EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK ONLINE PADA BADAN PENDAPATAN DAN ASET DAERAH PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR DI KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN
Abstract
Abstrak:: Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan online pada kantor Samsat Badan Pendapatan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur di Kabupaten Timor Tengah Selatan telah efektif karena telah memberikan kepuasan melalui mekanisme, prosedur, dan mutu pelayanan yang sederhana, mudah, lancar, tidak berbelit-belit, jelas, pasti dan pelayanan dapat memberikan keamanan, kenyamanan, dan ekonomis serta ketepatan waktu, namun demikian masih terdapat hambatan-hambatan yang perlu dibenahi yaitu sering terganggunya jaringan, sering terjadinya pemadaman listrik, alat vendor yang digunakan hanya satu, jam pelayanan yang terbatas sampai jam 14.00 wita, loket pendaftaran dan loket penyerahan hanya satu dan belum terlalu sosialisasi tentang persyaratan pembayaran pajak kepada masyarakat. Oleh karena itu perlu adanya pembenahan terhadap hambatan-hambatan tersebut diatas dengan menyiapkan alat vendor cadangan, menambah jam pelayanan kepada masyarakat wajib pajak, menambah loket pendaftaran dan penyerahan serta melakukan sosialisasi tentang persyaratan pembayaran pajak kepada masyarakat.
Kata kunci: Efektivitas Pelayanan Publik, E-Govenment, E-Services, Samsat Online.Keywords
Full Text:
PDFReferences
As, Moener 1995, Pelayanan yang Berkualitas. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta
B. Anderson, 2002. Perenggangan untuk Orang Kantoran, penerjemah : Ratih Ramelan. PT Serambil Ilmu Semesta, Jakarta
B, Budiardjo, 1991. Komputer dan Masyarakat. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta
Dedy Mulyana, 2000. “Ilmu komunikasi, Pengentar” Bandung : Remaja Rosadakarya
Danim, Sudarman 2004. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Penerbit Rineka Cipta.
Effendy, Ujang Onong, 1989. Kamus komunikasi. Bandung, CV. Bandar Maju
f. siagian, (1987), Penelitian Operasioanal : Teori dan Praktek, Cetakan ke 1 Penerbit UI, Jakarta.
Huseini. Martani dan Hari Lubis. Teori Organisasi ( Suatu Pendekatan Makro ). PAU. Ilmu-ilmu Sosisal UI
Indrajit, Richardus Eko (2005). E-Government in Action. Yogyakarta:Andi Offset.
Indrawijaya Adam L, 1989, Perubahan dan Pengembangan Organisasi, Sinar Baru Bandung, Bandung
Supriatman, 2002, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara
Pamudji, 1994, Kualitas Pelayanan Publik, Cetakan ke 1 Penerbit UI, Jakarta.
Raharjo budi. 2001. Akuntansi dan Keuangan Untuk Manajer Non Keuangan. CV. Andi Yogyakarta: Yogyakarta
.............................................(2002). Membangun Aplikasi E-Government Jakarta: PT Elek Media Komputindo
Moenir, H.A.S. 2002. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara.
Parminto dan Atik Septi Winarsi tahun 2005, Manajemen Pelayanan, Universitas Gadjah Mada: Yogyakarta.
Kurniawan, J. Luthfi dan Puspitosari, Hesri. 2007. Wajah Buram Pelayanan Press. San Diego
Moenir,H.A.S. 2002, Wajah Pelayanan Publik Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Sarundajang, S.H. 2003. Birokrasi Dalam Otonomi Daerah, jakarta : Pustaka Sinar Jaya
DOI: https://doi.org/10.52447/ijpa.v5i1.1654
Refbacks
- There are currently no refbacks.