Analisis Kinerja Kepala Sekolah Penggerak: Studi Kasus Sekolah Menengah Atas Di Suku Dinas Pendidikan Wilayah Jakarta Barat
Abstract
Studi ini melakukan analisis kualitatif terhadap kinerja kepala sekolah penggerak di sebuah sekolah menengah atas di Suku Dinas Pendidikan Jakarta Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendalami bagaimana kepemimpinan kepala sekolah mempengaruhi pengelolaan sekolah serta dampaknya terhadap peningkatan kualitas pendidikan di lingkungan sekolah tersebut. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif terhadap kepala sekolah, guru, staf sekolah, dan anggota komunitas pendidikan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik content analysis untuk mengidentifikasi tema dan pola yang muncul dari data kualitatif, serta menggunakan analisis Rapid Assesment Prosedure (RPA). Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja kepala sekolah penggerak di wilayah Jakarta Barat sudah memuaskan, hal ini terlihat dari hasil data penilian dari suku Dinas Pendidikan Jakarta Barat pada informan serta wawancara mendalam yang dilakukan oleh para stake holder. Terlepas masih ada beberapa hal kekurangan sifatnya masih minor dan bisa diperbaiki melalui komunikasi sehingga permasalahan bisa diselesaikan secara akurat dan cepat. Analisis kualitatif kinerja kepala sekolah sebagai penggerak di sebuah sekolah menengah atas di wilayah Jakarta Barat memberikan wawasan mendalam tentang tantangan dan prestasi dalam kepemimpinan pendidikan. Kepala sekolah penggerak diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam tentang strategi kepemimpinan yang efektif dalam konteks sekolah penggerak, serta implikasi praktisnya terhadap pengembangan kebijakan pendidikan di tingkat lokal dan nasional.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abadi, F. (2021). The Influence of Communication and Competence on the Commitment Which Has Impacts on the Organizational Citizenship Behavior. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 4(1), 35–42. https://doi.org/10.36407/jmsab.v4i1.267
Chaniago, N. S., Nasution, I., & Sari, F. L. (2022). Peran Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia Di SPM IT Nurul Hadina. Jurnal Malay Manajemen Pendidikan Islam & Budaya, 2(2), 1–22.
Dahliana, Naz’aina, & Khaddafi, M. (2021). Analysis Of Stakeholder Perception On Transparency, Accountability And Effectivity In School Operational Assistance Funds Management For Junior High School Level In North Aceh Regency.
Dwi, A. J., Sari, R., & Giatman, M. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 329–333.
Fullan, M. (2007). The New Meaning of Educational Change , Fourth Edition ! In Change.
Firman, F. (2017). Meritokrasi dan Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Pengaruh Pilkada Langsung. The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA), 3(2), 88-105.
Hannan, R., Lafferty, N., & Mannix McNamara, P. (2023). Leadership Opportunities in the School Setting: A Scoping Study on Staff Perceptions. Societies, 13(5). https://doi.org/10.3390/soc13050129
Harahap, W. A. (2019). Kinerja Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs. Ismailiyah Kec.Aek Kuasan Kab. Deli Serdang. Repository Uin Sumatra Utara, 1–155.
Harapan, E. (2017). Visi Kepala Sekolah Sebagai Penggerak Mutu Pendidikan. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 1(2), 133–145. https://doi.org/10.31851/jmksp.v1i2.1014
Heriyanto, M. (2023). Karakteristik Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Program Sekolah Penggerak Di Sma Negeri 1 Kota Dumai. 3, 2673–2684.
Hindahsari, F., Huriyah, L., & Fitriatin, N. (2022). Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Pendidikan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto. Jurnal Kependidikan Islam, 12(1), 32–41. https://doi.org/10.15642/jkpi.2022.12.1.32-41
Jumiat, A. (2021). Kontribusi Pelatih Ahli Dalam Meningkatkan Kinerja Kepala Sekolah Pada Sekolah Penggerak. Jurnal Pendidikan Agama Islam Tsiqoh, 1(2), 165–190.
Karim, A., Agus, A., Nurnilasari, N., Widiantari, D., Fikriyah, F., Rosadah, R. A., Syarifudin, A., Triono, W., Lesmi, K., & Nurkholis, N. (2023). A study on managerial leadership in education: A systematic literature review. Heliyon, 9(6), e16834. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e16834
Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 117/M/2020 Tentang Sekolah Penggerak, 18 (2020).
