Optimalisasi Inovasi Pelayanan Balai RW Melalui Kegiatan “On Call” Sebagai Upaya Masyarakat Tertib Adminduk Kelurahan Jemurwonosari
Abstract
ABSTRAK
Pelayanan balai rw menjadi salah satu inovasi yang sedang digiatkan di Pemerintah Kota Surabaya dalam mengatasi masalah ketertiban administrasi kependudukan warga Surabaya. Keberhasilan pelayanan balai rw menjadi tanggung jawab setiap kelurahan. Selama penerapan pelayanan balai rw di Kota Surabaya, wilayah Jemurwonosari terdapat permasalahan utama yaitu terkait partisipasi warga yang rendah dalam mengurus dokumen kependudukan di balai rw. Dengan begitu, kelurahan jemurwonosari meluncurkan sebuah kreativitas dengan mengadopsi program “Jebol Anduk” dalam mendukung inovasi pelayanan balai rw yang sedang digiatkan di Kota Surabaya. Pelaksanaan program On Call ini dilaksanakan dengan fokus ssemua lapisan dari petugas kelurahan hingga lapisan terbawah yaitu rt dalam meningkatan partisipasi warga dan menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi warga terkhusus untuk Adminduk (Administrasi Kependudukan). Penulis menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode observasi dan dokumentasi yang dilakukan untuk dapat mengidentifikasi penerapan On Call pada optimalisasi pelayanan administrasi Kependudukan di Balai RW Kelurahan Jemurwonosari. Berdasarkan hasil pembahasan, ditemukan bahwa terdapat perkembangan atas partisipasi warga dalam mengurus adminduk, yang sebelumnya warga menghiraukan kepemilikan dokumen atau update perubahan biodata, namun saat ini lebih peduli akan pentingnya kepemilikan dan update dokuman kependudukan.
Kata kunci : Optimalisasi, Inovasi Pelayanan Publik, On Call
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Adawia, A. R. Efektivitas Program Jemput Bola (Jebol) Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Dalam Mengoptimalkan Pelayanan Kependudukan Di Kabupaten Muna (Studi Kasus E-Ktp). Univ. Muhammadiyah Makassar 3, 2003–2005 (2022).
Arini, N. D. & Hariyoko, Y. Optimalisasi Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Kelurahan Rangkah, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya. ULIL ALBAB J. Ilm. Multidisiplin 2, 713–718 (2023).
Hidayat, W. Analisis Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi Tangerang Live Di Kota Tangerang. J. Stud. Adm. 3, 48–57 (2022).
Makmur, M. A., Agustang, A., Idkhan, A. M. & Makmur, J. Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik (Evaluasi Implementasi Program Beras Sejahtera Di Kota Palopo). J. Sosio Sains 5, 108–114 (2019).
Nur Ambia. 339-662-1-Sm. 214–262 (2018).
Nurrasyid, F. & Karsa, S. I. Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Program Jemput Bola Akta dan Mepeling Disdukcapil Kota Bandung. Pros. Manaj. Komun. 181–183 (2020).
Peserih, R., Dan, D., Peserta, F., Nis, N. & Pelajaran, M. DiDiK. 3507170.
Pramesti, E. I. Pelayanan Balai Rw Oleh Mahasiswa Untag Surabaya Bagi Warga Kelurahan Medokan Semampir. J. Pengabdi. Nas. 02, 48–53 (2022).
Prihantara, A. & Aziz, A. Sistem Informasi Pengurusan Surat Pengantar Berbasis Framework Codeigniter Guna Meningkatan Kualitas Pelayanan kepada Masyarakat. J. Inform. J. Pengemb. IT 3, 346–353 (2018).
Putra, E. W. et al. TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DALAM LAYANAN ADMINISTRASI Peranan penting pemerintah dalam menyediakan layanan publik yang prima bagi semua penduduknya sesuai yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang . Dalam pasal 1 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentan. 8, (2023).
Purwanto, I. Survei Kepuasan Masyarakat. Komnasham.Go.Id 732077, 1–28 (2020).
Rifai, A. Efektivitas Pelayanan Publik Di Kelurahan Babakan Kalanganyar Kecamatan Pandeglang , Ahmad Rifai ( Volume 1 , Nomor 1 , Mei 2021 ) Efektivitas Pelayanan Publik Di Kelurahan Babakan Kalanganyar Kecamatan Pandeglang 1 │ Kappemi : Kajian Administrasi , Politik dan Pemerintahan Indonesia Efektivitas Pelayanan Publik Di Kelurahan Babakan Kalanganyar 2 │ Kappemi : Kajian Administrasi , Politik dan Pemerintahan Indonesia. 1, 1–9 (2021).
Sabir, F. A., Longkutoy, M. & Banea, A. E. Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat pada Kantor Kelurahan Malanu Kota Sorong. 05, 13100–13108 (2023).
Saputra, D. P. & Widiyarta, A. Efektivitas Program SIPRAJA Sebagai Inovasi Pelayanan Publik di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. JPAP J. Penelit. Adm. Publik 7, 194–211 (2021).
Suandi, S. Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur. J. PPS UNISTI 1, 13–22 (2019).
Yahya, A. S. & Setiyono, S. Efektivitas Pelayanan Publik Melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Aplikasi SP4N-LAPOR. J. Media Birokrasi 1–22 (2022) doi:10.33701/jmb.v4i1.2432.
DOI: https://doi.org/10.52447/ijpa.v9i1.6857
Refbacks
- There are currently no refbacks.