STRATEGI PENGGUNAAN E-SERVICE BERBASIS APLIKASI DI TINGKAT PEMERINTAH LOKAL MELALUI PARADIGMA NILAI PUBLIK: STUDI KASUS APLIKASI JAKARTA KINI (JAKI) DKI JAKARTA

Alif Rinoko Fajar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk dapat memaksimalkan penggunaan e-service aplikasi Jakarta Kini (JAKI) di masyarakat DKI Jakarta dengan menggunakan paradigma public value dari Moore. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data studi pustaka, penelitian ini menunjukkan bahwa Triangle Strategic atau segitiga strategis yang mengharuskan para manajer di sektor publik untuk berpikir strategis dan seimbang terhadap 3 aspek yakni legitimacy and support, operational capabilities, dan substantively valuable, telah di implementasikan dalam aplikasi JAKI. Pada aspek legitimacy and support, JAKI memiliki legitimasi dan dukungan yang tecermin dari terbitnya Pergub No.128 tahun 2017. Aspek kedua mengenai operational capabilities yang mencakup pada kesesuaian kinerja penyelenggara pelayanan publik, menunjukan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mampu menyelesaikan 97,4% laporan warganya yang berasal dari aplikasi JAKI, sehingga menunjukan adanya komitmen yang nyata oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai suatu organisasi penyelenggara pelayanan publik. Pada aspek ketiga substantively value yang menekankan pada pemerintah bukan hanya sebagai penyedia layanan saja, melainkan juga sebagai pencipta potensi nilai publik dan membentuk kondisi poleksosbud yang pro aktif, telah tercakup ke dalam fitur-fitur yang ada pada JAKI. JAKI memiliki fitur bernama JakPangan yang mana pada fitur ini warga Jakarta dapat mengetahui letak-letak UMKM yang menjual berbagai macam pangan dan disertai dengan harga komoditas-komoditasnya. Aplikasi JAKI juga menyediakan fitur kesejahteraan sosial untuk warga Jakarta, misalnya seperti fitur JakISPU yang memberikan informasi kadar polusi udara, JakPantau memberikan informasi ketinggian air sebagai preventif terhadap banjir, dan fitur JakWifi.


Keywords


E-government; E-service; Pemerintah Lokal; Nilai Publik; JAKI

Full Text:

PDF

References


Alfayn, M. A. N. (2022). From E-Government to Good Governance: Examining the Impact of Digitalization on Public Service Delivery in Indonesia. JPW (Jurnal Politik Walisongo), 4(2), 19-40.

Amira, S. (2022). Kaleidoskop JAKI Melayani Jakarta Selama 2021. Jakarya Smart City. https://smartcity.jakarta.go.id/blog/kaleidoskop-jaki-melayani-jakarta-selama-2021/

Alford, J., & O'Flynn, J. (2009). Making Sense of Public Value: Concepts, Qritiques and Emergent Meanings. Journal of Public Administration Vol 23 (3-4), 171-191.

Arias, M. I., & Maçada, A. C. G. (2018). Digital Government for E-government Service Quality: a Literature Review. ICEGOV ’18.

Andriyanto, D., & dkk. (2021). Analisis Kesuksesan Aplikasi Jakarta Kini menggunakan Model Delone and McLean. Paradigma Vol.23 No.1, 43-49.

Anindra, F., Supangkat, S., & Kosala, R. (2018). Smart Governance as Smart City Critical Success Factor (Case in 15 Cities in Indonesia). International Conference on ICT for Smart Society (ICISS), 1-6.

Badan Pusat Statistik. (2021, Januari 22). Jumlah Penduduk Hasil SP2020 Provinsi DKI Jakarta Sebesar 10.56 Juta Jiwa. Retrieved from jakarta.bps.go.id: https://jakarta.bps.go.id/pressrelease/2021/01/22/541/jumlah-penduduk-hasil-sp2020-provinsidki-jakarta-sebesar-10-56-juta-jiwa.html diakses pada 27 November 2022, Pukul 12:23

Ferdous, J., Islam, M. F., & Das, R. C. (2022). DYNAMICS OF CITIZENS’ SATISFACTION ON E-SERVICE DELIVERY IN LOCAL GOVERNMENT INSTITUTIONS (UNION PARISHAD) IN BANGLADESH. Journal of Community Positive Practices, 22(2).

Hadiyat, Y. (2014). Kesenjangan Digital di Indonesia (Studi Kasus di Kabupaten Wakatobi). Jurnak Pekommas 17(2), 81-90.

Irawan, A. (2018). SISTEM PELAYANAN PUBLIK BERBASIS E -GOVERNMENTPADA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN MERAUKE. Jurnal Lmu Administrasi Dan Sosial, 7(1).

