MODERASI STRATEGI PROMOSI ATAS PENGARUH KEUNIKAN ACARA DAN KETETAPAN LOKASI TERHADAP VALUE CREATION DI CITAYAM FASHION WEEK
Sari
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis moderasi strategi promosi atas pengaruh keunikan acara dan ketepatan lokasi terhadap value creation citayem fashion week. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 160 responden yang merupakan mahasiswa dari universitas yang berbeda. Cakupan responden didasarkan pada pendekatan Hair. Teknik pengumpulan data menggunakan simple random sampling dengan menyebarkan kuesioner penelitian dalam format Google kemudian membagikannya di media sosial. Metode pengolahan data penelitian ini menggunakan software Smart PLS (Partial Least Square) yang digunakan untuk pengujian hipotesis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sebuah fenomena yang ada pada era modern yaitu citayam fashion week. Penelitian ini menunjukan atas beberapa variabel yaitu ada strategi promosi yang tepat terhadap dunia fashion, variabel keunikan acara yang menjelaskan tentang adanya keunikan dalam acara citayam fashion week, variabel ketepatan lokasi yang menjelaskan tentang sebuah ketetapan terhadap suatu acara yang diselenggarakan, dan yang terakhir ada variabel value creation yang dimana membahas bagaimana caranya dapat menumbuhkan suatu value kreasi terhadap masyarakat dengan menggunakan fenomena yang sedang tren pada era globalisasi ini. Maka dapat diarahkan penelitia ini bertujuan untuk menganilisis ketertarikan, minat dan perkembangan masyarakat terhadap suatu tren citayam fashion week pada era fashion modern ini.
Kata kunci : Strategi Promosi, Keunikan Acara, Ketepatan Lokasi, Value Creation
ABSTRACT
The purpose of this study was to test and analyze the moderation of the promotion strategy on the influence of the uniqueness of the event and the accuracy of the location on the value creation of Citayem Fashion Week. The sample in this study consisted of 160 respondents who were students from different universities. Respondent coverage is based on the Hair approach. The data collection technique used simple random sampling by distributing research questionnaires in Google format and then sharing them on social media. The research data processing method uses Smart PLS (Partial Least Square) software which is used for hypothesis testing. This study aims to analyze a phenomenon that existed in the modern era, namely Citayam Fashion Week. This study shows several variables, namely there is an appropriate promotional strategy for the world of fashion, the event uniqueness variable which explains the uniqueness of the Citayam Fashion Week event, the location accuracy variable which describes a provision for an event being held, and finally there is the value variable. creation which discusses how to foster a creative value for society by using phenomena that are trending in this globalization era. So it can be directed that this research aims to analyze the interest, interest and development of society towards a trend of Citayam Fashion Week in this modern fashion era.
Keywords: Promotion Strategy, Event Uniqueness, Location Accuracy, Value Creation
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Amalina, H. N. (2021). Analisis Pengaruh Social Media Marketing, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Masa Pandemi Covid-19.
Bimrew Sendekie Belay. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Distro Bandung Clothing, 1(8.5.2017), 2003–2005.
Faradhilla, N. A. (2021). Pengaruh Merek, Harga, Kualitas Produk dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal dengan Religiusitas Sebagai Variabel Intervening. In Asy Syar’Iyyah: Jurnal Ilmu Syari’Ah Dan Perbankan Islam (Vol. 5, Nomor 2).
Fauzan, A. (2022). Citayam Fashion Week Bentuk Artikulasi Kultural dan Identitas Fashion Anak Muda -. Universitas Airlangga, 3, 111–118. https://www.unair.ac.id/2022/07/22/citayam-fashion-week-bentuk-artikulasi-kultural-dan-identitas-fashion-anak-muda/
Hutagalung, S. A., Aditi, B., Fahlevi, A., Bisnis, F. E., Medan, U. H., Bisnis, F. E., Medan, U. H., Bisnis, F. E., & Medan, U. H. (2022). Pengaruh Kapabilitas Relasi Terhadap Penciptaan Nilai Dan Kinerja Pemasaran Dengan Kapabilitas Pemasaran Dinamis Sebagai Variabel Moderasi. 24–34.
Putri, Hafifah Mesayu Dien,. Syarief, Nobelson, P. (2021). Pengaruh Harga Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Brand Lokal. Business Management, Economic, and Accounting, 2.
Rachman, T. (2020). Pengaruh Konflik Pekerjaan-Keluarga dan Etika Kerja Islami Terhadap Kinerja Keryawan : Peran Mediasi Motivasi Kerja(Studi Pada Karyawan Perempuan Bank Jateng Syariah Se-Jawa Tengah). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.
Ratuzzahrah, D., Gabriella, S., Whinarko, & Kurniawati, K. (2021). Determinan Brand Engagement in Self-Concept (BESC): Produk Fast Fashion. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 66–83. www.statista.com
Sanjaya, F. A., Ambarwati, R., & Lesmanawati, D. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Electronic Word Of Mouth (Studi Kasus: Konsumen Kedai “Ikhtiar” Banjarbaru). Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), 82–89. https://doi.org/10.35130/jrimk.v6i2.354
Setyawan, M. A. (2022). Jurnal Ekonomika dan Bisnis. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis, 8(2), 27–41.
Sudrartono, T. (2019). Pengaruh Segmentasi Pasar Terhadap Tingkat Penjualan Produk Fashion Usaha Mikro Kecil. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 55–66. http://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/view/40
Taan, H., Radji, D. L., Rasjid, H., & Indriyani. (2021). Social Media Marketing Untuk Meningkatkan Brand Image. Journal of Management & Business, 4(1), 315–330. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i1.1268
Tarida Alvina Simanjuntak, Marlina Akris Tambunan, Natalina Purba, Juni Agus Simarene, N. A. S. (2022). Analisis Wacana Kritis Model Teun A. Van Dijk pada Surat Kabar E-Paper Harian Analisa Tajuk “Citayam Fashion Week Kaum Muda Pinggiran, Duta Local Pride.” Sintaks, 2(2), 168–174.
Wayan, N., Sudiartini, A., Indiani, N. L., Luh, N., Sriwidani, D., Management, S., Ekonomi, F., & Mahendradatta, U. (2022). Pengaruh Himbauan Gubernur Bali Tentang Penggunaan Baju Endek Terhadap Peningkatan Produksi, Penjualan Dan Trend Fashion Endek Bali. Bad. 8(1), 37–50.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.licenseURL##: https://scholar.google.com/citations?user=260p8CYAAAAJ&hl=en