PENGARUH KUALITAS SISTEM PERPAJAKAN DAN SOSIALISASI PERPAJAKAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA E-FILING DENGAN KEPERCAYAAN TERHADAP OTORITAS PERPAJAKAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Nur Anisa Putri, Sihar Tambun

Sari


ABSTRAK

 

Kepuasan wajib pajak pengguna ­e-filing merupakan gambaran dari keselarasan antara harapan seorang wajib pajak dan hasil yang diperoleh dari adanya suatu sistem perpajakan. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh kualitas sistem perpajakan dan sosialisasi perpajakan terhadap kepuasan pengguna e-filing. Total sampel adalah 75 responden dengan memakai metode angket. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa kualitas sistem perpajakan dan sosialisasi perpajakan berpengaruh positif pada kepuasan pengguna e-filing dengan kepercayaan terhadap otoritas perpajakan sebagai variabel moderating.

Hasil penelitian ini yaitu adanya pengaruh signifikan kualitas sistem perpajakan terhadap kepuasan pengguna e-filing, pengaruh sosialisasi perpajakan tidak signifikan terhadap kepuasan pengguna e-filing, pengaruh kualitas sistem perpajakan dan sosialisasi perpajakan tidak signifikan terhadap kepuasan pengguna e-filing, kepercayaan terhadap otoritas perpajakan tidak dapat memoderasi pengaruh kualitas sistem perpajakan terhadap kepuasan pengguna e-filing, kepercayaan terhadap otoritas perpajakan tidak dapat memoderasi pengaruh sosialisasi perpajakan terhadap kepuasan pengguna e-filing.

Kata kunci: Kualitas Sistem Perpajakan, Sosialisasi Perpajakan, Kepuasan Pengguna E-filing, Kepercayaan terhadap Otoritas Perpajakan.

 

ABSTRACT

                    Taxpayer user satisfaction e-filing is a description of the alignment between the expectations of a taxpayer and the results obtained from the existence of a tax system. This study aims to examine the effect of tax system quality and tax dissemination on e-filing user satisfaction. The total sample is 75 respondents by using questionnaire method. Data were collected by questionnaire. The results of the test show that the quality of taxation system and tax socialization have a positive effect on the satisfaction of e-filing users with the trust of the tax authorities as moderating variables.

                    The result of this research is the influence of the quality of tax system to the satisfaction of e-filing users, the influence of tax dissemination is not significant to the satisfaction of e-filing users, the influence of the quality of taxation system and the socialization of taxation is not significant to the satisfaction of e-filing users, can moderate the influence of the quality of the tax system on e-filing user satisfaction, the trust of the tax authorities can not moderate the influence of tax dissemination on the satisfaction of e-filing users

Keywords: Quality of Taxation System, Socialization of Taxation, User Satisfaction of  E-filing, Trust to Taxation Authority.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ali Irsan dan Maria g Wi Vol 8 No 1 2016. Pengaruh kepatihan wajib pajak hotel dan restoran terhadap penerimaan pajak daerah (studi pada dinas pendapatan daerah kota Malang)

Alifa Nur Rohmawati dan Ni Ketut Rasmini. 2012. Pengaruh Kesadaran Penyuluhan, Pelayananm dan Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. E-jurnal Akuntansi Universitas Unadaya. Vol 1, No.2 Desember 2012.

Azhar Susanto. 2009, “Sistem Akuntansi Prosedur dan Metode’, Yogyakarta: BPFE

Chen, C.W. 2010 Impact of Quality Antecendents on Taxpayer Satisfaction with Online Tax-Filing Systems-An Empirical Study. Information & Management, 47 (5-6): 308-315

De Lone, W.H., dan McLean, E.R (2003), The DeLone and McLane of Information Systems Success: a ten-year update”, Journal of Management Information Systems, Vol.19, No 4, hal , 9-30.

Fred, L. P. and Frey, B. S., (2007), “Tax Compliance as the Result of Psycological Tax Contract: The Role of Incentives and Responsive Regulation”. Volume 29, Issue 1, LAW & POLICY.

Jogiyanto, 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset

Jogiyanto, H.M., 2005, Analisa Dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, ANDI, Yogyakarta

Kirchler, E., Hoelzl, E., dan Wahl, I. 2008 Enforced Versus Voluntary Tax Compliance: “The Slippery Slope” Framewwork. Journal of Economic Psychology, 210-225

McLeod, Jr., Raymond: Schell, George P. 2011 Sistem Informasi Manajemen (Terjemahan) jakarta: PT Gramedia

Nadeak, Reanuli. 2012. Pengaruh Kualitas Sistem E-Registration terhadap Kepuasan Pengguna dan Kepatuhan Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Cimahi. Bandung: Universitas Sahid.

Rai, A., Sandra S. Lang dan Robert B. Welker (2002). Assessing the validity of IS success models: An empirical test and theoritical analysis. Information Systems Research, 13, 1, 50-69

Siahaan, Mariot Pahala. 2013. Edisi Revisi pajak daerah & retribusi Daerah. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Surjati et al, Analisis Sistem integrasi jaringan wifi dengan jaringan gsm indoor pada lantai basement balai sidang jakarta concention centre.

Susanto, Herry., 2012. “Juara II Lomba Artikel Pajak Nasional Direktorat Jendral Pajak”. Melalui www.pajak.go.id Diakses 2 Juli 2018, 22.00 WIB

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2005). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: C.V AndiOffset

Tjiptono, Fandy. 2005 Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia

Venkatesh, V., Davis, F.D. (2000). A Theoritical Extension of The Technology Acceptance Model: Four Longitudinal Field Studies. Management Science, 46 (2), 186 -204

Yovita Widyadinata Dan Agus Arianto Toly (2014). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Ketepatan Waktu, Dan Kerahasiaan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Pengguna E-filing, Tax& Accounting Review. Vol 4, No 1, 2014.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##