Krisnayanti, I. A. P. (2014). Analisis Persepsi Stakeholder Internal Dan Eksternal Terhadap Transparansi Dan Akuntabilitas Laporan Keuangan Pengelolaan Dana BOS di SMP Negeri 1 Banjar Tahun 2013. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi, 4(1), 1–13. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/4520
Leithwood, K., Harris, A., & Hopkins, D. (2020). Seven strong claims about successful school leadership revisited. School Leadership and Management, 40(1), 5–22. https://doi.org/10.1080/13632434.2019.1596077
Li, P., Edalatpanah, S. A., Sorourkhah, A., Yaman, S., & Kausar, N. (2023). An Integrated Fuzzy Structured Methodology for Performance Evaluation of High Schools in a Group Decision-Making Problem. Systems, 11(3), 1–22. https://doi.org/10.3390/systems11030159
Mansyur, A. R. (2022). Wawasan Kepemimpinan Guru (Teacher Leadership) dan Konsep Guru Penggerak. Education and Learning Journal, 2(2), 101. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i2.131
Mariana, D. (2021). The Influence of Principal Leadership on the Effectiveness of Driving Schools in Improving the Quality of Education. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(20), 10228–10233.
Marliyani, T., & Iskandar, S. (2022). Program Sekolah Penggerak (PSP) Terhadap Kinerja dan Manajemen Kepala Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(4), 6679–6685. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3255
Mayhew, D., Vanlaar, W., Lonero, L., Robertson, R., Marcoux, K., Wood, K., Clinton, K., & Simpson, H. (2017). Evaluation of beginner driver education in Oregon. Safety, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.3390/safety3010009
Muspawi, M., Gustian, I. F., & Rini, E. P. (2023). Upaya Kepala Sekolah Dalam Menyukseskan Program Sekolah Penggerak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27114–27122.
Nurafni, K., Saguni, F., & Hasnah, S. (2022). Pengaruh Kinerja Komite Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, 1(1), 44–68. https://doi.org/10.24239/jimpi.v1i1.901
Ohemeng, F. L. K., Amoako-Asiedu, E., & Obuobisa Darko, T. (2018). The relationship between leadership style and employee performance. International Journal of Public Leadership, 14(4), 274–296. https://doi.org/10.1108/ijpl-06-2017-0025
Oktarina, W., M.Si. Ph.D, D. S., Hadijah, A., Wahyuni, S., & Arianti, P. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Slb Permata Bunda Kecamatan Vii Koto Sungai Sariak. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(2), 240–250. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i1.4948
Putri, N. H., & Wibowo, U. B. (2018). Pengaruh kinerja kepala sekolah terhadap keberhasilan manajemen berbasis sekolah melalui partisipasi masyarakat di SMP. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 45. https://doi.org/10.21831/amp.v6i1.9810
Rahmawati, R., & Firman, F. (2018). Reklamasi Teluk Jakarta Ditinjau dari Perspektif Ekofeminisme. ARISTO, 7(1), 46-63.
Robinson, V. M. J., Lloyd, C. A., & Rowe, K. J. (2008). The impact of leadership on student outcomes: An analysis of the differential effects of leadership types. Educational Administration Quarterly, 44(5), 635–674. https://doi.org/10.1177/0013161X08321509
Sijabat, O. P., Manao, M. M., Situmorang, A. R., Hutauruk, A., & Panjaitan, S. (2022). Mengatur Kualitas Guru Melalui Program Guru Penggerak. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 130–144. https://doi.org/10.46229/elia.v2i1.404
Sugiyarta, S., Prabowo, A., Ahmad, T. A., Siroj, M. B., & Purwinarko, A. (2020). Identifikasi Kemampuan Guru Sebagai Guru Penggerak. Jurnal Profesi Keguruan, 6(2), 215–221. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/26919
Suryani, N., Muspawi, M., & Aprillitzavivayarti, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 773. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3291
Trianita, E. M. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Sekolah melalui Pengelolaan Sumber Daya Berbasis Aset di SMPIT Al Islam Kudus. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5025–5037. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2509
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 49 www.perpusnas.go.id 1 (2003). www.perpusnas.go.id
Vroom, V. (2016). Expectancy Theory – (Process Theory) (Vol. 12, Issue 5).
Zhu, A., Mofreh, S. A. M., & Salem, S. (2023). Effect of Goal Setting Based on China’s Standard of English Proficiency Scales on Reading Achievement. Sustainability (Switzerland), 15(5), 1–12. https://doi.org/10.3390/su15054519
DOI: https://doi.org/10.52447/ijpa.v10i2.7758
Refbacks
- There are currently no refbacks.