Irawan, B. (2013). Studi Analisis Konsep E-government: Sebuah Paradigma Baru dalam Pelayanan Publik. Jurnal Paradigma, 2(1).

kbanews. (2022, Januari 1). Kini JAKI Sudah diunduh oleh Lebih 2.6 juta orang. Retrieved from kbanews.com: https://kbanews.com/hot-news/kini-jaki-sudah-diunduh-oleh-lebih-26-juta-orang/

Lopes, K. M. G., Macadar, M. A., & Luciano, E. M. (2019). Key drivers for public value creation enhancing the adoption of electronic public services by citizens. International Journal of Public Sector Management. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/IJPSM-03-2018-0081

Lumbanraja, & Doramia, A. (2020). Urgensi Transformasi Pelayanan Publik melalui E-government Pada NewNormal dan Reformasi Regulasi Birokrasi. Administrative Law & Governance Journal, 3(2).

Manoharan, A. P., Ingrams, A., Kang, D., & Zhao, H. (2020). Globalization and Worldwide Best Practices in E-government. International Journal of Public Administration. https://doi.org/10.1080/01900692.2020.1729182

Moore, M. H. (1995). Creating Public Value. Cambridge, USA: Harvard University Press.

Morote, R. P., Rosa, C. P., & Chicharro, M. N. (2020). The effects of e-government evaluation, trust and the digital divide in the levels of e-government use in European countries. Technological Forecasting & Social Change, 154.

Nurudin. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT Raja Grafindo Perasa.

Norris, P. (2001). The Worldwide Digital Divide: Information Poverty, the Internet and Development. Annual Meeting of the Political Studies Association of the UK, London School of Economics and Political Science.

Noor, M. (2022). The effect of e-service quality on user satisfaction and loyalty in accessing e-government information. International Journal of Data and Network Science, 6.

Oktavianoor, R. (2020). Digital Gap caused by Demographic Condition among Rural Society. Palimpsest. Journal of Information and Library Science, 11(1), 9–57.

Pekolla, S., Ylinen, M., & Mavenghere, N. (2022). Consortium of Municipalities Co-tailoring a Governmental e-service Platform: What could go wrong? Digital Government: Research and Practice, 3(1).

Prakarsa. (2017). Open Government: Mengkaji Penggunaan e-government Pemerintah Daerah di Indonesia. Perkumpulan Prakarsa.

Putra, D. A., Jasmi, K. A., Basiron, B., Huda, M., Masaleno, A., K, S., & Aminudin, N. (2018). TACTICAL STEPS FOR E-GOVERNMENT DEVELOPMENT. International Journal of Pure and Applied Mathematics, 119(15).

Rahman, A., Satispi, E., & Adiyasha, D. . (2020). PERBANDINGAN EGOVERNMENT ANTARA SINGAPURA DAN JEPANG: PERSPEKTIF DETERMINAN DAN PERANNYA DALAM MENGEKTIFKAN PEMERINTAHAN DAN MENGENDALIKAN KORUPSI. Kolaborasi: Jurnal Administrasi Publik, 6(2).

Ramadhan, A. (2019). Ombudsman Jakarta Terima 336 Laporan Penyimpangan Layanan Publik Tahun 2018. Kompas. https://megapolitan.kompas.com/read/2019/01/31/12534951/ombudsman-jakarta-terima-336-laporan-penyimpangan-layanan-publik-tahun

Smorgunov, L. (2019). Government as a Platform: Critics of a Technocratic Culture of Public Governance in Digital Era. In Communications in Computer and Information Science: Vol. 1038 CCIS. https://doi.org/10.1007/978-3-030-37858-5_4

Sinambela, L. (2006). Reformasi Pelayanan Publik (Teori, Kebijakan, dan implementasinya). Jakarta: Bumi Aksara.

Sofyani, H., Riyadh, H. A., & Fahlevi, H. (2020). Improving service quality, accountability and transparency of local government: The intervening role of information technology governance. Cogent Business & Management, 7:1735690. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1735690

Sussy, B.-O., & Vicente, M. L. (2021). E-government and E-services in Local Government: a Case Study. WSEAS TRANSACTIONS on ENVIRONMENT and DEVELOPMENT, 17.

Todorut, A. V., & Tselentis, V. (2015). Designing The Model Of Public Value Management. . Management and Innovation for Competitive Adventage, 74.

Twizeyimana, J. D., & Andersson, A. (2019). The public value of E Government – A literature review. Government Information Quarterly2, 36.

Wahab, M. S., & Rahaju, T. (2021). Aplikasi QLUE sebagai Media Partisipasi Publik Dalam Proses Pengawasan Kebijakan di Provinsi DKI Jakarta. Publika Vol.9 No.4, 561-572.

Ziadi, A. Y. (2016). The Implementation of e-government (smart city program) to archieve an effective public service (case studies on Qlue and crop in management unit of Jakarta Smart City). International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science, 434-440.

Zhu, Y., & Kou, G. (2019). Linking Smart Governance to Future Generations: A Study on the Use of Local E-government Service among Undergraduate Students in a Chinese Municipality. Informatics, 6(45). https://doi.org/10.3390/informatics6040045




DOI: https://doi.org/10.52447/gov.v9i1.7068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Pusat Penelitian FEBIS

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta


Pengunjung