STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN MASYARAKAT DESA SUAK PUNTONG

Reva Dwi Insari, Yulanda Arasih, Nodi Marefanda

Abstract


Penerapan Sustainable Development Goals (SDGs) dalam pembangunan pendidikan desa berkualitas merupakan salah satu tujuan SDGs yang ke empat, yaitu menjamin kualitas pendidikan yang adil dan inklusif serta memberikan kesempatan dan dorongan bagi semua kalangan untuk dapat terus belajar sepanjang hayat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  strategi yang dilakukan pemerintah desa dalam meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat desa Suak Puntong untuk mewujudkan tujuan dari SDGs. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (penggabungan data), analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian lebih menekankan pada maksud serta tujuan yang akan dicapai. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa kualitas pendidikan di desa Suak Puntong masih  tergolong rendah hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya minat dari anak-anak untuk melanjutkan pendidikan serta kurangnya dorongan dari orang tua untuk memotivasi anaknya. Disamping itu, upaya yang dilakukan oleh pemerintah desa untuk meningkatkan kualitas pendidikan belum optimal dikarenakan masih ditemukan beberapa kendala dan kekurangan, sehingga desa Suak Puntong belum mampu untuk mencapai tujuan dari SDGs yakni pembangunan pendidikan desa berkualitas.

Keywords


Strategi; Sustainable Development Goals (SDGs); Kualitas Pendidikan.

Full Text:

PDF PDF

References


Arifin, B., Wicaksono, E., Tenrini, R. H., Wardhana, I. W., Setiawan, H., Damayanty, S. A., Solikin, A., Suhendra, M., Saputra, A. H., Ariutama, G. A., Djunedi, P., Rahman, A. B., & Handoko, R. (2020). Village fund, village-owned-enterprises, and employment: Evidence from Indonesia. Journal of Rural Studies, 79, 382–394. https://doi.org/10.1016/j.jrurstud.2020.08.052

Budiharto, Triyono, & Suparman. (2018). LITERASI SEKOLAH SEBAGAI UPAYA PENCIPTAAN MASYARAKAT PEBELAJAR YANG BERDAMPAK PADA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN. http://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/index

Fadhli, M., Jurusan, D., Stain, T., Lhokseumawe, M., Kunci, K., Mutu, P., & Pendidikan, M. M. (2016). MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN. In Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Itqan: Vol. VII (Issue 1).

Farawowan, Y., Hanny, P., & Mastutie, F. (2020). Kajian Ketersediaan Sarana Pendidikan Di Kawasan Perkotaan Amurang.

Hadis, A., & B, N. (2010). Manajemen Mutu Pendidikan. Alfabeta.

Iskandar, A. H. (2021). SDGs desa : percepatan pencapaian tujuan pembangunan nasional berkelanjutan.

Krismiyati. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri Inpres Angkasa Biak Krismiyati Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Yapis Biak.

Pamungkas, N. (2021). Efektivitas Dana Desa Terhadap Pembangunan Sumber Daya Manusia Pedesaan Melalui Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 2, Issue 1). http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/sc

Purwananti, Y. S. (2016). PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN SEBAGAI PENCETAK SUMBER DAYA MANUSIA HANDAL.

Ratnah, & Suastika, N. (2022). Peran Pemerintah Desa Dan Pelaku Usaha Terhadap Budaya Literasi Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus Siswa Sekolah Dasar di Desa Teke Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima).

Risdianto, E., & Cs, M. (2019). ANALISIS PENDIDIKAN INDONESIA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.

Setianingtias, R., Baiquni, M., & Kurniawan, A. (2019). PEMODELAN INDIKATOR TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI INDONESIA.

Soleh, A. (2017). STRATEGI PENGEMBANGAN POTENSI DESA.

Sonita, E., Peningkatan, H., Menuju, S., Umkm, K., & Pendidikan, K. (2019). JUSIE (Jurnal Sosial dan Ilmu Ekonomi) Peningkatan SDM Menuju Kemandirian UMKM melalui Kualitas Pendidikan dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals. https://ojs.fkipummy.ac.id/index.php/jusie

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Theresia. (2018). National Conference of Creative Industry: Sustainable Tourism Industry for Economic Development ANALISIS PENERAPAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) PADA BEBERAPA ANGGOTA INDONESIA GLOBAL COMPACT NETWORK (IGCN).

Vito, B., Krisnani, H., & Resnawaty, R. (2015). KESENJANGAN PENDIDIKAN DESA DAN KOTA. http://infojambi.com/topik-utama/8306-potret-dunia-pendidikan-merangin-ada-

Wardoyo, B. (2020). BINA KETENAGAKERJAAN Penerapan Sustainable Development Goals (SDGs) Dalam Pembangunan Ketenagakerjaan di Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.52447/gov.v8i1.5971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Pusat Penelitian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta


Pengunjung