Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Dalam Meningkatkan Perekonomian Untuk Mencapai SDG’S

Marcia Rizky Hamdala, Rafika Rasdin

Abstract


Pemanfaatan media sosial telah menjadi salah satu strategi penting dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di era digital. Kegiatan sosialisasi bersama mahasiswa KKN yang dilakukan di RW 10 Kelurahan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara pada tanggal 24 Agustus 2024 ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada warga mengenai potensi media sosial sebagai sarana promosi, pemasaran, serta pengembangan usaha kecil dan menengah. Melalui pendekatan partisipatif, warga diperkenalkan pada berbagai platform digital yang dapat dimanfaatkan secara efektif untuk melakukan strategi pemasaran daring yang mendukung perluasan jaringan usaha. Sosialisasi ini juga menekankan keterkaitan antara pemanfaatan media sosial dengan pencapaian Sustainable Development Goals (SDG’s), khususnya pada aspek peningkatan ekonomi, pengentasan kemiskinan, dan penciptaan peluang kerja. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa warga memiliki antusiasme tinggi untuk mencoba mengimplementasikan media sosial dalam kegiatan ekonomi sehari-hari, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat secara berkelanjutan.

Keywords


Media Sosial; Platform Digital; Sustainable Development Goals

References


Al-Khidmat. (2019). KKN Sisdamas & pemberdayaan melalui smartphone. Jurnal Pengabdian Masyarakat Al-Khidmat.

AreAI Journal. (2025). Peran media sosial dalam strategi pemasaran produk UMKM. AreAI Journal.

Badan Pusat Statistik Kota Administrasi Jakarta Utara. (2023). Publikasi Kecamatan Cilincing 2023. BPS Jakarta Utara. https://jakutkota.bps.go.id

Badan Pusat Statistik Kota Administrasi Jakarta Utara. (n.d.). Jumlah penduduk miskin. BPS Jakarta Utara. https://jakutkota.bps.go.id

Caribou Global. (2025). The contribution of platforms—Indonesia. Caribou Global. https://caribou.global

DataReportal. (2024). Digital 2024: Indonesia. DataReportal – Global Digital Insights. https://datareportal.com

DataReportal. (2025). Digital 2025: Indonesia. DataReportal – Global Digital Insights. https://datareportal.com

Junis, Mara Aulia, et al. n.d. Transformasi Sosial di Era Digital: Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Kesadaran terhadap SDGs 2030. Jurnalisti Qomah.

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM). (2023). Sosialisasi digital & pemberdayaan masyarakat (KKN). ejournal.sisfokomtek.org.

Kotakita. (n.d.). Profil ketahanan & prospektus Kelurahan Kalibaru. Kotakita.org. https://kotakita.org

Mafulla, Dian, et al. n.d. Penggunaan Media Sosial untuk Meningkatkan Kesadaran dan Partisipasi Masyarakat dalam Pencapaian SDGs di Indonesia.

United Nations Department of Economic and Social Affairs (UN DESA). (n.d.). Goal 8: Decent work and economic growth. United Nations. https://sdgs.un.org/goals/goal8

United Nations Development Programme (UNDP). n.d. “Sustainable Development Goals.” UNDP. https://www.undp.org/sustainable-development-goals

United Nations. n.d. “The 17 Sustainable Development Goals.” United Nations. https://sdgs.un.org/goals

We Are Social Indonesia. (2024). Digital 2024 highlights. We Are Social. https://wearesocial.com




DOI: https://doi.org/10.52447/societas.v4i1.8793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email : jurnalsocietas@uta45jakarta.ac.id

Lt. 3, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta,Jl. Sunter Permai Raya, Sunter Agung Podomoro, Jakarta 14350

Creative Commons License
Journal Societas is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta