PEMANTAUAN TERAPI OBAT PADA PASIEN DENGAN PENYAKIT TUBERKULOSIS, ANEMIA, EFUSI PLEURA dan DVT (Deep Vien Thrombosis) DI RUMAH SAKIT X

Ayuni Stevia

Abstract


Salah satu pasien didiagnosa Tuberkulosis, efusi pleura kanan, anemia dan DVT. Penanganan pasien perlu mendapat perhatian, baik dari segi aspek farmakokinetik maupun aspek farmakodinamik. Tujuan tugas khusus ini untuk mengkaji profil pengobatan salah satu pasien rawat inap di Rumah Sakit X untuk mengetahui, mengidentifikasi, serta menilai pengobatan rasional yang ditinjau dari Drug Related Problem (DRP) serta mengedukasi kepada pasien dalam pengobatannya. Pengumpulan data dilakukan dengan mengetahui data subjektif, objektif Pasien dan hasil pemeriksaan serta profil pengobatan pasien selama dirawat hingga pasien pulang. Drug Related Problem (DRP) dari kasus ini yaitu adanya interaksi obat yang ditemukan pada pasien. Konseling atau PIO diberikan untuk memberikan informasi terkait obat serta memastikan pasien mengetahui tujuan dari terapi pengobatan.

 


Keywords


Tuberkulosis; Efusi Pleura; Anemia; DVT; Pengobatan; DRP

References


Departemen Kesehatan RI. 2009. Pedoman Pemantauan Terapi Obat .Jakarta : Direktorat Jendral Bina Kefarmasian Komunitas dan Klinik dan Alat Kesehatan Departemen Kesehatan RI.

Fauci AS, Kasper DL, Longo DL, Loscalzo J, Braunwald E, Hauser SL, Jameson JL. Penyakit pleura dan mediastinum. Kosasih A, Widowati H, Saputra L, editors. Harrison Manual Kedokteran (2nd ed). Jakarta: Karisma Publishing Group, 2009; p. 147-51.

Https://Pdfcoffee.Com/06244cme-Diagnosis-Dan-Tatalaksana-Deep-Vein-Thrombosispdf- Pdf-Free.Html

Joseph T. DiPiro, PharmD, FCCP. Pharmacotherapy Principles & Practice Fourth Edition; 2016.

Kemenkes RI, 2014, Pedoman Nasional Pengendalian Tuberculosis, Kemenkes RI , Jakarta

Kemenkes RI, 2016, Peraturam ,Menteri Kesehatan Republic Indonesi Nomor : 67 Tahun 2016 Tentang Penanggulangan Tuberculosis, Kemenkes RI, Jakarta.

Raspati H, Reniarti L, Susanah S. Anemia defisiensi besi. Dalam: Permono HB, Sutaryo, Ugrasena IDG, Windiastuti E, Abdul salam M, penyunting. Buku ajar hematologi Onkologi Anak. Jakarta:BPIDAI;2005.hal.30-43.




DOI: https://doi.org/10.52447/scpij.v7i1.5373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.