PENGARUH KEUNGGULAN PRODUK DAN PROSES STERILISASI TERHADAP MINAT KONSUMEN AIR MINERAL DENGAN STANDAR KELENGKAPAN PRODUK SEBAGAI PEMODERASI

Riris Rotua Sitorus, Ayu Dwi Astuti

Sari


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh keunggulan produk dan proses sterilisasi terhadap minat konsumen air mineral dengan standar kelengkapan produk sebagai pemoderasi. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 200 responden yang merupakan mahasiswa dari universitas yang berbeda. Cakupan responden didasarkan pada pendekatan Hair. Teknik pengumpulan data menggunakan simple random sampling dengan menyebarkan kuesioner penelitian dengan google form, kemudian membagikannya di media sosial. Metode pengolahan data penelitian ini menggunakan software Smart PLS (Partial Least Square) yang digunakan untuk pengujian hipotesis. Bertujuan untuk menganalisis sebuah fenomena srterilisasi yang ada pada setiap produk air mineral yang ada. Hasil penelitian membuktikan bahwa proses sterilisasi dan standar kelengkapan produk berdampak langsung pada minat konsumen air mineral. Kemudian standar kelengkapan produk mampu memoderasi pengaruh dari keunggulan produk pada minat konsumen air minum.

Kata kunci: Keunggulan Produk, Proses Sterilisasi, Minat Konsumen, Dan Standar   Kelengkapan Produk

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to examine and analyze the effect of product superiority and the sterilization process on consumer interest in mineral water with a standard of product completeness as moderator. The sample in this study consisted of 200 respondents who were students from different universities. Respondent coverage is based on the Hair approach. The data collection technique used simple random sampling by distributing research questionnaires with the Google form, then sharing them on social media. The research data processing method uses Smart PLS (Partial Least Square) software which is used for hypothesis testing. Aims to analyze a sterilization phenomenon that exists in every existing mineral water product. The results of the research prove that the sterilization process and product completeness standards have a direct impact on consumer interest in mineral water. Then the standard of product completeness is able to moderate the effect of product superiority on consumer interest in drinking water.

Keywords: Product Excellence, Sterilization Process, Consumer Interest, and Product Completeness Standards


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Adella Putrinita, Baiq Rien Handayani, M. A. (2022). Pengaruh Lama Sterilisasi Terhadap Mutu Sayur Lebui Kaleng. Jurnal Ilmu dan Teknologi Pangan, 8(2), 125.

Agus Suyatno, Karina Sukardi, Siske Tontong, Irma Hakim, A. (2023). Buyer intervention on halal labeling and product quality: literature review. Journal of Economic, Business and Accounting, 6(2), 1269.

Ahmad Miftah Fauzi, R. H. (2022). Sistem Pendeteksi Tekanan Air Berbasis Internet Of Thing (IoT) Di PDAM Tirta Galuh Kabupaten Ciamis. Jurnal Saintesa, 2(13), 1–7.

Airlangga Dwitama Putra Panggabean, M. F. F. (2020). International Journal Administration, Business & Organization, 1(3), 47–53.

Amelia, D. (2021). Pengaruh Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Pada Cv. Aquaku Jaya Bersama Dompu Nusa Tenggara Barat.

Bambang Sudaryana et al., 2022. (2022). Bambang Sudaryana, D. E. A., Ak, M., Agusiady, H. R. R., & SE, M. M. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Deepublish. Metodologi Penelitian Kuantitatif, 2022.

Darmawan, D., & Arifin, S. (2021). The Studi Empiris tentang Perilaku Konsumen Produk Air Minum dalam Kemasan Ditinjau dari Variabel Harga dan Kesadaran Merek. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 7(3), 179–186. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.434

Eltonia, N., & Hayuningtias, K. A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Le Minerale 600ml, Jurnal Mirai Management, 6(2), 250–256. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/view/1938%0Ahttps://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/download/1938/1277

Hair, J., & Alamer, A. (2022). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) in second language and education research: Guidelines using an applied example. Research Methods in Applied Linguistics, 1(3), 100027. https://doi.org/10.1016/j.rmal.2022.100027

Hustanto, A. H., & Warsindah, L. (2022). (2022). Pengaruh Strategic HRM Practices Terhadap Turnover Intention Dimediasi Employee Satisfaction dan Work Engagement di Industri Telekomunikasi. Jurnal Ekonomi Efektif, 5(1), 131–140. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders

Ilham, M. (2020). Analisis Kualitas Air (Mn,Cu,Zn,F - dan Cl- ) pada Mata Air Pegunungan Desa Sadar, Kecamatan Tellu Limpoe, Kabupaten Bone. PhD Thesis, 23–24.

