Creating Image : Studi Tentang Pembentukan Citra Ade Kartika dalam Konstelasi Pemilihan Umum Daerah 2019

Alrdi Samsa

Abstract


Studi ini akan memaparkan proses creating image atau dalam hal ini pembentukan citra calon kandidat dewan dalam konstelasi Pemilihan Umum Legislatif Daerah Tahun 2019. Fokus studi ini akan melihat bagaimana ketua tim sukses membentuk Ade Kartika sehingga bisa melekat identitas keterwakilan perempuan yang dihadirkan olehnya. Peran dan fungsi PR Politik yang dalam hal ini adalah ketua tim sukses Ade Kartika akan menjadi penting untuk dilihat karena bagaimanapun dalam politik proses pembentukan citra adalah salah satu elemen yang terpenting. Metode Penelitian mengguanakan studi kasus, dengan melihat bagaimana pergerakan tim sukses dalam pemenangan Ade Kartika. Hasilnya bahwa ternyata tahapan pembentukan image branding melibatkan banyak faktor yang diantaranya telah teruarai.


Keywords


politik lokal, strategi politik, creating image

Full Text:

PDF

References


Ardial. (2010). Komunikasi Politik. Jakarta : PT Indeks Permata Puri Media.

Arifin, Anwar. (2003). Komunikasi Politik:Paradigma-Teori-Aplikasi-Strategi dan Komunikasi Politik di Indonesia. Jakarta : PT. Balai Pustaka (2014). Politik Pencitraan Pencitraan Politik Edisi 2. Yogyakarta : Graha Ilmu

Dardis, F., & Haigh, M.M. (2008). Prescribing Versus Describing : Testing Image Restoration Strategies In A Crisis Situation. Corporate Communication : An International Journal, 14(1), 101-108

Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu Komunikasi : Teori dan Praktek. Edisi 12. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Firmanzah. (2007). Marketing Politik antara Pemahaman dan Realitas. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia

Gregory, Anne. (2004). Public Relations dalam Praktik. Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama

Griffin, E. (2003). A First Look at Communication Theory. Boston, MA: McGraw Hill.

Heath, T.L, & Coombs, W.T. (2006). Today’s Public Relations Introductions. United States : Sage Publications, Inc.

Lattimore, Dan., Baskin, Otis., Heiman, S.T., Toth, E.L., & Van Lauven, J.K. (2004). Public Relations : The Profession and The Practice. New York : Mc.Graw-Hill Companies, Inc.

Lilleker, Darren G. (2006). Key Concepts In Political Communication. Sage Publications : London

Morrissan. (2006). Pengantar Public Relations Strategi Menjadi Humas Profesional. Tanggerang : Ramdina Prakarsa

Newsom, D., Turk, J. V., & Kruckeberg, D. (2004). The Realities of Public Relations Eight Edition. Canada : Wadsworth Publishing Co Nugroho

Pawito. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta : PT. LKIS Pelangi Aksara

Rice, Ronald. E dan Paisley, William J. (1981). Public Communication Campaigns. London : Sage Publications, Inc.

Sancar, Gaye Asli. (2013). Political Public Relations 2.0 and The Use of twitter of political Leaders in Turkey. Online Journal of Communication and Media Technologies Volume : 3. Hal. 181-194. Tersedia dalam World Wide Web : http://www.ojcmt.net/articles/31/3110.pdf [Diakses pada tanggal 01 Januari 2023]

Sandra, Lidya. J. (2013). ‘Political Branding Jokowi Selama Masa Kampanye Pemilu Gubernur DKI Jakarta 2012 di Media Sosial Twitter’. Jurnal E-Komunikasi hal 277- 287 Vol I. No. 2 Tahun 2013. Hal. 276-287. Tersedia dalam World Wide Web http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/912/812 [Diakses pada 02 Januari tahun 2023]

Sonnies, Sarah. (2011). Consumer Branding in Politics : A Comparison of Presidents Ronald Reagen and Barack Obama. American University School of Communication. Hal. 1-49.

Stromback , J., & Kiousis, S. (2011). Political Public Relations Principles and Applications. New York : Routledge Stromback , J., & Kiousis, S. (2013). Political Public Relations : Old Practice, New TheoryBuilding. Public Relations Journal - Public Relations Society America Vol.7 No. 4. Hal. 1-11. ISSN 1942-4604. Tersedia dalam World Wide Web : http://www.prsa.org/Intelligence/PRJournal/Documents/2013StrombackKiousis.pdf [Diakses pada tahun 2023]

Wasesa, Silih Agung. (2011). Political Branding and Public Relations. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

_____. (2009). Komunikasi Politik, Media Massa dan Kampanye Pemilihan. Yogyakarta : Jalasutra




DOI: https://doi.org/10.52447/gov.v8i2.6650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Pusat Penelitian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta


Pengunjung