TANTANGAN MOBILITAS BERKELANJUTAN SEBAGAI MITIGASI PERUBAHAN IKLIM DI INDONESIA

Nita Aribah Hanif

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan yang dihadapi oleh Pemerintah Indonesia dalam menerapkan salah satu agenda pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yakni mobilitas berkelanjutan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan memanfaatkan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi yang diadopsi dari kajian penelitian terdahulu, media massa online dan data resmi pemerintah. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik interaktif model. Triangulasi data yang digunakan berupa triangulasi sumber data untuk menguji validasi data yang didapatkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Indonesia masih menghadapi tantangan multidimensi dalam merealisasikan konsep mobilitas berkelanjutan. Tantangan yang dihadapi berupa komitmen kebijakan, keterbatasan infrastruktur pendukung, dan sosial. (1) Rendahnya komitmen pemerintah dalam mengimplementasikan kebijakan pengalihan transportasi pribadi menuju transportasi publik menjadi tantangan paling utama. (2) Ketimpangan penyediaan infrastruktur yang memadahi baik kuantitas dan kualitas transportasi publik maupun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) menjadi alasan keengganan masyarakat beralih pada transportasi berbasis Energi Baru Terbarukan (EBT). (3) Sebagian besar transportasi publik di Indonesia belum menerapkan aspek inklusivitas. Temuan ini dapat menjadi evaluasi sekaligus masukan bagi pemerintah untuk memperbaiki setiap komponen tantangan guna mewujudkan mobilitas berkelanjutan sebagai manifestasi dalam mitigasi perubahan iklim.


Keywords


Mitigasi Perubahan Iklim, Mobilitas Berkelanjutan, Tantangan

Full Text:

PDF

References


Atmojo, M. E., Darumurti, A., Hanif, N. A., & Agani, M. W. (2024). Dynamics of Urban Transport Arrangement Policies to Support the Achievement of Sustainable Transportation. Journal of Contemporary Governance and Public Policy, 5(1), 1–18. https://doi.org/10.46507/jcgpp.v5i1.185

Atmojo, M. E., Hanif, N. A., Kamil, M., & Rassanjani, S. (2024). Compairing Semarang and Yogyakarta City Toward Urban Sustainable Mobility Agenda. Revista de Gestão Social e Ambiental, 18(7 SE-), e07501. https://doi.org/10.24857/rgsa.v18n7-103

Badan Pusat Statistik. (2023). Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis (Unit), 2018-2020. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/NTcjMg==/perkembangan-jumlah-kendaraan-bermotor-menurut-jenis--unit-.html

bmkg.go.id. (2025). Anomali Suhu Udara Rata-Rata Tahun 2024. https://www.bmkg.go.id/iklim/anomali-suhu-udara-rata-rata-tahun-2024

databoks.katadata.co.id. (2024). Jumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum/SPKLU di Indonesia Menurut Pulau. https://databoks.katadata.co.id/energi/statistik/e2011e08c6e563f/ada-1380-spklu-di-indonesia-pada-april-2024-terbanyak-di-jawa

Denzin, N. (1970). An Introduction to Triangulation.

dephub.go.id. (2024). Transportasi Umum Massal Indonesia Menuju Zero Emission. https://dephub.go.id/post/read/transportasi-umum-massal-indonesia-menuju-zero-emission

Hanif, N. A., Hakim, M. L., & Atmojo, M. E. (2021). INDONESIA ’ S READINESS IN REALIZING SUSTAINABLE TRANSPORTATION IN URBAN TRANSPORTATION MANAGEMENT ( JAKARTA AND YOGYAKARTA CITY CASE STUDY ) Government Science , Faculty of Social and Political Science , Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 2 Government S. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/ssrn-4783789 (2).pdf

Hiban, M. I., Purnomo, E. P., & Nurkasiwi, A. (2020). Smart City dalam Memenuhi Hak-Hak Penyandang Difabel di Yogyakarta “Studi Kasus : Infrastruktur Transportasi Publik dalam Memenuhi Hak Penyandang difabel.” Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 5(2), 69–73. https://doi.org/10.36982/jpg.v5i2.1034

IESR. (2020). Siaran Pers: Transportasi darat sumbang emisi tertinggi dari total emisi gas rumah kaca sektor transportasi di Indonesia. Institute for Essential Services Reform. http://iesr.or.id/wp-content/uploads/2020/03/Siaran-Pers-Kendaraan-Listrik-dan-Dekarbonisasi-Sektor-Transportasi-Darat-Indonesia_29_Mar_2020.pdf

Irviani, E., & Wijayanto, H. (2021). Implementasi Layanan Publik Transjakarta Cares Dalam Meningkatkan Aksesibilitas Penyandang Disabilitas Di Wilayah Provinsi Dki Jakarta. The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA), 6(2), 12–26. https://doi.org/10.52447/ijpa.v6i2.4384

Jeon, C. M., Amekudzi, A. A., & Guensler, R. L. (2013). Sustainability assessment at the transportation planning level: Performance measures and indexes. Transport Policy, 25, 10–21. https://doi.org/10.1016/j.tranpol.2012.10.004

Kibthiah, M., Chamida, R. N., & Khotimah, K. (2023). Suroboyo Bus Sebagai Sistem Transportasi Berkelanjutan Di Kota Surabaya. Jurnal Transportasi, 23(1), 11–18.

Miles, M., & Huberman, M. (1998). Qualitative Data Analysis a Sourcebook of New Methode. Sage Publications.

Rakhmatulloh, A. R., Dewi, D. I. K., & Nurmasari, C. D. T. (2022). Integrasi Antar Transportasi Umum di Kota Semarang. Jurnal Pengembangan Kota, 10(1), 36–46. https://doi.org/10.14710/jpk.10.1.36-46

Rambe, R. D., & Dompak, T. (2024). Inklusivitas Dan Transportasi Umum (Studi Kasus : Jakarta dan Singapura). Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK) 6 Tahun 2024, 419–424. https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/9379/3892

Rumana, M. Z., Puspaningtyas, A., & Hariyoko, Y. (2024). Evaluasi Kebutuhan Wira Wiri Suroboyo Sebagai Transportasi Publik Kota Surabaya. PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469), 4(04), 154–187. https://doi.org/10.69957/praob.v4i04.1602

Saptamaji, M. R., & SIP, M. (2019). Transformasi transportasi publik: Manfaat integrasi angkutan kota dengan BRT di wilayah Aglomerasi Cekungan Bandung. Academia.Edu. https://www.academia.edu/download/97979883/Rolip_Saptamaji_Kajian_Kebijakan_Transformasi_Transportasi_Publik.pdf

Therawati, C. A., & Rusdarti, R. (2019). Analisis Pelayanan Publik Bidang Transportasi untuk Difabel di Kota Semarang. Efficient: Indonesian Journal of Development Economics, 2(2), 387–394. https://doi.org/10.15294/efficient.v2i2.30797




DOI: https://doi.org/10.52447/gov.v10i1.8098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Pusat Penelitian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta


Pengunjung