Kampanye Politik Melalui akun Twitter @aniesbaswedan Sebagai Calon Presiden pada Generasi Z

Sugeng Wahyudi

Abstract


Pembentukan citra merupakan salah satu bentuk yang dilakukan oleh politikus dalam mendapatkan citra baik. Berbagai cara dilakukan untuk membangun citra. Anies Baswedan merupakan salah satu politikus yang sedang membangun citra untuk menjadi calon presiden, dimana Anies Baswedan menggunakan media sosial twitter dalam membentuk citranya. Peran persuasif sangat penting dalam pembentukan citra. Dengan menggunakan metode kualitatif dan dengan menggunakan teori Image building dan paradigma yang digunakan yaitu paradigma interpretif., dan hasil penelitian yang didapatkan pada saat wawancara kebeberapa informan dan observasi yang dilakukan pada media sosial twitter Anies Baswedan, maka hasil penelitian ini yaitu,  unggahan yang dilakukan akun twitter @aniesbaswedan yang menarik dan komunikasi persuasif  dengan mengunggah secara masif kegiatan Anies Baswedan yang dilakukan oleh akun twitter @aniesbaswedan ini sudah dapat dikatakan berhasil dalam pembentukan citra Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024.


Keywords


Kampanye Politik, Media Sosial, Twitter, Citra

Full Text:

PDF

References


Sumber Buku

Ibrahim S.I, Kritik Budaya Komunikasi, Yogyakarta: Jalasutra, 2018.

Hari Sabarno, Undang Undang Dasar Republik Indonesia, Jakarta: Sekretariat Jenderal Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, 2003.

Arifin Anwar, Pencitraan Politik. Yogyakarta,2014.

Intan Yanuarita dan Wiranto, Mengenal Media Sosial Agar Tak Menyesal, Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, 2018.

Catur Suratnoaji, Nurhadi, Candrasari, Metode Analisis Media Sosial Berbasis Big Data, Banyumas: Sasanti Institute, 2019.

Widodo Muktiyo, Membangun Usaha dengan Kekuatan Image, Penerbit Pinus, Yogyakarta, 2006.

Gabriel A. Almond dalam Basri Seta. Pengantar Ilmu Politik. Jogjakarta: Indie Book Corner.

Andrew Heywood dalam Budiardjo Miriam. 2007. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Maksudi Iriawan Beddy. 2016. Sistem Politik Indonesia: Pemahaman Secara Teoritik dan Empirik. Jakarta: Rajawali Pers.

Sukarna. 1981. Sistim Politik. Bandung: Alumni.

Irianto Maladi Agus, 2015. Interaksionisme Simbolik: Pendekatan Antropologis Merespon Fenomena Keseharian. Semarang: Gigih Pustaka Mandiri.

Elvinaro Ardianto, Public Relation Praktis, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2003.

Rosady Ruslan, Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2003.

Salim, Syahrum, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Citapustaka Media, 2012.

Sumber Jurnal

Khoiruddin Muchtar, Komunikasi Politik dan Pembentukan Citra Partai, jurnal Ilmu Komunikasi 2016 , Vol 14. No 2.

Christina Roshinta Sari, 2016. Pengaruh Promosi Penjualan dan Citra terhadap Loyalitas Konsumen di Perigon Fitness Studi

Syarbaini Syahrial, Syurya M, Erman A, Teori dan pamahaman komunikasi politik. Universitas Esa Unggul, 2021.

Esaputra R.R, Penggunaan Media Sosial Twitter Masyrakat di Kota Bandung Sebagai Media Untuk Memperoleh Informasi Mengenai New Normal Dalam Akun @humasjabar, 2020.

Fuad S.Z, Nursyirwan Effendi, Elva R.R, Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital, 2021.

Kodnis, Benu, Strategi Komunikasi Persuasif Kepala Desa Terpilih dalam Memenangkan Pemilihan(Studi Deskriptif Kualitatif di Desa Nakfunu Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT), 2016.

Afrilia C.D.S, Chontina Siahaan, Penggunaan Komunikasi Media Sosial Twitter di Kalangan Remaja di Kecamatan Cibinong, 2021.

Sumber Internet

Devina, William. 2022. “Indonesia Gen-z Report 2022” https://www.imgs.idntimes.com/, diakses pada 13 November 2022 pukul 11.30.

Gadgetdiva.id. “Twitter Ungkap Pengguna Twitter di Indonesia Paling Banyak Gen Z”. 26 Oktober 2022. Diakses pada 15 Februari 2022. https://gadgetdiva.id/aplikasi/39225-pengguna-twitter-indonesia-terbanyak-gen-z/#:~:text=Persentasenya%20sebesar%2043%25.,beririsan%20dengan%20pertumbuhan%20pengguna%20internet




DOI: https://doi.org/10.52447/gov.v8i2.6820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Pusat Penelitian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta


Pengunjung