Jamjuri, Agus David Ramdansyah, H. N. (2022). Pengaruh Merchandising dan Price Discount Terhadap Impulse Buying Melalui Emosi Positif Sebagai Intervening. INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 8(2), 171–181.

Kito, Kepemimpinan, P., Organisasi, P., Motivasi, D. A. N., Efektifitas, T., Pegawai, K., Dinas, P., Daerah, P., & Bogor, K. (2019). Jurnal Manajemen. 6(1), 131–143.

Kewirausahaan, P. S., Ekonomi, F., Muhammadiyah, U., Kewirausahaan, P. S., Ekonomi, F., Muhammadiyah, U., Kewirausahaan, P. S., Ekonomi, F., & Muhammadiyah, U. (2020). PADA KEARIFAN LOKAL Beni Dwi Komara Heri Cahyo Bagus Setiawan Aries Kurniawan. 3(2), 15–22.

Mangantar, M., & Mandagie, Y. (2022). Loyalitas Konsumen Di Fif Group Cabang Manado Analysis of the Influence of Customer Value and Product Advantage on Consumer Loyalty in Fif Group Manado Branch. Jurnal EMBA, 10(1), 19–28.

Muh Nur Alfian S Kasim et al. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK ) Merek Nabih pada CV . Anugrah Jaya di Kecamatan Popayato. Journal of Management, 5(3), 415–426. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.325

Musyaffi, A. M., Khairunnisa, H., & Respati, D. K. (2022). Musyaffi, A. M., Khairunnisa, H., & Respati, D. K. (2022). Konsep Dasar Structural Equation Model-Partial Least Square (Sem-Pls) Menggunakan Smartpls. Pascal Books. Konsep Dasar Structural Equation Model-Partial Least Square (Sem-Pls) Menggunakan Smartpls., 2022.

Nasution, M. A. S., & Wibasuri, A. (2022). (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Susu Bear Brand Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Bandar Lampung. PhD Thesis, 1–13.

Nova Muhani , Rohman Daka, Ghina Gabriella Yusuf, Rifda Aulia Zahrah, A., & Retnaningsih, E. S. (2022). Poltekita : Jurnal Pengabdian Masyarakat 979–986. https://doi.org/10.33860/pjpm.v3i4.1550

Oxvaldo, B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputuan Pembelian Pt Bentro Adisandi Ivena Batam. 1–53.

Rahim, F. (2022). Hubungan Personal Hygiene Dan Sanitasi Makanan Dengan Kontaminasi Telur Cacing Pada Lalapan Kubis Di Warung Makan Kaki Lima Kota Makassar. Skripsi, 90.

Ramadhan, A. K., Adam, kharisma B., & Kurniawan, E. (2021). Perancangan Dan Implementasi Buck Regulator Dengan Sumber Tegangan Tiga Fasa Untuk Aplikasi Pada Sistem Elektrolisis Air Mineral. e-Proceeding of Engineering, 8(1), 45–54.

Rijal Nur, A. A., Purnama Alam, A. R., & Anggi, A. (2019). Pengaruh Kemasan Produk Susu Bear Brand Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT. Oze Power Switch Di Makassar. Movere Journal, 1(2), 111–120. https://doi.org/10.53654/mv.v1i2.63

Rika Br. Gultom. (2022). Minat Beli Produk Bumbu Masak Kokita PT. Ikapharmindo Di Medan, Skripsi, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Medan Area Medan, 71.

Rohmawati, H. I. (2019). Identifikasi Bakteri Pseudomonas Aeruginosa Pada Air Minum Dalam Kemasan. Skripsi, 8(5), 55.

Sunarya, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Minat Beli dengan Pendapatan Konsumen sebagai Variabel Moderasi di Kabupaten Bulukumba (Studi pada Produk …. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/20615/%0Ahttp://repositori.uin-alauddin.ac.id/20615/1/Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat.pdf

Suryani, A., Kusumayati, A., Studi, P., Kesehatan, I., Masyarakat, F. K., & Indonesia, U. (2022). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kualitas Biologis Air Minum Isi Ulang : Literature Review. Prepotif Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2), 1852–1860.

Widia, N., Sulistyandari, & Nofirda, F. A. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Guardian Store Pekanbaru. Muhammadiyah Riau Accounting and Business Journal, 3(1), 021–029. https://doi.org/10.37859/mrabj.v3i1.2768


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.licenseURL##: https://scholar.google.com/citations?user=260p8CYAAAAJ&hl=en