Sirilius, S. (2015). Hubungan Antara Pendidikan, Penganggran, Dan Pertumbuhan Ekonomi Dengan Kemiskinan. 151, 10–17.
Sumantri, D., Subijanto, Siswantari, Sudiyono, & Warsana. (2017). Pengelolaan Pendidikan Kejuruan: Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 4 Tahun. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan Dan Kebudayaan, Balitbang, Kemdikbud.
Syaadah, R., Ary, M. H. A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2023). Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal Dan Pendidikan Informal. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 125–131. Https://Doi.Org/10.56832/Pema.V2i2.298
Syahidah, A., Aziz, A., S, D. R., & Suhana, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Bagi Generasi Muda Di Wilayah Kecamatan Walantaka Kota Serang Provinsi Banten. 1(3), 242–252.
Tasya, N., Syamsurizal, Arsih, F., & Anggriyani, R. (2023). Analisis Kontribusi Indikator Pendidikan Terhadap Indeks Pembangunan Manusia (Ipm). Validitas Modul Ajar Hereditas Manusia Berbasis Problem Based Learning (PBL), 4, 242–250.
Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. Https://Doi.Org/10.33387/Bioedu.V6i2.7305
Widodo. (2019). Metodologi Penelitian Populer & Praktis. PT. Rajagrafindo Persada.
DOI: https://doi.org/10.52447/mmj.v13i1.8524
Refbacks
- There are currently no refbacks.