EVALUASI PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN PUSKESMAS SESUAI PERMENKES RI NO 74 TAHUN 2016 PADA PUSKESMAS TINGKAT KECAMATAN DI WILAYAH JAKARTA UTARA

Maria Fransiska

Abstract


Abstrak

Penelitian evaluasi pelaksanaan standar pelayanan kefarmasian di puskesmas ini dilatarbelakangi adanya peraturan Permenkes RI no.74 tahun 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran Pelaksanaan Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas berdasarkan Permenkes RI No. 74 Tahun 2016 di Puskesmas Puskesmas yang ada di wilayah Jakarta Utara. Apoteker dan Asisten Apoteker di puskesmas tingkat kecamatan yang berada di wilayah jakarta utara yang menjadi responden dalam penelitian evaluasi pelaksanaan standar pelayanan kefarmasian puskesmas ini. Penelitian ini menggunakan metode non eksperimental dengan rancangan deskriptif dan instrument dalam penelitian ini berupa kuesioner. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 (enam) Puskesmas tingkat kecamatan yang berada dalam wilayah Jakarta Utara yang hanya melayani rawat jalan, tidak melayani rawat inap, dikarenakan pelayanan rawat inap berada di Rumah Sakit Umum Kecamatan yang berada di setiap Kecamatan guna mempermudah pasien dalam rujukan berjenjang untuk pengobatan tahap selanjutnya. Dalam penelitian evaluasi pelaksanaan pelayanan kefarmasian dipuskesmas ini penilaian dilakukan terhadap 5 (lima) indikator, yaitu Sumber Daya Kefarmasian, Pengelolaan Sediaan Farmasi dan BMHP (Bahan Medis Habis Pakai), Pelayanan Farmasi Klinis, Sarana dan Prasarana dan Pengendalian Mutu Pelayananan Kefarmasian.

 

Kata kunci : Puskesmas Tingkat Kecamatan, Permenkes RI No. 74 Tahun 2016, Standar Pelayanan Kefarmasian Puskesmas

 

Abstract

 

This research has a background and objective to find out the Implementation of Pharmaceutical Service Standards in Public Health Centers around North Jakarta in accordance with Indonesian Minister of Health Regulation No. 74 of 2016. The respondents in this study were Pharmacists and Pharmacist Assistants in district health centers in North Jakarta. This study used a non-experimental method with a descriptive design. The researcher utilized the questionnaire as an instrument. The subjects in this study consisted of six public health centers at the district level in the North Jakarta area. The subjects were only providing outpatient services; not inpatient services, because the service was only provided by the District General Hospital. The facility aims to make it easier for patients to get tiered referral services for advanced treatment. This study used 5 indicators, including Pharmaceutical Resources, Pharmacy Management and Disposable Medical Materials, Clinical Pharmacy Services, Facilities and Infrastructure, as well as Quality Control of Pharmaceutical Services..

 

Keywords: District Level of Public Health Center in North Jakarta, Indonesian Minister of Health Regulation No. 74 of 2016, Pharmaceutical Standard Services of Public Health Center.

 

 


Keywords


Puskesmas Tingkat Kecamatan, Permenkes RI No. 74 Tahun 2016, Standar Pelayanan Kefarmasian Puskesmas



DOI: https://doi.org/10.52447/scpij.v4i2.1836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.