Kenali, Cegah dan Atasi Dislipidemia Recognize, Prevent, and Eradicate Dyslipidemia

Rajes Khana, Diana Laila Ramatillah, Ahmad Rofii, Chika Natasya T, Rahmawati Rahmawati, William Johanes, Christian Rondonuwu, Fenny Nadila R, Dewi Ariani, Dara Arjile, Dwi Yunisa D., Aprilia Asnita A.F.S., Desty Natalia M, Dora Mutiara, Endang Diana, Nazrin Anami, Melati Intan D, Rosita Rosita, Shinta Putri L., Intan Zara P P., Murni Wati L., Nurlince Sarya S.A., Nita Simaremare, Widiyana Suryani

Abstract


Dislipidemia adalah kelainan metabolisme lipid yang ditandai dengan peningkatan maupun penurunan satu atau lebih fraksi lipid dalam darah. Peningkatan kadar kolesterol total dan LDL darah dapat disebabkan oleh peningkatan konsumsi lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi dalam makanan. Pada perjalanan dislipidemia, apabila kadar kolesterol tidak terkontrol dengan baik, maka akan meningkatkan risiko terjadi nya komplikasi baik akut maupun kronis. Pada umumnya, sebagian masyarakat telah mengenal perihal kolesterol secara umum namun mungkin belum memahami bagaimana cara mencegah dan mengatasi kadar kolesterol darah yang tinggi. Edukasi yang baik disertai terapi nutrisi, jasmani dan tatalaksana farmakologi diharapkan dapat mengendalikan progresifitas penyakit dislipidemia dan komplikasinya. Oleh karena itu pengabdian masyarakat berbasis webinar ini diadakan selain untuk meningkatkan keilmuan, juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan bahaya dari penyakit dislipidemia. Kegiatan webinar ini menargetkan mahasiswa UTA45 dan masyarakat umum dengan luaran yang diharapkan yaitu dapat meningkatkan pengetahuan tentang penyakit dislipidemia. Webinar dengan metode presentasi dan tanya jawab yang dilaksanakan pada 27 April 2022. Total peserta yang mengikuti kegiatan webinar dengan mengisi absen secara online sebanyak 66 peserta. Persentase rata – rata total skor prestest perserta sebesar 70,2% dan rata – rata skor posttest sebesar 79,6% dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan skor posttest sebesar 9,4%.

Keywords


Dislipidemia; webinar, pengabdian masyarakat

Full Text:

PDF

References


Apriliany, F., Ikawati, Z., & Pramantara, I. D. P. (2021). Pengaruh Komorbid dan Jenis Terapi Terhadap Outcome Kolesterol Total Pasien Dislipidemia. JMPF, 11(3), 153–163.

PERKENI. (2019). Pedoman Pengelolaan Dislipidemia Di Indonesia. PB Parkeni. 8

Purwantiningrum, D. A., Cahayani, W. A., Rahayu, I. D., Ratnaningrum, S. D., & Wijayanto, F. H. (2021). Perbedaan Tingkat Pengetahuan dan Pola Perilaku Pencegahan Dislipidemia pada Masyarakat Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Tri Dharma Mandiri, 1(2), 104–114.

Wahjuni, S. (2015). Dislipidemia Menyebabkan Stress Oksidatif Ditandai Oleh Meningkatnya Malondialdehid. Udayana University Press.




DOI: https://doi.org/10.52447/societas.v1i1.6301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email : jurnalsocietas@uta45jakarta.ac.id

Lt. 3, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta,Jl. Sunter Permai Raya, Sunter Agung Podomoro, Jakarta 14350

Creative Commons License
Journal Societas is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta