ANALISIS BIG DATA PERILAKU PEMILIH DAN KEMENANGAN PASANGAN CALON GUBERNUR JAKARTA: PERSPEKTIF PSIKOLOGI POLITIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis secara mendalam faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pemilih dalam pemilihan umum kepala daerah, khususnya pada tingkat provinsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan mixed methods untuk memahami perilaku pemilih dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemenangan pasangan calon (paslon) dari perspektif psikologi politik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Preferensi politik, identitas sosial, persepsi isu politik, dan penggunaan media masing-masing memiliki pengaruh yang berbeda dalam meningkatkan kemungkinan seseorang memilih suatu pasangan calon. Penggunaan media menunjukkan pengaruh terbesar dengan odds ratio tertinggi, diikuti oleh persepsi isu politik, preferensi politik, dan identitas sosial.
Keywords
References
Babbie, E. (2016). The Practice of Social Research (14th ed.). Cengage Learning.
Bartels, L. M. (2008). Unequal Democracy: The Political Economy of the New Gilded Age. Princeton University Press.
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101.
Campbell, A., Converse, P. E., Miller, W. E., & Stokes, D. E. (1960). The American Voter. University of Chicago Press.
Creswell, J. W., & Plano Clark, V. L. (2017). Designing and Conducting Mixed Methods Research (3rd ed.). SAGE Publications.
Field, A. (2013). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics (4th ed.). SAGE Publications.
Fowler, F. J. (2013). Survey Research Methods (5th ed.). SAGE Publications.
Iyengar, S., & Kinder, D. R. (1987). News That Matters: Television and American Opinion. University of Chicago Press.
Johnston, A., & Kaid, L. L. (2002). Political Advertising in the United States. In L. L. Kaid (Ed.), Handbook of Political Communication Research (pp. 319-348). Lawrence Erlbaum Associates.
Marcus, G. E. (2000). Emotions in Politics. Annual Review of Political Science, 3, 221-250.
Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods (4th ed.). SAGE Publications.
Rubin, H. J., & Rubin, I. S. (2012). Qualitative Interviewing: The Art of Hearing Data (3rd ed.). SAGE Publications.
Tajfel, H., & Turner, J. C. (1986). The Social Identity Theory of Intergroup Behavior. In S. Worchel & W. G. Austin (Eds.), Psychology of Intergroup Relations (pp. 7-24). Nelson-Hall.
DOI: https://doi.org/10.52447/gov.v10i1.8078
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright Pusat Penelitian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta