Peningkatan Kapasitas Guru-Guru di Kota Berastagi dalam Membuat Video Pembelajaran dan Pemanfaatan Voice Typing

Sihar Tambun

Abstract


Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kapasitas para guru di Kota Berastagi melalui belajar pembuatan video pembelajaran dan pemanfaatan voice typing. Kegiatan terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi dan monitoring. Metode yang digunakan ada tiga, yaitu metode ceramah, metode praktek dan metode diskusi serta tanya jawab. Pelatihan diberikan oleh dosen dari Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat. Pelatihan ini sangat dibutuhkan mengingat perubahan kegiatan belajar dari offline learning menjadi online learning sejak pandemi covid 19 terjadi di Indonesia. Hasilnya, pelatihan diisi dengan dua materi utama, yaitu praktek pembuatan video pembelajaran dengan software Active presenter dan praktek pemanfaatan voice typing untuk membuat materi pelajaran. Perbedaan yang signifikan dari score pretest dengan posttest membuktikan bahwa terjadi peningkatan yang sangat besar tentang kemampuan para guru membuat video pembelajaran dan penggunaan voice typing. Harapan setelah para guru mengikuti pelatihan ini, mereka dapat membuat video pembelajaran dengan baik, mereka dapat menggunakan fasilitas voice typing dengan baik, sehingga kualitas mengajar mereka lebih baik.

Keywords


Active presenter; Voice typing; Kapasitas Guru.

Full Text:

PDF

References


Artacho, E. G., Martínez, T. S., Ortega Martín, J. L., Marín Marín, J. A., & García, G. G. (2020). Teacher training in lifelong learning-the importance of digital competence in the encouragement of teaching innovation. Sustainability (Switzerland). https://doi.org/10.3390/su12072852

Eryani, Y., & Mulyanti, B. (2021). Technology-based blended learning to accommodate offline and online learning. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering. https://doi.org/10.1088/1757-899x/1098/3/032010

Faizah, U., Ambarwati, R., & Rahayu, D. A. (2021). From offline to online learning: Various efforts to secure the learning process during covid-19 outbreaks. In Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1747/1/012002

Little, T. D., Chang, R., Gorrall, B. K., Waggenspack, L., Fukuda, E., Allen, P. J., & Noam, G. G. (2020). The retrospective pretest–posttest design redux: On its validity as an alternative to traditional pretest–posttest measurement. International Journal of Behavioral Development. https://doi.org/10.1177/0165025419877973

Rissanen, A., & Costello, J. M. (2021). The effectiveness of interactive online tutorials in first-year large biology course. Journal of Applied Research in Higher Education. https://doi.org/10.1108/JARHE-09-2020-0312

Rode, J. B., & Ringel, M. M. (2019). Statistical Software Output in the Classroom: A Comparison of R and SPSS. Teaching of Psychology. https://doi.org/10.1177/0098628319872605

Watkins, M. W. (2021). SPSS Software. In A Step-by-Step Guide to Exploratory Factor Analysis with SPSS. https://doi.org/10.4324/9781003149347-3

Wiradimadja, A., Ratnawati, N., Kurniawan, B., Yaniafari, R. P., & Alivi, J. S. (2021). Screen Recorder for Guiding Distance Learning: Case Study of Teacher Professional Education Program. International Journal of Emerging Technologies in Learning. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i07.21173




DOI: https://doi.org/10.52447/berdikari.v4i2.4998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta


Pengunjung