PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK DAN CITRA MEREK SMARTPHONE XIAOMI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KOTA JAKARTA UTARA
Sari
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diferensiasi produk dan citra
merek smartphone Xiaomi terhadap kepuasan konsumen di kota jakarta utara. Populasi
dalam penelitian ini adalah para pengguna smartphone merek xiaomi di kota jakarta utara,
dengan metode pengambilan sampel adalah probability sampling. Sampel yang diperoleh
sebesar 100 responden. Data yang diperoleh dianalisi dengan menggunakan teknik analisis
structural equation model (SEM) dengan alat uji statistik PLS (Partial Least Square) melalui
software SmartPLS . Data yang dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan
reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukan hasil yang signifikan antara diferensiasi produk
(X1) Smartphone Xiaomi terhadap kepuasan konsumen (Y) di kota Jakarta Utara, karna hasil
dari T-statistic pada Path Coefficients yaitu 6,320 dan P-Value sebesar 0,000. Nilai T-statistic
> 1,96 dan nilai P-Value < 0,05. Dan juga menunjukan hasil yang signifikan antara citra merek
(X2) smartphone Xiaomi terhadap kepuasan konsumen (Y) di kota Jakarta Utara, karna hasil
dari T-Statistic pada path coefficients yaitu 7,116 dan P-Value sebesar 0,000. Nilai T-statistic >
1,96 dan nilai P-Value < 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa variabel citra merek adalah
variabel yang dominan dalam mempengaruhi kepuasan konsumen di Kota Jakarta Utara.
Kata kunci: Diferensiasi Produk, Kepuasan Konsumen, dan Citra Merek
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of product differentiation and Xiaomi
smartphone brand image on the success of the company which is moderated by consumer
satisfaction in the city of North Jakarta. The population in this study is the Xiaomi smartphone
brand users in the city of North Jakarta, with the sampling method is probability sampling.
Samples obtained by 100 respondents. The data obtained were analyzed using structural
equation model (SEM) analysis techniques with PLS (Partial Least Square) statistical test
through SmartPLS software. Data collected with a questionnaire that has be en tested for
validity and reliability. The results showed significant results between product differentiation
(X1) of Xiaomi Smartphones on consumer satisfaction (Y) in the city of North Jakarta, because
the results of the T-statistics on Path Coefficients were 6,320 and a P- Value of 0,000. Tstatistic value> 1.96 and P-value <0.05. And it also shows significant results between the
brand image (X2) of Xiaomi smartphones onconsumer satisfaction (Y) in the city of North
Jakarta, because the results of the T- Statistic on the path coefficients are 7,116 and a PValue of 0,000. T-statistic value> 1.96 and P-value <0.05. It can be concluded that the brand
image variable is the dominant variable in influencing consumer satisfaction in North Jakarta.
Keywords: Product Differentiation, Consumer Satisfaction, and Brand Image
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Dan, R. P. (2006). Soviadi nor rachman nim.c4a 004190.
Dewi, ratna sari, & Yani, ari soeti. (2018). Pengaruh Plant Layout Dan Strategi Lokasi
Terhadap Kesuksesan Usaha Pada PT. Taman Impian Jaya Ancol Jakarta. Jurnal Online
Internasional & Nasional, 6(2), 30–44.
https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Diab, B. (2009). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan
Pelanggan Dalam Meningkatkan Retensi Pelanggan (Studi Kasus pada Gies Batik
Pekalongan). Jurnal Manajemen Pemasaran, 1–87.
Alma, Buchari. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta, 2007.
Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi, Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada, 2011
Fridayanthie, E. wida. (2016). IOSR Journal of Economics and Finance, 3(1), 56.
https://doi.org/https://doi.org/10.3929/ethz-b-000238666
Anisa Rimayati NIM Jurusan Approved. (2009). Analisis Pengaruh Diferensiasi Produk Dan Citra
Merek Terhadap Keputusan Pembelian Honda Supra X125 Pada PT. Astra Motor Slawi
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran. Edisi kedua belas, PT Indeks,
Kotler, Philip dan Susanto. Manajemen Pemasaran di Indonesia, Edisi Pertama Jakarta:
Salemba Empat, 2001
Kosalim, V., Goh, T. S., & Margery, E. (2019). Pengaruh Differensiasi Produk Dan Citra Merek
Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pt Parewa Aero Catering Medan. 5(1).
https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.
Lasander, C. (2013). Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosi Pengaruhnya Terhadap
Kepuasan Konsumen Pada Makanan Tradisional. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen,
Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 284–293. https://doi.org/10.35794/emba.v1i3.2024
Tjiptono, Fandy, dkk. Pemasaran Strategik: Mengupas topik utama Pemasaran Strategik,
Branding Strategy, Customer Satisfaction, trategi Kompetitif, Hingga E-Marketing,
Yogyakarta: Andi, 2008
Merek, M., Di, L., & Samarinda, D. I. F. (2016). Pengaruh citra merek dan kualitas produk
terhadap kepuasan pelanggan sabun mandi merek lifebuoy di footmart di foodmart
samarinda. 4(1), 76–87.
Suwandi, Sularso, A., & Suroso, I. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga Dan Citra Merek
Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pos Ekspres Di Kantor Pos Bondowoso
Dan Situbondo. JEAM Vol XIV April 2015, XIV(April 2015), 68–88.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.licenseURL##: https://scholar.google.com/citations?user=260p8CYAAAAJ&hl=en