EVALUASI PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK DALAM KERANGKA GOOD GOVERNANCE PADA MAL PELAYANAN PUBLIK KOTA SINGKAWANG

Erdi Erdi, Haunan Fachry Rohilie

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi penyelenggaraan pelayanan publik melalui Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Singkawang. Dalam penerapan Mal Pelayanan Publik MPP sebagaimana yang disampaikan oleh Mardiasmo tentang prinsip-prinsip good governance, pengelolaan sektor layanan publik harus dilakukan dengan baik dan bertanggung jawab serta sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Evaluasi pelaksanaan good governance di Mal Pelayanan Publik (MPP) dilakukan dengan menggunakan prinsip yang dikemukakan oleh Mardiasmo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan eksploritif. Dari hasil penelitian, secara keseluruhan penyelenggaraan pelayanan publik pada Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Singkawang sudah berjalan maksimal. Beberapa catatan yang ditemukan yakni kurangnya sosialisasi program pelayanan melalui media sosial, dan masih kurangnya antusias masyarakat karena lebih banyak memilih untuk datang ke kantor OPD maupun Lembaga vertikal.


Keywords


Evaluasi, Pelayanan Publik, Good Governance, Mal Pelayanan Publik (MPP)

Full Text:

PDF

References


Byrkjeflot, Haldor. 2018. “The Impact and Interpretation of Weber’s Bureaucratic Ideal Type in Organisation Theory and Public Administration: Comparative Perspectives” dalam Bureaucracy and Society in Transition (pp.13-35).

Côté, Marcel. 2012. Why are Government Bureaucracies Inefficient? A Perspective Approach. Dapat diunduh dari Why are Government Bureaucracies Inefficient? A Prospective Approach by Marcel Côté :: SSRN

Diprose, Rachael, Primatia Wulandari, Elene Williams dan Levriana Yustriani. 2020. Bureacuracy Reform in Indonesia: Policy Analysist Experience. University of Melbourne.

Dwi Payana, AAGN. Ari. 2003. Membangun Good Governance. Jakarta. Raja Grafindo Pustaka.

Dwiyanto, A. 2021. ”Mewujudkan good governance melalui pelayanan publik”. UGM Press.

Dwiyanto, Agus, dkk,. 2006. “Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia”. Yogyakarta: UGM Press.

Dwiyanto, Agus. 2011. Mengembalikan Kepercayaan Publik Melalui Good governance. Jakarta: PT Gramedia.

Faedlulloh, Dodi , Syamsul Maarif, Intan Fitri Meutia, and Devi Yulianti. 2020. "Birokrasi Dan Revolusi Industri 4.0: Mencegah Smartasn Menjadi Mitos Dalam Agenda Good governance Indonesia." Jurnal Borneo Administrato 313-336.

Haing, Mohamad Tahir. 2015. Good governance: Desain organisasi yang Mendukung Pelayanan Publik. Yogyakarta: Ilmu Giri.

Hanafi, Andhi Sukma , and Mugi Harsono. 2020. "Pelaksanaan Good Governance Dengan Pembangunan Zona Integritas pada Kementerian Perindustrian ." Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran 32-27.

Hidayat, Nur. 2005. Good governance Menulis Ulang Tentang Indonesia. Opini,Jakarta: Harian Kompas.

Imam Sjahputra Tunggal Dan Amin widjaja Tunggal. 2012. Membangun Good Corporate Governance. Jakarta: Harvarindo

Kurnia, Rizki. 2022. Singkawang. April 1. Diakses dari https://pontianak.tribunnews.com/2022/04/01/mpp-singkawang-diresmikan- kementerian-panrb-wako-tjhai-chui-mie-berikan-layanan-terbaik.

LAN & BPKP. 2000. “Akuntabilitas dan Good governance”. Jakarta. LAN. Moenek, reydonnyzar., dan dadang suwenda 2019. “Good governance: pengelolaan keuangan daerah”. Bandung: PT remaja rosdakarya.

Moloeng, L, J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Muluk, M. R. Khairul. 2007. Desentralisasi Dan Pemerintah Daerah . Malang: Bayu Media

Pandji Santosa. 2008. Administrasi Publik: Teori Dan Aplikasi Good Governance

Pfiffner, James P. 1998. “The American Tradition of Administrative Reform” dalam The White House and the Blue House: Government Reform in the United States and Korea, Yong Hyo Cho and H. George Frederickson, eds. (Lanham, MD: University Press of American

Prasojo, Eko, and Teguh Kurniawan. 2008. "Good governance dan Good Governance: Kasus Best Practices dari Sejumlah Daerah di Indonesia." Jurnal Antropologi Indonesia 1-15.

Puryatama, Haryani. 2020. “Pelayanan Prima Melalui Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik Di Indonesia”. Jurnal Studi Kepemerintahan. 47-52.

Rizkita, Indri. 2022. Regional. Agustus 23. Diakses dari https://www.sonora.id/read/423441786/perkuat-profesionalisme-40-cpns- kota-singkawang-ikuti-latsar.

Sunardi, Darma Yanti, Wendi Ariansyah. 2019. "Pengaruh Prinsip-Prinsip Good Governance Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah Pada Badan Pengelola Pajak Dan Retribusi Daerah Kabupaten Musi Rawas." Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Akuntansi 155-166.

Thoha, Miftah. 1991. Perspektif Perilaku Birokrasi. Jakarta: Rajawali Press.

Thoha, Miftah. 2008. Birokrasi Pemerintah Indonesia di Era Reformasi. Jakarta: Jakarta Kencana Prenadamedia Group.

Turner, Mark, Eko Prasojo, dan Rudiarto Sumarwono. The Challenge of Reforming Big Bureaucracy in Indonesia. Departemen of Public Administration. Dapat diakses dari The challenge of reforming big bureaucracy in Indonesia — Universitas Indonesia (ui.ac.id)

Wakhid, Ali Abdul. 2011. "Eksistensi Konsep Birokrasi Max Weber Dalam Good Governance Di Indonesia." Jurnal TAPIs 126 - 146.

Wodak, Ruth, and Paul Chilton. 2006. A new agenda in (critical) discourse analysis: Theory, methodology and interdisciplinarity. Inggris: Cambridge University Press.

Wu, Jiannan dan Richard M. Walker, 2020. Public Management in China: reform, Innovation and Governance. International Public Managemen Journal. Vol 23, No. 3, v-ix. Routledge, Taylor and Francis Group.




DOI: https://doi.org/10.52447/gov.v9i1.7218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Pusat Penelitian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta


Pengunjung